Wacana Digital Struktur Konversasi Video Youtube Wawancara Eksklusif Eks Konsorsium Judi Program AIMAN
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3562
Keywords:
struktur konversasi, wacana percakapan, wawancaraAbstract
Tindakan destruktif seperti memotong atau menyela pembicaraan petutur dapat menjadi kebiasaan negatif bagi penutur dan dianggap sebagai sikap yang kurang sopan dalam sebuah percakapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: bentuk pembuka, isi dan penutup percakapan; pasangan berdekatan; pola interaksi tutur dan; penanda giliran bicara dalam video YouTube “Wawancara Eksklusif Eks Konsorsium Judi” Program AIMAN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik simak katat. Analisis data menggunakan metode agih dan padan. Metode agih yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik lesap, teknik balik, dan ganti. Metode agih digunakan untuk menganalisis pasangan terdekat dan pola interaksi tutur dalam percakapan. Metode padan yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode pragmatis. Metode padan digunakan untuk menentukan pembuka, isi, penutup; dan gila bicara dalam percakapan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data meliputi triangulasi metode dan teori. Adapun struktur konversasi yang ditemukan pada video YouTube “Wawancara Eksklusif Eks Konsorsium Judi” ulasan dari kajian wacana analisis percakapan dan kajian pragmatik meliputi: pembuka berupa tuturan sapaan dan bertanya kabar, isi berupa topik konsorsium dan topik judi, dan penutup berupa penyelesaian topik bahasan dan ungkapan Terima kasih; pasangan terdekat berupa pasangan pertanyaan-jawaban singkat dan pertanyaan-jawaban panjang, pasangan permintaan-penerimaan, dan pasangan penawaran-penolakan; pola interaksi tutur berupa rangkaian beratai dan rangkaian melingkar; penanda giliran bicara yang berbentuk pertanyaan, perintah, dan pernyataan. Dengan memahami struktur percakapan, diharapkan peserta tutur dapat memahami pola pendistribusian atau urutan percakapan dan membangun perilaku positif dalam bertutur dalam percakapan.
Downloads
References
Achsani, F. (2019). Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Komunikasi Siswa-Siswi Man 1 Surakarta. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 147-168. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2921. DOI: https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2921
Agustina, R., & Simarmata, M. Y. (2022). Tindak Tutur Lokusi dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 110-114. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i2.3644. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v11i2.58546
Ambarsari, T. A. B., & Mujianto, G. (2022). Analisis Variasi Konsultatif pada Gilir Bicara dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 21-30. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43557. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43557
Andriyani, A. A. A. D. (2022). Kesantunan dalam Bergosip Pedagang di Pasar Tradisional. KEMBARA, 8(1), 131-142. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20340
Anggraeni, A. W. (2017). Komunikasi Fatik pada Masyarakat Pendalungan di Kabupaten Jember. Belajar Bahasa, 2(2).
Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.
Apreno, R., & Basuki, R. (2023). Struktur Percakapan Podcast pada Channel Youtube Deddy Corbuzier dalam Menangani Covid-19. Diksa, 9(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v9i1.21671. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v9i1.21671
Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, Fungsi dan Jenis Tindak Tutur dalam Komunikasi Siswa di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58.
Aristha, M. R., Putri, D. M., & Mono, U. (2023). Communication Between Astronauts and Nasa Deep Space Network: A Conversation Analysis. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 6(3). https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.68452. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.68452
Aritonang, M. D. (2017). Pengaruh Latar Budaya Terhadap Penggunaan Bahasa dalam Antologi Cerpen Kolecer dan Hari Raya Hantu. LOA, 12(1), 79-88.
Arum, D. P. (2015). Struktur Konversasi Wacana Debat dalam Indonesia Lawyers Club. Jurnal Pena Indonesia, 1(2), 188. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n2.p196-224. DOI: https://doi.org/10.26740/jpi.v1n2.p196-224
Asrita, S., & Neritarani, R. (2018, November). Pelatihan Public Speaking di SMKN 1 Bantul. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 1, No. 1, pp. 307-312).
