Pengaruh Metode Role Playing terhadap Keterampilan Membaca Puisi di Sekolah Dasar

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3606

Authors

  • Ratih Sellavia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ahmad Nurefendi Fradana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Role Playing, Keterampilan Membaca Puisi, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap keterampilan membaca puisi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif  Pre-Exsperimental Design jenis eksperimen ini One Grup Pretest-Posttest Desingn. Populasi siswa di SD Negeri Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo pada kelas IV B yang berjumlah 20 Siswa, diawali dengan prestest lalu diberikan treatment atau obat setelah itu postest dan di uji validitasnya menggunakan statistika uji-T Paired Sampel T-Test menggunakan spss 26. Hasil penelitian Pengaruh Metode Role Playing terhadap Keterampilan Membaca Puisi di Sekolah Dasar pada siswa kelas IV B SDN Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat disimpulkan adanya pengaruh metode Role Playing terhadap keterampilan membaca puisi. Sebelum adanya metode tersebut rata-rata nilai yang diperoleh siswa membaca puisi 63,4 Sesudah adanya metode tersebut rata-rata nilai siswa membaca puisi meningkat secara signifikan dengan rata-rata nilai 81,7 sehingga siswa tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Claudya, I. (2020). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Sukristin 1 , Indri Claudya 2. 8(1), 1–11.
Collins, G., Winardy, B., & Septiana, E. (2023). Social Sciences & Humanities Open Role , play , and games : Comparison between role-playing games and role-play in education. Social Sciences & Humanities Open, 8(1), 100527. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100527
Dahlan, U. A., Afriansyah, F., & Gusti, P. (2020). Keterampilan membaca puisi siswa sebuah modifikasi teknik membaca puisi Jose Rizal Manua. 40(1), 29–38.
Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687
Fatimah, Dede Siti, Siti Halimah Sadiah, R. B. P. (2019). Analisis Makna Pada Puisi “Kamus Kecil” Karya Joko Pinorbo Menggunakan Pendekatan Semiotika. Pendidikan Dan Bahasa Sastra Indoneisa, 2 Nomor 5(September), 6.
Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229
Hanif, S. L. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Eksperimentasi Model Circ Bermedia Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas V Sd 1 Tritis Jepara. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2784
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26
Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324
Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di Sdn 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181
Sukma, E. (2019). Literasi Membaca Puisi Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 65. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106325
Supena, I., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C ( Constructive , Critical , Creativity , Collaborative ) Learning Model on Students ’ Learning Outcomes. 14(3), 873–892.
Triyono, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa SDN Pacing. Jurnal Education, 7(4), 1344–1349. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1464
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, 2022.

Published

2024-04-22

How to Cite

Sellavia, R., & Nurefendi Fradana, A. (2024). Pengaruh Metode Role Playing terhadap Keterampilan Membaca Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1762–1768. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3606

Issue

Section

Articles

Categories