Mengeksplorasi Kebutuhan Desain Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di Sekolah Menengah Atas

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3628

Authors

  • Nelita Indah Islami Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andoyo Sastromiharjo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khaerudin Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

model SSCS, teks eksplanasi, keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan dan kesulitan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi di SMA Kabupaten Brebes sebagai langkah awal menuju penelitian pengembangan selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survei. Penelitian melibatkan tiga guru Bahasa Indonesia dan 95 siswa kelas XI dari tiga SMA di Kabupaten Brebes. Model pembelajaran yang akan dikembangkan adalah  Search Solve Create and Share (SSCS) yang dapat diterapkan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Data dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, namun menghadapi kesulitan dalam pengembangan ide dan pencarian informasi. Penggunaan sumber informasi bervariasi dari buku hingga media digital. Guru-guru menghadapi tantangan dalam membantu siswa mengatasi keterbatasan kosakata dan kemampuan argumen siswa. Meskipun demikian, guru memiliki harapan untuk memahami kebutuhan siswa secara mendalam. Secara keseluruhan, diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam menulis teks eksplanasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almisfalah, A. Q., & Yuliana, I. (2023). Animated Video Media on Clean and Healthy Living Behavior in Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2), 217–229. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.64939 DOI: https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.64939

Andheska, H. (2016). Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran InovatiF. BAHASTRA, 36(1), 55. https://doi.org/10.26555/bahastra.v36i1.5058 DOI: https://doi.org/10.26555/bahastra.v36i1.5058

Diani, R., Herliantari, H., Irwandani, I., Saregar, A., & Umam, R. (2019). Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Learning Model: The Impact on the Students’ Creative Problem-Solving Ability on the Concept of Substance Pressure. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 9(1), 65. https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p65-77 DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p65-77

Fridayanti, I. N. (2021). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Cooperative Learning Dan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Berbasis Jaringan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp. Universitas Negeri Semarang.

Hakim, L. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Model Investigasi Kelompok Dan Model Kreatif-Produktif Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik SMA Kelas XI. Universitas Negeri Semarang.

Islami, N. I., Sastromiharjo, A., & Kurniawan, K. (2023a). Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Sebagai Inovasi Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi.

Islami, N. I., Sastromiharjo, A., & Kurniawan, K. (2023b). Penguatan Literasi Informasi pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi melalui Media Pembelajaran Berbantuan Teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766

Koraag, L. C., & Astawan, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Model Discovery LearninG. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7417003

Luthfiyah, A., Valentina, B. K., & Ningrum, F. Z. (2021a). Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Luthfiyah, A., Valentina, B. K., & Ningrum, F. Z. (2021b). Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. Sage Publications.

Ningsih, I. H. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038 DOI: https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846 DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Putri, A. M. J., Sudewi, P. W., & Amrang, A. (2023). Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Fun And Communicative English. Abdimas Galuh, 5(2), 1624. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11830 DOI: https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11830

Rohmatunisha, S., Malang, U., Wahyudi, U., Malang, U., Yudasmara, D. S., & Malang, U. (2020). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Sekolah Menengah Pertama. 2.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029

Santi, A., Kurniawan, K., & Abidin, Y. (2023). Analisis Kebutuhan Desain Model Pembelajaran Komunitas Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi di SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 549–558. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.673 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.673

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100 DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100

Satriani, S., Irfan, M., Amran, M., & Muspidayanti, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JPPSD:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 278. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.25511 DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.25511

Savitri, T., & Devi, W. S. (2021). Penerapan Media Gambar Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kelas Xi. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.

Susilowati, E. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Berdasarkan Kurikulum 2013.

Wahyudi, A. (2022). Upaya Guru Dalam Membimbing Siswa Pada Materi Teks Eksplanasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 83 Seluma. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu. DOI: https://doi.org/10.29300/dibsa.v1i1.6532

Warda, A. K. (2017). The Effectiveness of SSCS Learning Model with KNWS Strategy towards Mathematical Creative Thinking Ability and Self Confidence of Students. 6(3). DOI: https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.15725

Suparman, N. (2019). Ketidakadilan Gender dalam Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El-Saadawi. Telaga Bahasa, 7(1), 97-108. DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v7i1.60

Wartiningsih, A. (n.d.). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Media Audiovisual Sma Mujahidin Pontianak.

Wati, M. L. K., Haryadi, & Haryati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. GERAM, 10(1), 109–116. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).9283 DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).9283

Published

2024-05-02

How to Cite

Islami, N. I., Andoyo Sastromiharjo, & Khaerudin Kurniawan. (2024). Mengeksplorasi Kebutuhan Desain Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1928–1937. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3628

Issue

Section

Articles

Categories