Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Karangtengah
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3730
Keywords:
menulis, penelitian tindakan kelas, teks beritaAbstract
Menulis teks berita dengan menerapkan teknik 3M dapat menjadi alat untuk mempertajam keterampilan menulis, sehingga keterampilan dalam menyusun teks berita dapat meningkat. Fokus penelitian ini adalah pada peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan teknik 3M. Tujuan keseluruhan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia di semua tingkat pendidikan, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi peserta didik secara signifikan. Tujuan khususnya adalah untuk memperluas sejauh mana pemahaman peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Karangtengah dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita dengan menerapkan teknik 3M (mengamati, meniru, dan menambahi) selama tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran atau kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif, dengan menerapkan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peserta dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 3 Karangtengah. Hasil peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui teknik 3M menyimpulkan bahwa peserta didik dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis teks berita. Secara kuantitatif terjadi peningkatan keterampilan menulis dengan nilai rata-rata prasiklus sebesar 51,1. Setelah diterapkan teknik 3M, rata-rata keterampilan menulis teks berita meningkat menjadi 66,2 pada siklus I, dengan peningkatan sebesar 22,80% dari prasiklus ke siklus I. Selanjutnya, rata-rata nilai pada siklus II adalah 82,15, yang mengalami peningkatan sebesar 19,41% dari siklus I ke siklus II. Peningkatan yang paling signifikan terjadi pada aspek unsur-unsur teks, yaitu pada aspek (3), dengan peningkatan sebesar 10,25% dari prasiklus ke siklus I, dan 20,5% dari siklus I ke siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teknik 3M dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada . http://opacdpklampungprov.perpusnas.go.id/detail-opac?id=28511
Firmansyah, F., Menne, A., & Posi, T. (2019). Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Teknik Mengamati, Meniru, dan Menambahi (3M). Cakrawala Indonesia, 4(2), 7-8.
Harahap, S. M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT RESMI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN. Jurnal ESTUPRO, 6(3).
Julipah, A. R. , & Nopriani, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagaralam. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(2), 80-93. http://journal.unbara.ac.id/index.php/fkipakad
Kristiana, V., Sari Dewi, R., Muslim Nusantara Al Washliyah, U., & Garu No, J. I. (2019). IMPLEMENTASI TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MATAKULIAH JURNALISTIK. In Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra (Vol. 4, Issue 1).
Manullang, M. B., Sitohang, T., Sitorus, P. J., & Saragih, R. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube APHD Channel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Swasta Hkbp Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Journal on Education, 06(01), 262–270.
Marlina, H. S., & Ramadhan Saleh, dan L. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA SMP. 02(1), 95–108.
Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan metode CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.
Ningari, W. F. (2022). Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui metode pembelajaran contexstual and learning. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 31-37.
Nuraini, P. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN SRAPBOOK PADA HIMPAUDI MAGELANG UTARA. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Oktaviani, M., & Rasyid, Y. (2019). KONTRIBUSI KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP.
Prasetyo, Y., Usman, H., & Rasyid, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Audio Visual. 8(4), 1617–1623. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4067
Priyandaru, H., Prabowo, W., & Priatmojo, H. (2021). IMPLEMENTASI INFORMATION RETRIEVAL SYSTEM UNTUK KLASIFIKASI BERITA OFFLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE EXTENDED BOOLEAN IMPLEMENTATION OF INFORMATION RETRIEVAL SYSTEM FOR CLASSIFICATION OF OFFLINE NEWS IN INDONESIA USING THE EXTENDED BOOLEAN METHOD (Vol. 5, Issue 1).
Ramadhani, D., & Haryadi, H. (2021). Keefektifan Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Menggunakan Metode Earth dan PQRST pada Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 41-51.
Ramadhani, T., & Asri, Y. (2020). KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SOLOK.
Sirait, B. E. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Metode 3M Mengamati, Meniru, dan Menambahi) oleh Peserta didik Kelas VIII B SMP Negeri 23 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 65–67.
Suriani, Ms. (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 TANJUNG REDEB MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIK TAKESI. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1), 30. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20262
Surya Pratama, H. E., Hassani, A., Ayatullah, G. S., Christianty, T. M., Abadi, L. M., Suryahadi, F. Z., & Sholihatin, E. (2023). ANALISIS STRUKTUR PENULISAN DAN TATA BAHASA DALAM BERITA DIGITAL KOMPASIANA EDISI JANUARI TAHUN 2022. In Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan (Vol. 9, Issue 2). https://www.kompasiana.com
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).
Syahputra, H., Satria, I., Putri, D., & Astuti, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu. In JPI) (Vol. 2, Issue 2).
Syukhria, R., & Nurhamidah, D. (2021). Aplikasi Inshot sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Indonesia Inshot Application as A Remote Learning Media in Indonesian Learning. 21(1), 34–40.
Tatalia, R. G. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(1). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i1.1868
Yani, A., Fatimah, F., & Azis, A. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA MELALU PENERPAN TEKNIK 3M (MELIHAT, MENIRU, DAN MENGEMBANGKAN) DI SMP NEGERI 4 TAPALANG BARAT. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 25. https://doi.org/10.35329/jp.v2i2.1656
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.