Menguatkan Pemahaman Stilistika Melalui Gaya Bahasa Slogan Iklan Kopi di Media Elektronik

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3607

Authors

  • Ratri Aulia Sari Nurjanah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sri Wahono Saptomo Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Pardyatmoko Pardyatmoko Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

gaya bahasa, slogan iklan, stilistika

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pada slogan iklan kopi di media elektronik yang dapat menguatkan pemahaman stilistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan kalimat slogan iklan kopi di media elektronik. Sumber data utama yang digunakan sebagai sasaran dari penelitian ini berupa kalimat slogan iklan kopi di media elektronik seperti di televisi, radio, internet, dan media sosial. Data penelitian berupa kalimat slogan iklan kopi yang diperoleh melalui teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan sebanyak 30 data yang terdiri dari 8 slogan dengan gaya bahasa perbandingan, 9 slogan dengan gaya bahasa pertentangan, 2 slogan dengan gaya bahasa pertautan, dan 11 slogan dengan gaya bahasa perulangan. Gaya bahasa dalam slogan iklan kopi berperan penting dalam memperkuat pemahaman stilistika melalui pemanfaatan elemen-elemen linguistik yang khas dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, M. R., Pakasi, J. H., & Kalangi, L. M. v. (2020). Gaya bahasa slogan iklan rokok di televisi. Kajian linguistik, 7(2). https://doi.org/10.35796/kaling.7.2.2019.28223 DOI: https://doi.org/10.35796/kaling.7.2.2019.28223

Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh celebrity endorser, kualitas pesan iklan, kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan gojek cerdikiawan. Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140 DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140

Dewi, G. K., & Sumiharti, S. (2020). Gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi biarkan jariku kini yang mengungkapkannya karya kawe ‘arkaan. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.33087/ aksara.v4i1.166 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v4i1.166

Dimas Tutik, A., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan fungsi ragam bahasa pada iklan dan slogan situs belanja online shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5089 DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5089

Dwiyanti, H., Kusumaningsih, D., & Sudiatmi, T. (2022). Meningkatkan pemahaman majas dengan teknik membaca lirik lagu: eksplorasi lagu-lagu pada album monokrom karya Tulus. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2).

Suparman, N. F. N. (2018). Glotokronologi Bahasa Rampi Dan Bahasa Wotu Glotocronology Language Rampi And Wotu Languages. Telaga Bahasa, 6(1). DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v6i1.15

Fitriani, W. A. C. (2019). Analisis tindak tutur dalam wacana iklan radio. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.31000/ lgrm.v8i1.1262 DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1262

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa pada puisi-puisi karya fadli zon. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187 DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187

Hesti, S., Thasimmim, S. N., & Rimayanti, W. (2021). Efektivitas iklan traveloka televisi konvensional pada konsumen di era digital. Jurnal simbolika: Research and Learning in Communication Study, 7(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4417 DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4417

Ifriza, F., Harjito, H., & Muhajir, M. (2023). Analisis gaya bahasa dalam antologi puisi Gus Punk. Sasindo, 11(1). https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16067 DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16067

Irfan, Muh. (2019). Penggunaan bahasa dalam spanduk iklan partai politik periode 2014-2019 di lombok timur. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.32938/jbi.v4i1.150 DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i1.150

Ismail, F. D., Sudiyana, B., & Saptomo, S. W. (2020). Citraan personifikasi dalam lirik lagu-lagu campursari didi kempot. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.183 DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.183

Jafar, I. R. dan T. N. (2024). Kumpulan Gaya Bahasa Sapardi Djoko Damono (Kajian Stilistika) Jafar 1 Rosary Iriany 2 Nuzul Tenriana 3 123 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pancasakti Makassar, Makassar. Jurnal Onoma, 10(2). https://e-journal.my.id/onoma

Liantika, D. A., Kusumaningsih, D., & Septiari, W. D. (2023). Stategi pemilihan komposisi iklan untuk menguatkan pesan bahasa pada iklan skincare di tiktok. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.33087/ aksara.v7i1.492 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v7i1.492

Luh Eka Candra Yulika, N., Wayan Budiarta, I., & Gusti Ayu Agung Dian Susanthi, I. (2022). Analisis makna, pesan, dan retorika dalam iklan Kitabisa.com (Analysis of meaning, message, and rhetoric in Kitabisa.com advertisements). 8(2), 472–491. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21340 DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11314

Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2897.

