Korelasi Kemampuan Membaca Ekstensif dengan Minat Baca pada Mahasiswa Strata 1 Departemen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3754
Keywords:
membaca ekstensif, minat baca, korelasi membaca ekstensif dengan minat bacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan membaca ekstensif, minat membaca, dan korelasi kemampuan membaca ekstensif dengan minat membaca mahasiswa strata 1 Departemen Sastra Indonesia UM angkatan tahun 2020 – 2023. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengukur skor kemampuan membaca ekstensif, skor angket minat membaca, dan mencari korelasi antara kemampuan membaca ekstensif dengan minat membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa strata 1 Departemen Sastra Indonesia angkatan tahun 2020, 2022, dan 2023 memiliki kemampuan membaca ekstensif yang memadahi (lebih dari 50% dari jumlah responden memiliki skor uji kemampuan membaca ekstensif lebih dari 80,00. Sedangkan untuk skor angket minat membaca, pada mahasiswa angkatan 2020 – 2023 menunjukkan hasil yang baik namun belum memuaskan (skor rata-rata angket minat membaca berkisar 78,20). Berdasarkan analisis statistik uji korelasi menggunakan Uji Korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi 0,521 dan p-value sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa korelasi kemampuan membaca ekstensif mahasiswa dengan minat membaca memiliki hubungan yang sedang, positif, dan signifikan.
Downloads
References
Agni, Dekki P. N. 2013. Pemetaan Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra UM AngkatanTahun 2010-2013.Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmono. 2001. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo
Harjasujana, Ahmad S. 1995. Membaca. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka Depdikbud.
Haryadi. 2006. Retorika Membaca:Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia
Hasanah, M. 2011. Membaca Ekstensif: Teori, Praktik, dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Kaiswaran
Hidi, S. 2001.Interest, Reading, and Learning: Theoritical and Practical Consideration. Educational Psychology Review, Vol. 13, No. 3. DOI: https://doi.org/10.1023/A:1016667621114
Hurmali, T. 2011. Seni dan Strategi Membaca Cepat Tanpa Lupa. Yogyakarta: Sophia Timur Publisher.
Jager, T. (2017). How Reading Improves Brain Function. Retrieved on 19th of March 2019, from: https://millennialmagazine.com/2017/08/02/how-reading-improves-brain-function
Kamah, Idris. 2002. Pedoman Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Martutik. 2001. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang Fakultas Sastra Jurusan Sastra Indonesia
Mintowati, Maria. 2003. “Membaca”. Jakarta. Depdiknas.
Mufliharsi, R. Emzir, E. Mayuni, I. 2019. Membaca Ekstensif : Eksplorasi Partisipasi Mahasiswa. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/icoflex/article/view/5504
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: C.V Sinar Baru
Rizqiani, F. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Artikel Menggunakan Metode Preview, Read, Review Dengan Teknik Skipping Siswa Kelas IX D Smpn I Sempor, Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Adi Mahasatya
Soedarso. 2001. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Waring, R. (2014). Building Fluency with Extensive Reading. Dalam T. Muller, J. Adamson, P. S. Brown, & S. Herder (Ed.), Exploring EFL Fluency in Asia(hlm. 213–230). Palgrave Macmillan UK. DOI: https://doi.org/10.1057/9781137449405_13
Yunita. Fitri. Zulfahita. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 Nomor 1 Maret 2017. Page 12-17 p-ISSN: 2477-5932 e-ISSN: 2477-846X DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.