Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharotul Kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3557
Keywords:
strategi pembelajaran, Maharotul kalam, pembelajaran bahasa ArabAbstract
Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran bahasa Arab ini masih tergolong sangat banyak terutama dalam pembelajaran di sekolah. Dari kenyataan yang saat ini terjadi bahasa Arab memiliki sedikit peminat bagi yang mempelajarinya dibandingkan dengan bahasa asing yang lainnya. Banyak siswa yang beranggapan bahwa bahasa Arab lebih rumit untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya terutama dalam keterampilan berbicara (maharotul kalam). Dalam hal ini guru memilki peran penting dalam menemukan strategi yang tepat digunakan untuk siswa meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa terutama dalam keterampilan berbicara (maharotul kalam) sesuai dengan keadaan siswa di kelas sehingga mampu meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini memberikan solusi strategi guru dalam meningkatkan maharotul kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan maharotul kalam serta mengidentifkasi faktor pendukung dan penghambat siswa malas berbicara menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang diperoleh didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembiasaan lingkungan berbahasa dan muhadharah merupakan strategi yang paling efektif dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa MTs. Husnul Khotimah Kuningan.
Downloads
References
Alfarisi, S., & Septiawati, A. (2022). Kesesuaian Pencapaian Pembelajaran Maharah Kalam pada Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab JSIT Dengan CEFR. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan , 19(2).
Amir, N., & Nurjannah. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kalam Santri dalam Pembelajaran Bahasa Arab di TKA/TPA. Jumat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 59–63.
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan islam. Ta’allum, 3(1).
Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2).
Bambang, Tanjung, I., Ritonga, D. H., Hasibuan, L. P., & Pohan, A. H. (2023). Planning and Strategies for Maharah al-Kalam Learning Arabic Language in Madrasah. Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 91–100. https://doi.org/10.51590/waraqat.v8i1.457
Cahya Setiadi, A., Hidayah, N., Wahyudi, M., & Br Maha4, M. (2023). Bi’ah Lughawiyah Programs in Arabic Language Learning to ImproveStudent’s Arabic Speaking Skills. Ta’lim al-’Arabiyyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Kebahasaaraban, 7(1).
Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.
Husna, M. A., Inayah, Mubarak, F., Taufiqurrahman, & Qomariyah, L. (2022). Implementasi Materi Maharah Al-Kalam dalam Tranformasi Kurikulum Bahasa Arab Perspektif ACTFL Pada Pondok Pesantren Salaf. Imla, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v7i1.485
J. Raco. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. PT. Grasindo.
Jufrih, D. A., Zilsafil, Z. I., Bahruddin, U., & Asmu’i, A. S. (2023). Teacher’s Attempt In Improving Students’ Maharoh Kalam: Strategies, Programs, And Its Problems. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 90. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i1.9272
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keyterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV Kelas di SDN Gondrong 2. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2).
Mukminin, A., Hanun, A., & Zaini, A. (2022). Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah, 3(2).
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Press.
Mustofa, B., Hamid, A., & Muslimin, I. (2016). Model Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab (4th ed.). UIN-Maliki Press.
Nafisah, Z. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara (Maharah Kalam) Bahasa Arab Melalui Media Gambar. Laguage: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4).
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab: Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1).
Putri, N. (2013). BI’AH ‘ARABIYAH. Al-Ta’lim, 1(5).
Rahmaini. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: Kajian Pembelajaran di Madrasah Berbasis Pondok Pesantren. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1625–1634. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2506
Ramadani, C., & Sutriyani. (2023). Arabic Language Learning Management Strategy in Madrasah. Tanwir Arabiyyah : Arabic as Foreign Laguage Journal, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31869/afl.v3i1.3958
Ramadhan, M. R. (2019). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Universitas Negeri Malang.
Rosyid, M. F. (2020). Pengembangan Bi’ah Lughawiyah Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Pekalongan. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4.
Rumpoko, H. (2012). Panduan Pidato Luar Biasa. Yogyakarta: Megabooks.
Samal, S. (2020). Keterampilan Berbicara (Maharah Al- Kalam) Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester I dan III TA. 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Kuttab : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.