Rekonstruksi Kreatif Cerita Pendek Menjadi Cerita Mini

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3810

Authors

  • Dwi Ariana Irawati Universitas Negeri Malang
  • Roekhan Roekhan Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani Universitas Negeri Malang

Keywords:

rekonstruksi, cerita pendek, cerita mini, naratif, sastra kontemporer

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses rekonstruksi cerita pendek menjadi cerita mini, sebuah metode yang memungkinkan peningkatan kreativitas dan kepadatan naratif dalam sastra kontemporer. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi teknik-teknik yang efektif dalam mengkondensasi elemen-elemen cerita pendek tanpa mengurangi esensi dan pesan yang ingin disampaikan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengamati dan menganalisis berbagai cerita pendek yang telah berhasil diubah menjadi cerita mini yang telah dipilih oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekonstruksi cerita pendek menjadi cerita mini tidak hanya memerlukan pemahaman yang mendalam tentang struktur naratif, tetapi juga kepekaan terhadap nilai estetika dan ritme bahasa. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam studi sastra dan menawarkan panduan praktis bagi penulis yang ingin mengembangkan kemampuan mereka dalam menciptakan cerita mini yang berdampak dan menggugah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Roekhan Roekhan, Universitas Negeri Malang

Lecturer

Kusubakti Andajani, Universitas Negeri Malang

Lecturer

References

Alanshor, I. A., & Syahid, A. H. (2023). Tren Perubahan Sosial: Transgresi dan Inovasi dalam Gaya Sastra Kontemporer. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 6(02), 154-171.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.a DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Astuti, A., Novitasari, L., & Suprayitno, E. (2023). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Tak Semanis Senyummu Karya Sirojuth. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1). DOI: https://doi.org/10.60155/jbs.v10i2.324

Drakel, W. J., Pratiknjo, M. H., & Mulianti, T. (2018). Perilaku mahasiswa dalam menggunakan media sosial di Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Febrianti, F., Suntoko, S., & Pratiwi, W. D. (2021). Ekranisasi Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Madani Ke Film Assalamualaikum Calon Imam Karya Findo Purnowo Hw. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9591-9599.

Febrianti, N. A. (2023). Analisis penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebagai pembentukan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Samasta.

Hamidah, A. A. A., Rosalina, S., & Triyadi, S. (2023). Kajian sosiolinguistik ragam bahasa gaul di media sosial Tiktok pada masa pandemi covid-19 dan pemanfaatannya sebagai kamus bahasa gaul. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 61-68. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2029

Iskandar, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, Dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.

Iskandar, V. N. A., & Harsiati, T. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(2), 98-109. DOI: https://doi.org/10.17977/um084v1i22023p98-109

Iswara, T. W. (2020). Analisis Struktur Dan Makna Film Into The Wood Dengan Perspektif Fantastik Tzevan Todorov. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 22-31. DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.248

Jayanti, N. K. T., & Fristyawan, I. M. J. (2024). Menemukenali Bahasa Figuratif Dalam Cerita Pendek" Kisah I Swarnangkara Si Penjaga Hutan" Karya I Nyoman Suarjana. Kulturistik: Jurnal Bahasa dan Budaya, 8(1). DOI: https://doi.org/10.22225/kulturistik.8.1.8623

Juniarti, Y. (2020, January). Pentingnya keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 185-189).

Mulyono, M. (2022). Mengantisipasi radikalisme dengan pemahaman komprehensif tentang cara berpikir radikal sebagai gerakan literasi sastra dan budaya bagi taruna akpol. Tanggon Kosala, 11(2), 485-501.

Rumanti, N. P. Y., Rasna, I. W., & Suandi, I. N. (2021). Analisis gaya bahasa kumpulan cerpen Sagra karya Oka Rusmini dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 119-129. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.395

Sani, R., Permana, I., & Sukawati, S. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Cerpen Anak “Petualangan Banyu Ke Negeri Jauh” Karya Sri Handayaningsih Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 119-126. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v5i2.10694

Sarasati, B., & Nurvia, O. (2021). Emosi Dalam Tulisan. Psibernetika, 14(1).

Setiawan, S. (2017). Kajian Kode Bahasa, Sastra Dan Budaya Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2013 Sebagai Pemilihan Bahan Ajar Prosa Fiksi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah Fkip Unpas Bandung: Kode Bahasa: Kode Sastra: Kode Budaya: Bahan Ajar. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(2), 103-111. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v7i2.421

Setiyaningsih, M., & Rahmawati, L. E. (2022). Bentuk Tindak Tutur Ekspresif dalam Mini Seri “Sore: Istri dari Masa Depan” Karya Yandy Laurens. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 85-98. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43933

SUHENDI, S. N. (2023). Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Dankebahasaandalam Cerita Rakyat Dan Cerpendengan Model Problem Based Learningberorientasi Pada Peningkatan Kemampuan Berkomunikasipeserta Didik Kelas X Smkn 2 Bandungtahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Ulwatunnisa, M. (2023). Refleksi Masyarakat Indonesia Masa Kini Melalui Cerpen Terbitan Kompas. Journal of Literature and Education, 1(2), 75-82. DOI: https://doi.org/10.69815/jle.v1i2.15

Wahyudi, I., & Wati, R. (2021). Fenomena Sastra Cyber: Tren Menulis Cerita Sastra dalam Bingkai Media Sosial. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 91-98.

Qur’ani, H. B., Musaffak, M., & Widodo, J. (2024). Pendampingan Penulisan Cerita Pendek Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2330-2335.

Published

2024-06-04

How to Cite

Dwi Ariana Irawati, Roekhan, R., & Kusubakti Andajani. (2024). Rekonstruksi Kreatif Cerita Pendek Menjadi Cerita Mini. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2433–2439. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3810

Issue

Section

Articles

Categories