Analisis Kesantunan Proses Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen melalui Aplikasi Whatsapp terhadap Efektifitas Penggunaan Bahasa

https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.427

Authors

  • Nurfaedah STMIK Handayani Makassar
  • Suwatri Jura STMIK Handayani Makassar

Keywords:

Pelanggaran Kesantunan, Efektifitas berbahasa mahasiswa, whatsapp

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk pelanggaran prinsip kesantunan proses komunikasi mahasiswa dengan dosen melalui aplikasi pesan whatsapp terhadap efektifitas penggunaan bahasa. Penelitian ini meupakan penelitian kualitatif. Data penelitianberupa data tulisan yang dikmpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, transkripsi dan teknik catat. Analisis data dilakukan secara deskriptif sesuai denganteori kesantunan Leech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelanggaran terhadap prinsip kesantunan Leech meliputi 4 maksim. Pelanggaran secara berturut-turut dilakukan terhadap maksim kebijaksanaan, maksim pemufakatan, maksim kedermawanan, dan maksim kesederhanaan. Pelanggaran maksim ini pada proses komunikasi mahasiswa melalui pesan whatsapp menandakan bahwa masih ada indikasi yang membuat mahasiswa tidak santun dalam melakukan komunikasi dengan dosen dalam media online. Pelanggaran kesantunan mahasiswa mempengaruhi keefektifan berbahasa mahasiwa pada proses komunikasi, dan keefektifan itu dibahas dalam tiga jenis yaitu keutuhan kalimat, kelogisan dan ketepatan diksi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badudu, J.S. 1995. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Budiwati Tri Rina. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinetraksi dengan Dosen di Universitas Ahmad Dahlan: Ananlisis Pragmatik. Yogyakarta: UAD
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta : Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta : Diknas.
Grice, H. Paul. 1991. Logic and Conversation dalam Davis S.(Ed.) Pragmatics : A Readee .New York: Oxford University Press.
Gunawan, Fahmi. Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen Di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik. Journal Arbitrer, Vol 1 No 1 Oktober 2013
Meleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa
Rahardi, Kunjana. 2002. Pragmatik: Kesantuan Imperatif Bahasa Indoensia. Jakarta: Erlangga.
Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta : Universitas Indonesia (UI Press).
Meleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Samosir, Astuti. Kesantunan Bahasa Whatsapp Mahasiswa Terhadap Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Indraprasta PGRI. Journal Akrabjuara, Vol 4 No 2 Mei 2019.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta : Duta Wacana University Press.
Widjono, Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi (Rev). Jakarta: Grasindo.
Yassi, Abdul Hakim. 2017. Usia dan Strategi Kesantunan Pada Budaya Bahasa-bahasa di Sulawesi Selatan: Kritik Terhadap Teori Kesantunan Brown & Levinson. Prosiding Seminar Nasional Linguistik (SEMIOTIK). Hal:13
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar (Terjemahan)

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Nurfaedah, & Suwatri Jura. (2020). Analisis Kesantunan Proses Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen melalui Aplikasi Whatsapp terhadap Efektifitas Penggunaan Bahasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 680–692. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.427

Issue

Section

Articles