Representasi Bahasa Madura Pada Masyarakat Pandalungan Lumajang Dalam Kajian Fonetis
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3748
Keywords:
Bahasa Madura Pandalungan Lumajang, Konsonan, Vokal, FonetikAbstract
Dalam kajian fonetik ini, pelafalan kosakata bahasa Madura di wilayah budaya Pandalungan, khususnya Lumajang, dikaji terhadap bunyi linguistik yang signifikan. Mayoritas masyarakat Lumajang menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya, serta dua bahasa daerah, Jawa dan Madura, dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan sistem fonetik dan ejaan Pandalungan Lumajang. Pengucapan kata-kata Madura oleh penutur asli bahasa Madura di Lumajang memungkinkan identifikasi bunyi-bunyian tersebut. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini, data dikumpulkan dari informan melalui wawancara, dan metode artikulasi fonetik setara digunakan untuk analisis. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengembangkan teori dan dokumentasi ciri kebahasaan bahasa daerah. Hasilnya, fonetik bahasa Arab, Jawa, dan Indonesia semuanya dapat ditemukan dalam bahasa Madura Pandalungan Lumajang. Terdapat 7 konsonan serapan dan 26 bunyi konsonan penting asli dalam bahasa Madura Pandalungan Lumajang. Ada empat vokal serapan dan sepuluh bunyi vokal asli yang penting dalam kelas vokal. Bahasa Madura Pandalungan Lumajang seringkali menghindari ejaan Madura konvensional demi tulisan Indonesia.
Downloads
References
Ardiati, M., Amral, S., & Rahima, A. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Ungkapan Tradisional Upacara Pernikahan Masyarakat Desa Remban Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 208–219. DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v3i2.134
Andayani, Sri. & Sutrisno, Adi. (2017). PDP Bahasa Madura di Pulau Jawa, Madura, dan Bawean (Kajian Dialektologi). Laporan Penelitian. PDP Kemristekdikti.
Fromkin, Victoria, et. al. (2017). An Introduction to Language. Tenth Edition. Wardsworth: Cengage learning.
Kemdikbud, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. (2013). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Madura yang Disempurnakan. Edisi Revisi.
Kemdikbud, Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. (2014). Tata Bahasa Bahasa Madura. Edisi Revisi. Penelitian Wahana Kebudayaan
Latifah, U., Busri, H., & Badrih, M. (2023). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 9(1), 285–299.
Laksono, Kisyani dan Agusniar Dian Savitri. (2009). Dialektologi. Surabaya: Unesa University Press. Davies, D. William. (2010). A Grammar of Madurese. Germany: De Gruyter Mouton.
Revita, I., & Fathiya, N. (2020). Bahasa Makian untuk Fungsi Keakraban di Kalangan “Anak Muda” Minangkabau. Lingua, 17(1), 103–114. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.689.Ba
Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16. DOI: https://doi.org/10.33633/lite.v15i1.2382
Saifudin, A. (2020). Implikatur Percakapan dalam Studi Linguistik Pragmatik (Conversational Implicature in Pragmatic Linguistic Studies). Jalabahasa, 16(1), 15–24. DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v16i1.423
Silmi Faiza dan Rosida Erowati, F. (2021). Tingkat Kemampuan Berbicara Pemelajar Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula Menggunakan Tes Teks Deskripsi. DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3883
Sutarto, Ayu. & Yuwana Sudikan, Setya (editor). (2004). Pendekatan Kebudayaan dalam Pembangunan Provinsi Jawa Timur. Jember: Pemerintah Provinsi Jawa Timur & Kompyawisda.
Sugiharti, Dona Rahayu. Bahasa Madura di Kabupaten Bangkalan Madura: Kajian Geografi Dialek. Diss. Universitas Airlangga, 2020.
Sudaryanto, (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Sanata Dharma University Press. Rosdakarya
Wedananta, K. A. (2022). Fungsi Bahasa Sebagai Dasar Profesionalisme Guru Paud. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 91. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v3i1.2076 DOI: https://doi.org/10.55115/widyakumara.v3i1.2076
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.