Mengeksplorasi Kebutuhan Desain Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di Sekolah Menengah Atas
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3628
Keywords:
model SSCS, teks eksplanasi, keterampilan menulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan dan kesulitan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi di SMA Kabupaten Brebes sebagai langkah awal menuju penelitian pengembangan selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survei. Penelitian melibatkan tiga guru Bahasa Indonesia dan 95 siswa kelas XI dari tiga SMA di Kabupaten Brebes. Model pembelajaran yang akan dikembangkan adalah Search Solve Create and Share (SSCS) yang dapat diterapkan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Data dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, namun menghadapi kesulitan dalam pengembangan ide dan pencarian informasi. Penggunaan sumber informasi bervariasi dari buku hingga media digital. Guru-guru menghadapi tantangan dalam membantu siswa mengatasi keterbatasan kosakata dan kemampuan argumen siswa. Meskipun demikian, guru memiliki harapan untuk memahami kebutuhan siswa secara mendalam. Secara keseluruhan, diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam menulis teks eksplanasi.
Downloads
References
Almisfalah, A. Q., & Yuliana, I. (2023). Animated Video Media on Clean and Healthy Living Behavior in Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2), 217–229. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.64939 DOI: https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.64939
Andheska, H. (2016). Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran InovatiF. BAHASTRA, 36(1), 55. https://doi.org/10.26555/bahastra.v36i1.5058 DOI: https://doi.org/10.26555/bahastra.v36i1.5058
Diani, R., Herliantari, H., Irwandani, I., Saregar, A., & Umam, R. (2019). Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Learning Model: The Impact on the Students’ Creative Problem-Solving Ability on the Concept of Substance Pressure. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 9(1), 65. https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p65-77 DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p65-77
Fridayanti, I. N. (2021). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Cooperative Learning Dan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Berbasis Jaringan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp. Universitas Negeri Semarang.
Hakim, L. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Model Investigasi Kelompok Dan Model Kreatif-Produktif Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik SMA Kelas XI. Universitas Negeri Semarang.
Islami, N. I., Sastromiharjo, A., & Kurniawan, K. (2023a). Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Sebagai Inovasi Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi.
Islami, N. I., Sastromiharjo, A., & Kurniawan, K. (2023b). Penguatan Literasi Informasi pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi melalui Media Pembelajaran Berbantuan Teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11766
Koraag, L. C., & Astawan, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Model Discovery LearninG. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7417003
Luthfiyah, A., Valentina, B. K., & Ningrum, F. Z. (2021a). Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Luthfiyah, A., Valentina, B. K., & Ningrum, F. Z. (2021b). Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. Sage Publications.
Ningsih, I. H. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038 DOI: https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846 DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Putri, A. M. J., Sudewi, P. W., & Amrang, A. (2023). Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Fun And Communicative English. Abdimas Galuh, 5(2), 1624. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11830 DOI: https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11830
Rohmatunisha, S., Malang, U., Wahyudi, U., Malang, U., Yudasmara, D. S., & Malang, U. (2020). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Sekolah Menengah Pertama. 2.
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029
Santi, A., Kurniawan, K., & Abidin, Y. (2023). Analisis Kebutuhan Desain Model Pembelajaran Komunitas Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi di SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 549–558. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.673 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.673
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100 DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100
Satriani, S., Irfan, M., Amran, M., & Muspidayanti, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JPPSD:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 278. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.25511 DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.25511
Savitri, T., & Devi, W. S. (2021). Penerapan Media Gambar Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kelas Xi. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.
Susilowati, E. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Berdasarkan Kurikulum 2013.
Wahyudi, A. (2022). Upaya Guru Dalam Membimbing Siswa Pada Materi Teks Eksplanasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 83 Seluma. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu. DOI: https://doi.org/10.29300/dibsa.v1i1.6532
Warda, A. K. (2017). The Effectiveness of SSCS Learning Model with KNWS Strategy towards Mathematical Creative Thinking Ability and Self Confidence of Students. 6(3). DOI: https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.15725
Suparman, N. (2019). Ketidakadilan Gender dalam Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El-Saadawi. Telaga Bahasa, 7(1), 97-108. DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v7i1.60
Wartiningsih, A. (n.d.). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Media Audiovisual Sma Mujahidin Pontianak.
Wati, M. L. K., Haryadi, & Haryati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. GERAM, 10(1), 109–116. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).9283 DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).9283
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.