BAM, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa Sma negeri 4 Surakarta: Kajian dengan Prinsip Kerja Sama Grice dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. BASASTRA, 6(1), 281-301. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37720. DOI: https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37720
Basuki, R. (2022). Analisis Pemakaian Variasi Bahasa Penyiar Radio Kharisma 95, 6 Fm Ratu Samban Arga Makmur Bengkulu Utara (Kajian Sosiolinguistik). KORPUS, 6(3), 355-362. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.24660. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.24660
Burakiti, J. S., Pandi, H., & Wuisang, J. (2023). Tindak Tutur Tokoh Utama dalam Anime Oregairu Season 1 Karya Wataru Watari. KOMPETENSI, 3(1), 1910-1923. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5879. DOI: https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i1.5879
Cahyaningrum, F., Andayani, N. F. N., & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.26499/madah.v9i1.682. DOI: https://doi.org/10.26499/madah.v9i1.682
Clayman, SE, & Gill, VT (2023). Analisis percakapan. Buku Pegangan Analisis Wacana The Routledge (hlm. 67-84). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003035244-7. DOI: https://doi.org/10.4324/9781003035244-7
Corps, Ruth E., Birgit Knudsen, Antje S. Meyer. 2022. Overrated Gaps: Inter-Speaker Gaps Provide Limited Information About The Timing Of Turns In Conversation. Cognition, 223, 105037, ISSN 0010-0277, https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105037. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105037
Elfianita, W., & Agustina, A. (2019). Realisasi Wacana Dialog dalam Acara Mata Najwa di Televisi Trans7 (Kajian Analisis Wacana). Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(3), 238-248. https://doi.org/10.24036/81088800. DOI: https://doi.org/10.24036/81088800
Emeraldien, F. Z., Nurhayati, A., Rotuzzakia, C., & Rofi, M. I. (2022). Jurnalisme Kampus: Sistem Penugasan dan Pola Komunikasi Pers Mahasiswa UINSA Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 148-162. DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2022.12.2.148-162
Eriyanti, R. W. (2016). Koherensi Pertanyaan Guru pada Pembelajaran. KEMBARA, 2(1), 77-89. https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol2.No1.77-89. DOI: https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol2.No1.77-89
Fakhrudin, M. (2017). Penerapan Kaidah Berbahasa Dalam Percakapan Berbahasa Indonesia. Journal of Language learning and Research, 1(1), 41-57. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i1.1241. DOI: https://doi.org/10.22236/jollar.v1i1.1241
Fauziyah, F. (2019). Analisis Pasangan yang Berdekatan pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Analisis Wacana. Equivalent, 1(2), 47-52.
Fitriah, N. A., Sudaryat, Y., & Hernawan, H. (2020). Struktur Wacana Percakapan dalam Program Obrolan Televisi. Lokabasa, 11(2), 185-199. https://doi.org/10.17509/jlb.v11i2.29149. DOI: https://doi.org/10.17509/jlb.v11i2.29149
Fitriani, R. N. (2019). Analisis Tindak Tutur Pada Naskah Drama Berjudul” Kartini Berdarah” Karya Amanatia Junda. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 8(3), 226-235. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1262
Gredel, E. (2017). Digital Discourse Analysis and Wikipedia: Bridging The Gap Between Foucauldian Discourse Analysis and Digital Conversation Analysis. Journal of Pragmatics, 115, 99-114. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2017.02.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2017.02.010
Guydish, A. J., & Fox Tree, J. E. (2023). In Pursuit of a Good Conversation: How Contribution Balance, Common Ground, and Conversational Closings Influence Conversation Assessment and Conversational Memory. Discourse Processes, 60(1), 18-41. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2021.100877. DOI: https://doi.org/10.1080/0163853X.2022.2152552
Guydish, Andrew J., Tree, Jean E. Fox. 2021. Good Conversations: Grounding, Convergence, and Richness. New Ideas in Psychology, 63, 100877, ISSN 0732-118X, https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2021.100877. DOI: https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2021.100877
Hadiwijaya, M., & Yahmun, Y. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi antara Dosen dan Mahasiswa Multikultural. DIDAKTIKA, 23(2), 142-154.
Hadley, V. Laurent, Nina K. Fisher, Martin J. Pickering. 2020. Listeners Are Better At Predicting Speakers Similar To Themselves. Acta Psychologica, 208, 103094, ISSN 0001-6918, https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2020.103094. DOI: https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2020.103094
Halid, E. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Diskusi Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi DIII Keperawatan Solok Poltekkes Kemenkes Padang. Jurnal Bahastra, 37, 1-8. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5957. DOI: https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5957
Haliko, M. K. (2017). Implikatur Percakapan dalam Talk Show Hitam Putih di Trans 7. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 77-85. https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.319.
