Analisis Kesantunan Proses Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen melalui Aplikasi Whatsapp terhadap Efektifitas Penggunaan Bahasa
https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.427
Keywords:
Pelanggaran Kesantunan, Efektifitas berbahasa mahasiswa, whatsappAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk pelanggaran prinsip kesantunan proses komunikasi mahasiswa dengan dosen melalui aplikasi pesan whatsapp terhadap efektifitas penggunaan bahasa. Penelitian ini meupakan penelitian kualitatif. Data penelitianberupa data tulisan yang dikmpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, transkripsi dan teknik catat. Analisis data dilakukan secara deskriptif sesuai denganteori kesantunan Leech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelanggaran terhadap prinsip kesantunan Leech meliputi 4 maksim. Pelanggaran secara berturut-turut dilakukan terhadap maksim kebijaksanaan, maksim pemufakatan, maksim kedermawanan, dan maksim kesederhanaan. Pelanggaran maksim ini pada proses komunikasi mahasiswa melalui pesan whatsapp menandakan bahwa masih ada indikasi yang membuat mahasiswa tidak santun dalam melakukan komunikasi dengan dosen dalam media online. Pelanggaran kesantunan mahasiswa mempengaruhi keefektifan berbahasa mahasiwa pada proses komunikasi, dan keefektifan itu dibahas dalam tiga jenis yaitu keutuhan kalimat, kelogisan dan ketepatan diksi.
Downloads
References
Budiwati Tri Rina. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinetraksi dengan Dosen di Universitas Ahmad Dahlan: Ananlisis Pragmatik. Yogyakarta: UAD
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta : Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta : Diknas.
Grice, H. Paul. 1991. Logic and Conversation dalam Davis S.(Ed.) Pragmatics : A Readee .New York: Oxford University Press.
Gunawan, Fahmi. Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen Di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik. Journal Arbitrer, Vol 1 No 1 Oktober 2013
Meleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa
Rahardi, Kunjana. 2002. Pragmatik: Kesantuan Imperatif Bahasa Indoensia. Jakarta: Erlangga.
Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta : Universitas Indonesia (UI Press).
Meleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Samosir, Astuti. Kesantunan Bahasa Whatsapp Mahasiswa Terhadap Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Indraprasta PGRI. Journal Akrabjuara, Vol 4 No 2 Mei 2019.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta : Duta Wacana University Press.
Widjono, Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi (Rev). Jakarta: Grasindo.
Yassi, Abdul Hakim. 2017. Usia dan Strategi Kesantunan Pada Budaya Bahasa-bahasa di Sulawesi Selatan: Kritik Terhadap Teori Kesantunan Brown & Levinson. Prosiding Seminar Nasional Linguistik (SEMIOTIK). Hal:13
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar (Terjemahan)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.