Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Di Kelas VII SMP Ummul Qur’an Annur Bogor

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4063

Authors

  • Muhamad Sanusi STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Henry Trias Puguh Jatmiko STKIP AL HIKMAH SURABAYA
  • Ady Dwi Achmad Prasetya STKIP AL HIKMAH SURABAYA

Keywords:

Implementasi, Project based learning, teks laporan hasil observasi.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran pada materi teks laporan hasil observasi, meliputi perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi di SMP Ummul Qur’an Annur Bogor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan tujuan menghasilkan penjelasan desktiptif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa SMP Ummul Qur’an Annur menerapkan model pembelajaran project based learning dan memenuhi sintaks yang ada yaitu pengenalan masalah, mendesaign perencanaan project, penyusunan jadwal project, pelaksanaan dan monitoring project, menguji hasil, dan evaluasi & refleksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, M. Hary, S.H. Rustam. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi menulis teks deskripsi. Jurnal BASICEDU. Vol. 7. No. 1 hal 52-61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235

Diana, P. Syahrul R. (2019). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1) 62-69. 19(2), 213-226. DOI https://doi.org/10.24036/103915-019883 DOI: https://doi.org/10.24036/103915-019883

Beta, P., Kartika, M. P., & Suparman, S. (2021). Kemampuan Menentukan Ide Pokok dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 65-84. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v1i1.103

Gigit, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Malang Dengan Model Pembelajaran Integratif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 5(1) 39-54. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/86462 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7244

Kemdikbud. (2023). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ di akses pada 8 September 2023 pukul 22.25 WIB

Mugianto, M., Ridhani, A., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Perencanan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 1(4), 353-366.

Sari, F. T., Sumarti, S., & Rusminto, N. E. (2020). Teks Laporan Hasil Observasi Smkn 1 Talangpadang dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1-11. https://core.ac.uk/download/pdf/291695413.pdf

Published

2024-07-12

How to Cite

Sanusi, M., Jatmiko, H. T. P., & Prasetya, A. D. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Di Kelas VII SMP Ummul Qur’an Annur Bogor. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3197–3204. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4063

Issue

Section

Articles