Hamdi, M. Y. (2022). Analisis Ragam Bahasa Segi Tingkat Keformalan Dalam CBS Talkshow Oprah Winfrey dan Adele (2021)(Kajian Sosiolinguistik). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).
Harahap, Z. A. (2019, December). Analisis Percakapan pada Interaksi Front Office (Teller) dengan Nasabah dalam Pelayanan Transaksi Keuangan di Bank. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 294-301).
Harpriyanti, H., & Oktani, H. S. (2016). Realisasi Maksim Percakapan dalam Acara Hitam Putih di Trans7. STILISTIKA, 1(1). https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.319. DOI: https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.319
Hidalgo, Céline., Isaïh Mohamed, Christelle Zielinski, Daniele Schön. 2022. The Effect of Speech Degradation on The Ability to Track and Predict Turn Structure in Conversation, Cortex, 151, Pages 105-115, ISSN 0010-9452, https://doi.org/10.1016/j.cortex.2022.01.020. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cortex.2022.01.020
Izzatunnisa, N. (2021). Analisis Percakapan: Sebuah Analisis Terhadap Interaksi Dokter dan Pasien. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 234-239. DOI: https://doi.org/10.51817/kimli.vi.56
Juniawan, R. A. (2021). Register dalam Video Laman Youtube Bayu Skak. JOB, 17(3), 1031-1047.
Karafoti, Eleni. 2021. Negotiating Preferred Norms In Requests And Offers: Is The (Dis)Preferred Answer So Obviously (Im)Polite?. Journal of Pragmatics, 173, Pages 134-147, ISSN 0378-2166, https://doi.org/10.1016/j.pragma.2020.07.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2020.07.010
Kembaren, E. S. (2020). Kesopanan dalam Bahasa Melayu Kupang pada Media Sosial Facebook. Jurnal Lingko, 2(1). https://doi.org/10.26499/jl.v2i1.44. DOI: https://doi.org/10.26499/jl.v2i1.44
Killmer, Helene ., Jan Svennevig, Suzanne Beeke. 2022. Joint Planning in Conversations with a Person with Aphasia. Journal of Pragmatics, 187, Pages 72-89, ISSN 0378-2166, https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.10.021. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.10.021
Komariah, S. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Di Tk Al-Azzam Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan, 6(1), 57-67.
Kpogo, F., & Abrefa, K. B. (2017). The Structure of Face-to-face Casual Conversation Among The Akans Ghana. Journal of Linguistics, 6(2), 56-84. https://doi.org/10.4314/gjl.v6i2.4. DOI: https://doi.org/10.4314/gjl.v6i2.4
Lam, D. M. (2018). What Counts As “Responding”? Contingency On Previous Speaker Contribution as a Feature of Interactional Competence. Language Testing, 35(3), 377-401. https://doi.org/10.1177/0265532218758126. DOI: https://doi.org/10.1177/0265532218758126
Lestari, N. D. (2021). Bentuk Pasangan Ujaran Terdekat dalam Tuturan Negosiasi. Jurnal Basindo, 5(1), 78-86.
Li, Ronghan., Zejun Jiang, Lifang Wang, Xinyu Lu, Meng Zhao. 2020. Directional Attention Weaving for Text-Grounded Conversational Question Answering. Neurocomputing, 391, Pages 13-24, ISSN 0925-2312, https://doi.org/10.1016/j.neucom.2020.01.056. DOI: https://doi.org/10.1016/j.neucom.2020.01.056
Linares, Esther., -Bernabéu. 2023. Mediating Through Question-Asking: A Sociopragmatic Analysis of Epistemic Stance Negotiation in Everyday Conversation. Journal of Pragmatics, 213, Pages 49-66, ISSN 0378-2166, https://doi.org/10.1016/j.pragma.2023.05.019. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2023.05.019
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. RETORIKA, 9(2), 256786.
Mansyur, U. (2017). Peranan Etika Tutur Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Sekolah. Tamaddun, 16(2), 69-73. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v16i2.53. DOI: https://doi.org/10.33096/tamaddun.v16i2.53
Maria, U., & Wiryotinoyo, M. (2019). Implikatur Percakapan dalam Komunikasi Guru dan Staf Di Sekolah. DIKBASTRA, 2(2), 30-37.
