Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan Semester Antara Menggunakan Model Countenance Stake
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3680
Keywords:
Countenance Stake, Semester Antara, Pembelajaran, Perkuliahan Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program Semester Antara yang dijalankan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember). Evaluasi program Semester Antara didasarkan pada surat edaran dari Unmuh Jember dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) khususnya pada pasal 16. Jenis penelitian ini menggunakan model Countenace Stake. Model evaluasi ini memiliki dua jenis analisis proses evaluasi yaitu deskripsi (descriptions) dan pertimbangan (judgments) serta memiliki tiga fase dalam evaluasi program yaitu persiapan, proses dan hasil atau nilai mahasiswa setelah menempuh program Semester Antara. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan matriks deskripsi dan matriks pertimbangan. Matrik deskripsi terdiri atas tujuan (intens) dan observasi (observations) dari pelaksanaan Program Semester Antara, sedangkan matrik pertimbangan terdiri atas standar (standard) dan pertimbangan (judgment) dari perencaaan, pelaksaaan dan hasil dari Semester Antara. Kesimpulan hasil penelitian menemukan fakta bahwa secara Kesesuaian (Congruence) perencanaan perkuliahan Semester Antara di program studi PBSI mendapatkan kategori amat baik (90%). Proses pembelajaran Semester Antara di prodi ini mencapai 75% dengan kategori baik. Sementara itu, hasil belajar mahasiswa yang ikut sesi Semester Antara terdapat ada yang mahasiswa yang belum tuntas. Dosen Semester Antara seyogyanya menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan mahasiwa, proses, dan hasil belajar secara utuh. Aktualitas ketercapaian hasil belajar pada program Semester Antara adalah 80% kategori Baik. Hal ini menandakan bahwa Contingency antara rencana, proses dan hasil dari program Semester Antara berkategori baik karena sesuai dengan surat edaran dan standar proses yang berlaku.
Downloads
References
Butarbutar, A. R., Syamsuddin, A., & Cleveresty, T. B. (2024). Pembuatan Metode Penilaian Otentik Guna Mengevaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2128–2138.
Himmi, N. (2017). Korelasi Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek Mata Kuliah Trigonometri UNRIKA. Phytagoras, 6(2), 143–150. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.941
Julianto, P., Samin, S., & Faizin, F. (2022). Evaluasi Penerapan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada Program Studi Manajemen IAIN Kerinci. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(02), 274–280. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4962 DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4962
Kusuma, A., Safarudin, M. S., & Kom, S. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Semester Pendek di Prodi Sistem Informasi Universitas BaTAM. Zona Komputer: Program Studi Sistem Informasi Universitas Batam, 8(1), 30–36.
Kusumawati, P. R. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA Model Discovery Learning Menggunakan Model Countenance Stake. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 20–30. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31 DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31
Lukum, A. (2015a). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Lukum, A. (2015b). Evaluasi program pembelajaran IPA SMP menggunakan model countenance stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Makarim, N. A. (2020). Salinan PERMENDIKBUD 3 TAHUN 2020 SNPT. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). jdih.kemdikbud.go.id
Muzakir, M., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Desain Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Model Countenance Stake pada Mata Pelajaran IPS. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 7(2), 19–25.
Priyatman, H., Sajid, F., & Haldivany, D. (2019). Klasterisasi Menggunakan Algoritma K-Means Clustering untuk Memprediksi Waktu Kelulusan Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 5(1), 62–66. https://doi.org/10.26418/jp.v5i1.29611 DOI: https://doi.org/10.26418/jp.v5i1.29611
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230 DOI: https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230
Sitompul, N. (2019). Evaluasi Program Bantuan bagi Penyandang Disabilitas Netra menggunakan Model Countenance Stake. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 43(2), 117–128.
STAIKU, A. (2023, July 5). Apa Itu Semester Pendek? [Https://staiku.ac.id/apa-itu-semester-pendek-2/]. https://staiku.ac.id/apa-itu-semester-pendek-2/. https://staiku.ac.id/apa-itu-semester-pendek-2/
Sucita, A., Lestari, D., Angraini, F., Selpiyanti, S., & Walid, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi di SMAN 10 Kota Bengkulu Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 488–498. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.200 DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.200
Zahmhari, Z. (2016). Pengertian Semester Pendek Ketika Kuliah [Https://www.academicindonesia.com/pengertian-semester-pendek/], diakses pada 01 Mei 2024.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.