Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan Semester Antara Menggunakan Model Countenance Stake

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3680

Authors

  • Agus Milu Susetyo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Junaidi Junaidi Universitas Serambi Mekkah
  • Vera Wardani Universitas Jabal Ghafur
  • Subyantoro Subyantoro Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Countenance Stake, Semester Antara, Pembelajaran, Perkuliahan Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program Semester Antara yang dijalankan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember). Evaluasi program Semester Antara didasarkan pada surat edaran dari Unmuh Jember dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) khususnya pada pasal 16. Jenis penelitian ini menggunakan model Countenace Stake. Model evaluasi ini memiliki dua jenis analisis proses evaluasi yaitu deskripsi (descriptions) dan pertimbangan (judgments) serta memiliki tiga fase dalam evaluasi program yaitu persiapan, proses dan hasil atau nilai mahasiswa setelah menempuh program Semester Antara. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan matriks deskripsi dan matriks pertimbangan. Matrik deskripsi terdiri atas tujuan (intens) dan observasi (observations) dari pelaksanaan Program Semester Antara, sedangkan matrik  pertimbangan terdiri atas standar (standard) dan  pertimbangan (judgment) dari perencaaan, pelaksaaan dan hasil dari Semester Antara. Kesimpulan hasil penelitian menemukan fakta bahwa secara Kesesuaian (Congruence) perencanaan perkuliahan Semester Antara di program studi PBSI mendapatkan kategori amat baik (90%). Proses pembelajaran Semester Antara di prodi ini mencapai 75% dengan kategori baik. Sementara itu, hasil belajar mahasiswa yang ikut sesi Semester Antara terdapat ada yang mahasiswa yang belum tuntas. Dosen Semester Antara seyogyanya menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan mahasiwa, proses, dan hasil belajar secara utuh. Aktualitas ketercapaian hasil belajar pada program Semester Antara  adalah 80% kategori Baik.  Hal ini menandakan bahwa Contingency antara rencana, proses dan hasil dari program Semester Antara berkategori baik karena sesuai dengan surat edaran dan standar proses yang berlaku.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Butarbutar, A. R., Syamsuddin, A., & Cleveresty, T. B. (2024). Pembuatan Metode Penilaian Otentik Guna Mengevaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2128–2138.

Himmi, N. (2017). Korelasi Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek Mata Kuliah Trigonometri UNRIKA. Phytagoras, 6(2), 143–150. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.941

Julianto, P., Samin, S., & Faizin, F. (2022). Evaluasi Penerapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada Program Studi Manajemen IAIN Kerinci. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(02), 274–280. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4962 DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4962

Kusuma, A., Safarudin, M. S., & Kom, S. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Semester Pendek di Prodi Sistem Informasi Universitas BaTAM. Zona Komputer: Program Studi Sistem Informasi Universitas Batam, 8(1), 30–36.

Kusumawati, P. R. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA Model Discovery Learning Menggunakan Model Countenance Stake. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 20–30. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31 DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31

Lukum, A. (2015a). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Lukum, A. (2015b). Evaluasi program pembelajaran IPA SMP menggunakan model countenance stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Makarim, N. A. (2020). Salinan PERMENDIKBUD 3 TAHUN 2020 SNPT. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). jdih.kemdikbud.go.id

Muzakir, M., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Desain Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Model Countenance Stake pada Mata Pelajaran IPS. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 7(2), 19–25.

Priyatman, H., Sajid, F., & Haldivany, D. (2019). Klasterisasi Menggunakan Algoritma K-Means Clustering untuk Memprediksi Waktu Kelulusan Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 5(1), 62–66. https://doi.org/10.26418/jp.v5i1.29611 DOI: https://doi.org/10.26418/jp.v5i1.29611

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230 DOI: https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230

Sitompul, N. (2019). Evaluasi Program Bantuan bagi Penyandang Disabilitas Netra menggunakan Model Countenance Stake. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 43(2), 117–128.

STAIKU, A. (2023, July 5). Apa Itu Semester Pendek? [Https://staiku.ac.id/apa-itu-semester-pendek-2/]. https://staiku.ac.id/apa-itu-semester-pendek-2/. https://staiku.ac.id/apa-itu-semester-pendek-2/

Sucita, A., Lestari, D., Angraini, F., Selpiyanti, S., & Walid, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi di SMAN 10 Kota Bengkulu Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 488–498. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.200 DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.200

Zahmhari, Z. (2016). Pengertian Semester Pendek Ketika Kuliah [Https://www.academicindonesia.com/pengertian-semester-pendek/], diakses pada 01 Mei 2024.

Published

2024-05-12

How to Cite

Agus Milu Susetyo, Junaidi, J., Vera Wardani, Subyantoro, S., & Wagiran, W. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan Semester Antara Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2130–2143. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3680

Issue

Section

Articles

Categories