Martyawati, A. D. (2017). Pasangan Berdampingan dalam Lomba Ngapeh di Kutai Kartanegara. In Prasasti: Conference Series (pp. 9-12).
Metta, M. A., & Basuki, R. (2023). Analisis Tindak Tutur Direktif pada Novel Guru Halimah Karya Wandra Ilyas. KORPUS, 7(1), 96-111.
Murtanu, M., & Usmi, U. (2023). Geurae Sebagai Pemarkah Wacana dalam Percakapan Bahasa Korea. Paradigma, 13(1), 89-108. https://doi.org/10.17510/paradigma.v13i1.1187. DOI: https://doi.org/10.17510/paradigma.v13i1.1187
Mustikawati, D. A. (2016). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 23-32. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154
Noermanzah, N. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319). https://doi.org/10.31219/osf.io/ez6dk. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ez6dk
Novitasari, D. (2019). Struktur Tuturan dalam "Apa Kabar Indonesia". ARBITRER, 1(2), 125-136. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no1hlm125-136. DOI: https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no1hlm125-136
Nurjannah, N., Martisa, E., Saerudin, S., & Nuru, S. (2023). Strategi Penolakan dalam Konteks Jual Beli Online di Kendari. JBSI, 3(01), 103-111. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2672. DOI: https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2672
Pertiwi, T. (2018). Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur Perkawinan Suku Gayo di Desa Ampakolak Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues. LINGUISTIK, 2(1), 1-13.
Pouw, Wim., Judith Holler. 2022. Timing in Conversation is Dynamically Adjusted Turn by Turn in Dyadic Telephone Conversations, Cognition, 222, 105015, ISSN 0010-0277, https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105015
Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429-437. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191
Pradipta, B., & Sugiharti, D. R. (2021). Adjacency Pairs in Starstruck Movie. PARAFRASE, 21(2), 192-202. https://doi.org/10.30996/parafrase.v21i1.5253. DOI: https://doi.org/10.30996/parafrase.v21i1.5253
Purwaningsih, I., Wardarita, R., & Rukiyah, S. (2022). Tuturan Ekpresif dalam Debat CAPRES Republik Indonesia 2019. JIP, 13(2), 151-162. https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1052. DOI: https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1052
Puspitasari, L., Soepardjo, D., & Roni, R. (2024). Komunikasi Fatik pada Film Good Doctor dalam Kaitannya dengan Tachiba. EDUKASIA, 5(1), 207-222. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.744
Rahmanto, D. (2020). Pola Interaksi Guru dan Siswa Kelas X SMAN 1 Jorong. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 10(1), 89-96. https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8399. DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8399
Rauf, A. (2017). Analisis Wacana Percakapan" Mata Najwa" Metro TV. Jurnal Elektronik, 4(6).
Raymond, Chase Wesley., 2015. Questions and Responses in Spanish Monolingual and Spanish English Bilingual Conversation, Language & Communication, 42, Pages 50-68, ISSN 0271-5309, https://doi.org/10.1016/j.langcom.2015.02.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.langcom.2015.02.001
Ridwan, M. H., & Azizah, L. (2022). Analisis Struktur Percakapan Merry Riyana dan Narasumber pada Gelar Wicara “Zero To Hero”. PENEROKA, 2(1), 67-80. https://doi.org/10.30739/peneroka.v2i1.1366. DOI: https://doi.org/10.30739/peneroka.v2i1.1366
Rimbing, J., & Kapoh, R. J. (2020). Tindak Tutur Anak Remaja di Kabupaten Minahasa dalam Percakapan Keluarga dan Penilaian Kesantunan Berbahasa. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 43-52.
Rohmadi, M. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paedagogia, 17(1), 53-61.
Rohmah, Z. (2019). Perbedaan Performansi Kalimat Perintah Bahasa Indonesia pada Anak Prasekolah Ditinjau Dari Gender. Literasi, 9(2), 91-103. https://doi.org/10.23969/literasi.v9i2.1699. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v9i2.1699
Runtikno, A. G. (2016). Analisis Percakapan Program Indonesia Lawyers Club Episode “Negara Paceklik, Perokok Dicekik?”. Jurnal Penelitian Komunikasi, 19(2), 137-150. https://doi.org/10.20422/jpk.v19i2.122. DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v19i2.122
Saifudin, A. (2021). The Concept and Use of Aisatsu. Japanese Research on Linguistics, Literature, and Culture, 4(1), 35-46. https://doi.org/10.33633/jr.v4i1.5359. DOI: https://doi.org/10.33633/jr.v4i1.5359
Santoso, I., Syihabuddin, S., & Lukmana, I. (2019). Tumpang Tindih dalam Interaksi Percakapan di Perkuliahan Keterampilan Berbahasa Jerman Sebagai Bahasa Asing. Paramasastra, 6(2).
