Analisis Wacana Kritis Model Van Djik Pada Sambutan Joko Widodo pada Pembukaan Kongres XXIII PGRI Tahun 2024

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3582

Authors

  • Michael Johan Sulistiawan Universitas Negeri Semarang
  • Vio Amandini Afriliana Universitas Negeri Semarang
  • Imam Baehaqie Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Analisis, Wacana, Van Djik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro teks berita web setkab.co.id. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model van Djik. Hasil analisis menunjukkan bagian makro struktur menggambarkan secara umum tema isu tentang kesempatan baik dalam dunia pendidikan agar jangan sampai terlewatkan oleh bangsa Indonesia. Bagian superstruktur skematik terdiri atas summary dan story yang menggambarkan upaya penulis untuk menampilkan efek tertentu. Bagian mikro struktur terdiri atas latar, detil, maksud, koherensi, koherensi pembeda, bentuk kalimat, kata ganti, leksikon, praanggapan, grafis, dan metafora .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, G., & Yule, G. (1983). Discourse Analysis. Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511805226

Eriyanto. (2006). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LKiS Tempo.

Eriyanto. (2011). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Percetakan LkiS.

Ita Rosita, Dara Syahadah, Nuryeni Nuryeni, Hajjah Muawanah, & Yustina Sari. (2022). Analisis Wacana Kohesi Gramatikal Referensi Endofora Dalam Sebuah Cerpen “Aku Cinta Ummi Karena Allah” Karya Jenny Ervina. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 179–191. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.170 DOI: https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.170

Kartikasari, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Nourman Fairclough Terhadap Pemberitaan Jokowi Naikkan Iuran Bpjs Di Tengah Pandemi. Jurnal An-Nida, 12.

Megawati, E. (2021). Analisis Wacana Kritis Model Fairclough Dan Wodak Pada Pidato Prabowo (Critical Discourse Analysis of Fairclough’ and Wodak’s Model Within Prabowo’s Speech). Kandai, 17(1), 75. https://doi.org/10.26499/jk.v17i1.1551 DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v17i1.1551

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana. (2007). Metode Menulis Kreatif. CV Mandar Majurotok.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

SAKKA, S. BIN, Nurhadi, N., & Sari, E. S. (2023). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk Pada Pidato Presiden Di Ktt Ke-42 Asean. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i2.2237 DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i2.2237

Silaswati, D. (2019). Analisis Wacana Kritis Dalam Pengkajian Wacana. Metamorfosis | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124 DOI: https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124

Stubbs, M. (1983). Discourse Analysis: The Sosiolinguistik Analysis Of Natural Language. Basil Blackwell.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharya, S. dkk. (2021). Analisis Wacana Kritis Teks Pidato Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Bindo Sastra, 5.

Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i4.559

Swara Gema Ramadhan, & Gallant Karunia Assidik. (2022). Analisiss Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik pada Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2020. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 22–39. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1507 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1507

Published

2024-04-21

How to Cite

Michael Johan Sulistiawan, Vio Amandini Afriliana, & Imam Baehaqie. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Van Djik Pada Sambutan Joko Widodo pada Pembukaan Kongres XXIII PGRI Tahun 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1683–1693. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3582

Issue

Section

Articles

Categories