Menguatkan Pemahaman Stilistika Melalui Gaya Bahasa Slogan Iklan Kopi di Media Elektronik
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3607
Keywords:
gaya bahasa, slogan iklan, stilistikaAbstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pada slogan iklan kopi di media elektronik yang dapat menguatkan pemahaman stilistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan kalimat slogan iklan kopi di media elektronik. Sumber data utama yang digunakan sebagai sasaran dari penelitian ini berupa kalimat slogan iklan kopi di media elektronik seperti di televisi, radio, internet, dan media sosial. Data penelitian berupa kalimat slogan iklan kopi yang diperoleh melalui teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan sebanyak 30 data yang terdiri dari 8 slogan dengan gaya bahasa perbandingan, 9 slogan dengan gaya bahasa pertentangan, 2 slogan dengan gaya bahasa pertautan, dan 11 slogan dengan gaya bahasa perulangan. Gaya bahasa dalam slogan iklan kopi berperan penting dalam memperkuat pemahaman stilistika melalui pemanfaatan elemen-elemen linguistik yang khas dan efektif.
Downloads
References
Adam, M. R., Pakasi, J. H., & Kalangi, L. M. v. (2020). Gaya bahasa slogan iklan rokok di televisi. Kajian linguistik, 7(2). https://doi.org/10.35796/kaling.7.2.2019.28223 DOI: https://doi.org/10.35796/kaling.7.2.2019.28223
Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh celebrity endorser, kualitas pesan iklan, kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan gojek cerdikiawan. Prologia, 5(1). https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140 DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140
Dewi, G. K., & Sumiharti, S. (2020). Gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi biarkan jariku kini yang mengungkapkannya karya kawe ‘arkaan. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.33087/ aksara.v4i1.166 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v4i1.166
Dimas Tutik, A., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan fungsi ragam bahasa pada iklan dan slogan situs belanja online shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5089 DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5089
Dwiyanti, H., Kusumaningsih, D., & Sudiatmi, T. (2022). Meningkatkan pemahaman majas dengan teknik membaca lirik lagu: eksplorasi lagu-lagu pada album monokrom karya Tulus. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2).
Suparman, N. F. N. (2018). Glotokronologi Bahasa Rampi Dan Bahasa Wotu Glotocronology Language Rampi And Wotu Languages. Telaga Bahasa, 6(1). DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v6i1.15
Fitriani, W. A. C. (2019). Analisis tindak tutur dalam wacana iklan radio. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.31000/ lgrm.v8i1.1262 DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1262
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis penggunaan gaya bahasa pada puisi-puisi karya fadli zon. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187 DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187
Hesti, S., Thasimmim, S. N., & Rimayanti, W. (2021). Efektivitas iklan traveloka televisi konvensional pada konsumen di era digital. Jurnal simbolika: Research and Learning in Communication Study, 7(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4417 DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4417
Ifriza, F., Harjito, H., & Muhajir, M. (2023). Analisis gaya bahasa dalam antologi puisi Gus Punk. Sasindo, 11(1). https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16067 DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16067
Irfan, Muh. (2019). Penggunaan bahasa dalam spanduk iklan partai politik periode 2014-2019 di lombok timur. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.32938/jbi.v4i1.150 DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i1.150
Ismail, F. D., Sudiyana, B., & Saptomo, S. W. (2020). Citraan personifikasi dalam lirik lagu-lagu campursari didi kempot. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.183 DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.183
Jafar, I. R. dan T. N. (2024). Kumpulan Gaya Bahasa Sapardi Djoko Damono (Kajian Stilistika) Jafar 1 Rosary Iriany 2 Nuzul Tenriana 3 123 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pancasakti Makassar, Makassar. Jurnal Onoma, 10(2). https://e-journal.my.id/onoma
Liantika, D. A., Kusumaningsih, D., & Septiari, W. D. (2023). Stategi pemilihan komposisi iklan untuk menguatkan pesan bahasa pada iklan skincare di tiktok. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.33087/ aksara.v7i1.492 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v7i1.492
Luh Eka Candra Yulika, N., Wayan Budiarta, I., & Gusti Ayu Agung Dian Susanthi, I. (2022). Analisis makna, pesan, dan retorika dalam iklan Kitabisa.com (Analysis of meaning, message, and rhetoric in Kitabisa.com advertisements). 8(2), 472–491. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21340 DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11314
Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2897.
