Korelasi Kemampuan Membaca Ekstensif dengan Minat Baca pada Mahasiswa Strata 1 Departemen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3754

Authors

  • Dekki Priyatama Novian Agni Universitas Negeri Malang

Keywords:

membaca ekstensif, minat baca, korelasi membaca ekstensif dengan minat baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan membaca ekstensif, minat membaca, dan korelasi kemampuan membaca ekstensif dengan minat membaca mahasiswa strata 1 Departemen Sastra Indonesia UM angkatan tahun 2020 – 2023. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengukur skor kemampuan membaca ekstensif, skor angket minat membaca, dan mencari korelasi antara kemampuan membaca ekstensif dengan minat membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa strata 1 Departemen Sastra Indonesia angkatan tahun 2020, 2022, dan 2023 memiliki kemampuan membaca ekstensif yang memadahi (lebih dari 50% dari jumlah responden memiliki skor uji kemampuan membaca ekstensif lebih dari 80,00. Sedangkan untuk skor angket minat membaca, pada mahasiswa angkatan 2020 – 2023 menunjukkan hasil yang baik namun belum memuaskan (skor rata-rata angket minat membaca berkisar 78,20). Berdasarkan analisis statistik uji korelasi menggunakan Uji Korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi 0,521 dan p-value sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa korelasi kemampuan membaca ekstensif mahasiswa dengan minat membaca memiliki hubungan yang sedang, positif, dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agni, Dekki P. N. 2013. Pemetaan Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra UM AngkatanTahun 2010-2013.Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmono. 2001. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo

Harjasujana, Ahmad S. 1995. Membaca. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka Depdikbud.

Haryadi. 2006. Retorika Membaca:Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia

Hasanah, M. 2011. Membaca Ekstensif: Teori, Praktik, dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Kaiswaran

Hidi, S. 2001.Interest, Reading, and Learning: Theoritical and Practical Consideration. Educational Psychology Review, Vol. 13, No. 3. DOI: https://doi.org/10.1023/A:1016667621114

Hurmali, T. 2011. Seni dan Strategi Membaca Cepat Tanpa Lupa. Yogyakarta: Sophia Timur Publisher.

Jager, T. (2017). How Reading Improves Brain Function. Retrieved on 19th of March 2019, from: https://millennialmagazine.com/2017/08/02/how-reading-improves-brain-function

Kamah, Idris. 2002. Pedoman Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI

Martutik. 2001. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang Fakultas Sastra Jurusan Sastra Indonesia

Mintowati, Maria. 2003. “Membaca”. Jakarta. Depdiknas.

Mufliharsi, R. Emzir, E. Mayuni, I. 2019. Membaca Ekstensif : Eksplorasi Partisipasi Mahasiswa. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/icoflex/article/view/5504

Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: C.V Sinar Baru

Rizqiani, F. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Artikel Menggunakan Metode Preview, Read, Review Dengan Teknik Skipping Siswa Kelas IX D Smpn I Sempor, Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Adi Mahasatya

Soedarso. 2001. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Waring, R. (2014). Building Fluency with Extensive Reading. Dalam T. Muller, J. Adamson, P. S. Brown, & S. Herder (Ed.), Exploring EFL Fluency in Asia(hlm. 213–230). Palgrave Macmillan UK. DOI: https://doi.org/10.1057/9781137449405_13

Yunita. Fitri. Zulfahita. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 Nomor 1 Maret 2017. Page 12-17 p-ISSN: 2477-5932 e-ISSN: 2477-846X DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231

Published

2024-05-22

How to Cite

Dekki Priyatama Novian Agni. (2024). Korelasi Kemampuan Membaca Ekstensif dengan Minat Baca pada Mahasiswa Strata 1 Departemen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2314–2328. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3754

Issue

Section

Articles

Categories