Masni, H., & Yani, P. (2020). Bentuk-bentuk gaya bahasa sindiran pada film comic 8 kasino king part 2 karya anggy umbara (analisis struktural). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.33087/aksara. v3i2.133 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.133

Mulyadi, R. H., & Budiwaspada, A. E. (2021). Metafora visual pada iklan obat antiseptik vidisep kajian semiotika. Serat Rupa Journal of Design, 5(1). https://doi.org/ 10.28932/srjd.v5i1.2951 DOI: https://doi.org/10.28932/srjd.v5i1.2951

Mustika, L. D., & Hasanah, L. U. (2020). Analisis gaya bahasa pada slogan kemasan makanan produk jepang. mezurashii, 2(1). https://doi.org/10.30996/mezurashii. v2i1.3560 DOI: https://doi.org/10.30996/mezurashii.v2i1.3560

Novitasari, D., Yohanes, B., & Suhartono, S. (2019). Tuturan persuasif dalam video blog kecantikan: kajian pragmastilistika. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 168. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2. 168-181 DOI: https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol5.No2.168-181

Nurginaya, Lukman, & M. Said, I. (2020). Representasi ideologi dibalik mitos dalam mengemas makna subjektif iklan media cetak dan media elektronik: sebuah alternatif semiotika. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 17(2).

Nurlaeliyah, N. (2020). Implementasi dalam metode pengajaran langsung untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.138 DOI: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.138

Parji, R. P., & Prihandini, A. (2023). Makna denotatif dan konotatif empat kutipan milik sage pada permainan valorant: kajian semantik. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1). DOI: https://doi.org/10.34010/mhd.v3i1.7617

Risnawati, R., Usman, U., & Hasriani, H. (2023). Fungsi gaya bahasa perbandingan dan pertentangan dalam podcast rintik sedu pada aplikasi spotify. Neologia: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.59562/neologia.v4i2.52474 DOI: https://doi.org/10.59562/neologia.v4i2.52474

Sadzili, M. H., Januar, M., Adham, I., & Triyadi, S. (2021). Analisis gaya bahasa dan pola sintaksis pada slogan iklan makanan di televisi. Jurnal educatio, 7(3), 1289–1297. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1456

Septy Anisya, S., & Dini Septiari, W. (2023). Gaya bahasa perbandingan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Onoma, 9(2), 2023. https://e-journal.my.id/onoma DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2776

Syafitri, I., & Yulianto, K. (2020). Pengaruh iklan instagram terhadap respons konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 2(1). DOI: https://doi.org/10.33376/ic.v2i1.544

Tara, F., & Mailani H, A. P. (2020). Gaya bahasa asonansi dalam catatan harian catatan najwa karya Najwa Shihab. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.131 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.131

Wahyuni, S. (2023). Analisa gaya bahasa K.H. Ahmad Mustofa Bisri pada puisi Selamat Tahun Baru Kawan’’. Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 5(1). https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.224 DOI: https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.224

Widiyanto, H., Emzir, & Muliastuti, L. (2021). Fungsi sosial, struktur, dan ciri kebahasaan teks iklan di lanskap linguistik sekolah: kajian teori linguistik sistemik fungsional. MABASAN, 15(1). https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.422 DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.422

Windayanto, R. N. A. (2021). Komparasi muatan gaya bahasa dalam iklan minuman kemasan siap minum: kajian stilistika. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(3). https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112901 DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112901

Yuliyanti, R. W., Saptomo, S. W., & Suparmin, S. (2022). Penggunaan campur kode pada kolom komentar produk iklan shopee. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(3). https://doi.org/10.24036/jbs.v10i3.118642 DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v10i3.118642

Published

2024-04-22

How to Cite

Ratri Aulia Sari Nurjanah, Sri Wahono Saptomo, & Pardyatmoko, P. (2024). Menguatkan Pemahaman Stilistika Melalui Gaya Bahasa Slogan Iklan Kopi di Media Elektronik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1735–1748. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3607

Issue

Section

Articles

Categories