Masni, H., & Yani, P. (2020). Bentuk-bentuk gaya bahasa sindiran pada film comic 8 kasino king part 2 karya anggy umbara (analisis struktural). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.33087/aksara. v3i2.133 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.133
Mulyadi, R. H., & Budiwaspada, A. E. (2021). Metafora visual pada iklan obat antiseptik vidisep kajian semiotika. Serat Rupa Journal of Design, 5(1). https://doi.org/ 10.28932/srjd.v5i1.2951 DOI: https://doi.org/10.28932/srjd.v5i1.2951
Mustika, L. D., & Hasanah, L. U. (2020). Analisis gaya bahasa pada slogan kemasan makanan produk jepang. mezurashii, 2(1). https://doi.org/10.30996/mezurashii. v2i1.3560 DOI: https://doi.org/10.30996/mezurashii.v2i1.3560
Novitasari, D., Yohanes, B., & Suhartono, S. (2019). Tuturan persuasif dalam video blog kecantikan: kajian pragmastilistika. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 168. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2. 168-181 DOI: https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol5.No2.168-181
Nurginaya, Lukman, & M. Said, I. (2020). Representasi ideologi dibalik mitos dalam mengemas makna subjektif iklan media cetak dan media elektronik: sebuah alternatif semiotika. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 17(2).
Nurlaeliyah, N. (2020). Implementasi dalam metode pengajaran langsung untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.138 DOI: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.138
Parji, R. P., & Prihandini, A. (2023). Makna denotatif dan konotatif empat kutipan milik sage pada permainan valorant: kajian semantik. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1). DOI: https://doi.org/10.34010/mhd.v3i1.7617
Risnawati, R., Usman, U., & Hasriani, H. (2023). Fungsi gaya bahasa perbandingan dan pertentangan dalam podcast rintik sedu pada aplikasi spotify. Neologia: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.59562/neologia.v4i2.52474 DOI: https://doi.org/10.59562/neologia.v4i2.52474
Sadzili, M. H., Januar, M., Adham, I., & Triyadi, S. (2021). Analisis gaya bahasa dan pola sintaksis pada slogan iklan makanan di televisi. Jurnal educatio, 7(3), 1289–1297. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1456
Septy Anisya, S., & Dini Septiari, W. (2023). Gaya bahasa perbandingan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Onoma, 9(2), 2023. https://e-journal.my.id/onoma DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2776
Syafitri, I., & Yulianto, K. (2020). Pengaruh iklan instagram terhadap respons konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 2(1). DOI: https://doi.org/10.33376/ic.v2i1.544
Tara, F., & Mailani H, A. P. (2020). Gaya bahasa asonansi dalam catatan harian catatan najwa karya Najwa Shihab. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.131 DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.131
Wahyuni, S. (2023). Analisa gaya bahasa K.H. Ahmad Mustofa Bisri pada puisi Selamat Tahun Baru Kawan’’. Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 5(1). https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.224 DOI: https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.224
Widiyanto, H., Emzir, & Muliastuti, L. (2021). Fungsi sosial, struktur, dan ciri kebahasaan teks iklan di lanskap linguistik sekolah: kajian teori linguistik sistemik fungsional. MABASAN, 15(1). https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.422 DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v15i1.422
Windayanto, R. N. A. (2021). Komparasi muatan gaya bahasa dalam iklan minuman kemasan siap minum: kajian stilistika. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(3). https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112901 DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112901
Yuliyanti, R. W., Saptomo, S. W., & Suparmin, S. (2022). Penggunaan campur kode pada kolom komentar produk iklan shopee. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(3). https://doi.org/10.24036/jbs.v10i3.118642 DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v10i3.118642
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.