Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharotul Kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3557

Authors

  • Linda Asmara Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

strategi pembelajaran, Maharotul kalam, pembelajaran bahasa Arab

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran bahasa Arab ini masih tergolong sangat banyak terutama dalam pembelajaran di sekolah. Dari kenyataan yang saat ini terjadi bahasa Arab memiliki sedikit peminat bagi yang mempelajarinya dibandingkan dengan bahasa asing yang lainnya. Banyak siswa yang beranggapan bahwa bahasa Arab lebih rumit untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya terutama dalam keterampilan berbicara (maharotul kalam). Dalam hal ini guru memilki peran penting dalam menemukan strategi yang tepat digunakan untuk siswa meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa terutama dalam keterampilan berbicara (maharotul kalam) sesuai dengan keadaan siswa di kelas sehingga mampu meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini memberikan solusi strategi guru dalam meningkatkan maharotul kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan maharotul kalam serta mengidentifkasi faktor pendukung dan penghambat siswa malas berbicara menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang diperoleh didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembiasaan lingkungan berbahasa dan muhadharah merupakan strategi yang paling efektif dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa MTs. Husnul Khotimah Kuningan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adama, H., & Mufidah, N. (2022). Muhadharoh Untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Santri PP Nurul Hakim Kediri Lombok Barat. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 9(2).
Alfarisi, S., & Septiawati, A. (2022). Kesesuaian Pencapaian Pembelajaran Maharah Kalam pada Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab JSIT Dengan CEFR. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan , 19(2).
Amir, N., & Nurjannah. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kalam Santri dalam Pembelajaran Bahasa Arab di TKA/TPA. Jumat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 59–63.
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan islam. Ta’allum, 3(1).
Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2).
Bambang, Tanjung, I., Ritonga, D. H., Hasibuan, L. P., & Pohan, A. H. (2023). Planning and Strategies for Maharah al-Kalam Learning Arabic Language in Madrasah. Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 91–100. https://doi.org/10.51590/waraqat.v8i1.457
Cahya Setiadi, A., Hidayah, N., Wahyudi, M., & Br Maha4, M. (2023). Bi’ah Lughawiyah Programs in Arabic Language Learning to ImproveStudent’s Arabic Speaking Skills. Ta’lim al-’Arabiyyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Kebahasaaraban, 7(1).
Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.
Husna, M. A., Inayah, Mubarak, F., Taufiqurrahman, & Qomariyah, L. (2022). Implementasi Materi Maharah Al-Kalam dalam Tranformasi Kurikulum Bahasa Arab Perspektif ACTFL Pada Pondok Pesantren Salaf. Imla, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v7i1.485
J. Raco. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. PT. Grasindo.
Jufrih, D. A., Zilsafil, Z. I., Bahruddin, U., & Asmu’i, A. S. (2023). Teacher’s Attempt In Improving Students’ Maharoh Kalam: Strategies, Programs, And Its Problems. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 90. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i1.9272
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keyterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV Kelas di SDN Gondrong 2. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2).
Mukminin, A., Hanun, A., & Zaini, A. (2022). Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah, 3(2).
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Press.
Mustofa, B., Hamid, A., & Muslimin, I. (2016). Model Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab (4th ed.). UIN-Maliki Press.
Nafisah, Z. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara (Maharah Kalam) Bahasa Arab Melalui Media Gambar. Laguage: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4).
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab: Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1).
Putri, N. (2013). BI’AH ‘ARABIYAH. Al-Ta’lim, 1(5).
Rahmaini. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: Kajian Pembelajaran di Madrasah Berbasis Pondok Pesantren. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1625–1634. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2506
Ramadani, C., & Sutriyani. (2023). Arabic Language Learning Management Strategy in Madrasah. Tanwir Arabiyyah : Arabic as Foreign Laguage Journal, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31869/afl.v3i1.3958
Ramadhan, M. R. (2019). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Universitas Negeri Malang.
Rosyid, M. F. (2020). Pengembangan Bi’ah Lughawiyah Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Pekalongan. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4.
Rumpoko, H. (2012). Panduan Pidato Luar Biasa. Yogyakarta: Megabooks.
Samal, S. (2020). Keterampilan Berbicara (Maharah Al- Kalam) Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester I dan III TA. 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Kuttab : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-04-05

How to Cite

Asmara, L., & Ali Mustofa, T. (2024). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharotul Kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1531–1541. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3557

Issue

Section

Articles

Categories