Septiani, D., Syuja'Mu'tasyim, R., & Saragih, D. K. (2022). Implikatur Percakapan Dalam Grup Whatsapp Banten Sinergi. Lingua Rima, 11(3), 111-122. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7275. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7275
Silaswati, D. (2019). Analisis Wacana Kritis dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS, 12(1), 1-10. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124. DOI: https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124
Sintia, S., Thamrin, L., & Khiong, B. Y. (2024). Analisis Kosakata dan Teks Bacaan dalam Buku Teks Bahasa Mandarin “Mei Hua” untuk Penggunaan Siswa Sekolah Dasar. JIIP, 7(1), 86-94. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3066. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3066
Stokoe, Elizabeth., Bogdana Humă, Rein O. Sikveland, Heidi Kevoe-Feldman. 2020. When Delayed Responses Are Productive: Being Persuaded Following Resistance in Conversation. Journal of Pragmatics, 155, Pages 70-82, ISSN 0378-2166, https://doi.org/10.1016/j.pragma.2019.10.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2019.10.001
Suryono, S., & Basuki, B. (2017). Variasi Bahasa Presenter pada Program Acara Tembang-Tembung di ADI TV. Caraka, 4(1), 146-155. DOI: https://doi.org/10.30738/caraka.v4i1.2175
Susanti, R., & Agustini, D. (2017). Ungkapan Fatis Pembuka dan Penutup Percakapan Masyarakat Jawa di Surakarta. Jurnal Leksema, 2(1), 37-49. https://doi.org/10.22515/ljbs.v2i1.654. DOI: https://doi.org/10.22515/ljbs.v2i1.654
Susanto, R., Gusnawaty, G., & Abbas, A. (2021). Pola Tuturan Negosiasi Penjual Sebagai Upaya Meraih Minat Pembeli. Al-MUNZIR, 14(1), 125-136.
Susrawan, I. N. A. (2015). Implikatur Percakapan dalam Komunikasi Antarsiswa di SMP N 1 Sawan Singaraja. JSP, 5(2). https://doi.org/10.36733/jsp.v5i2.441. DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v5i2.441
Ta, Binh Thanh., Filipi, Anna. 2023. Story-Closing In Phd Supervisory Feedback: A Conversation Analytical Study. Linguistics and Education, 75, 101183, ISSN 0898-5898, https://doi.org/10.1016/j.linged.2023.101183. DOI: https://doi.org/10.1016/j.linged.2023.101183
Talan, M. R. (2019). Struktur Percakapan Guru dengan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo, 4(2), 77-84. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.134. DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.134
Tetnowski, Jennifer Thompson ., John A. Tetnowski, Jack S. Damico. 2023. Looking at Gesture: The Reciprocal Influence Between Gesture and Conversation. Journal of Communication Disorders, 106, 106379, ISSN 0021-9924, https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2023.106379. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2023.106379
Wahyuni, T., & Siroj, M. B. (2019). Pelanggaran Prinsip Kesantunan dan Implikatur Percakapan pada Dialog Anak Penyandang Tunagrahita di SLB Negeri Ungaran. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 164-172.
Wibowo, A. B., Nurani, S., & Akhirina, T. Y. (2022). Analisis Perilaku Backchannel dalam Latihan Percakapan Bahasa Inggris Siswa Kelas XII SMK Atlas Cimanggis Depok. Research and Development Journal of Education, 8(2), 825-851. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14272. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14272
Yulianti, Y., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Implikatur Percakapan dalam Tuturan Film Laskar Pelangi. Matapena, 3(1), 1-14.
Zamahsari, G. K., Putikadyanto, A. P. A., & Ansori, R. W. (2021). Ragam Pertanyaan dan Teknik Bertanya Pengajar BIPA dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas. GHANCARAN, 2(2), 125-132. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3912. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3912
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.