Sikap Bahasa Mahasiswa pada Kelas Internasional : Studi Kasus Mahasiswa Universitas Pertahanan Sebagai Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4532
Keywords:
Bahasa Indonesia, kelas internasional, sikap bahasa, mahasiswaAbstract
Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO pada 20 November 2023 di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis. Hal tersebut memperkuat bahasa Indonesia sebagai identitas nasional dan kebudayaan Indonesia di kancah internasional. Begitu juga perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Pertahanan menawarkan program-program yang relevan dengan global, yakni kelas internasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap bahasa mahasiswa pada kelas Internasional dalam menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan data primer yang langsung didapatkan dari mahasiswa Universitas Pertahanan melalui kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa sikap mahasiswa Universitas Pertahanan terhadap bahasa Indonesia sangat positif, yang ditandai dengan kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa, dan kesadaran norma berbahasa. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar responden sangat senang menggunakan bahasa Indonesia, menunjukkan tingkat kesetiaan bahasa yang tinggi. Selain itu, banyak responden merasa bangga menggunakan bahasa Indonesia, menandakan kebanggaan bahasa yang kuat. Kesadaran norma berbahasa juga tinggi, dengan banyak responden setuju menggunakan bahasa campuran antara bahasa Indonesia dan bahasa asing dalam konteks tertentu, meskipun ada juga yang tidak setuju dan sangat setuju, mencerminkan adanya kesadaran terhadap norma penggunaan bahasa yang tepat dalam berbagai situasi.
Downloads
References
Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (2017). Dinamika Perkembangan Etnis di Indoensia Dalam Konteks Persatuan Negara. Populasi, 25(1). https://jurnal.ugm.ac.id/populasi/article/view/32416 DOI: https://doi.org/10.22146/jp.32416
Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1). https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.237 DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.237
Apriana, L., Karomani, & Tarmini, W. (2013). Sikap dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya), 1(5). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/1878/1376
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Perkenalan Awal. In Sosiolonguistik.
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736
Goldin, M. G., & Fasold, R. (1985). The Sociolinguistics of Society. The Modern Language Journal, 69(4). https://doi.org/10.2307/328438 DOI: https://doi.org/10.2307/328438
Handayani, P. G., Yuca, V., Hidayat, H., Hariko, R., & Febriani, R. D. (2021). Kajian Self Adjustment pada Mahasiswa Kelas Internasional. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1). https://doi.org/10.29210/02021876 DOI: https://doi.org/10.29210/02021876
Hanggu, E. O. ; W. B. R. M. ; A. W. (2023). Sikap Bahasa Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia Di Politeknik Elbajo Commodus Labuan Bajo . Muliple: Journal of Global and Multidisciplinary, 1(5), 648–655.
Kasmawati, & Desy Sulung Saputri. (2021). Sikap Bahasa Masyarakat Dusun Mangento Desa Pattontongan Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.623 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.623
Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (edisi keempat). Gramedia Pustaka Utama.
Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksa, 9(1). https://osf.io/preprints/inarxiv/te3df DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/te3df
Mesidor, J. K., & Sly, K. F. (2016). Factors that contribute to the adjustment of international students. Journal of International Students, 6(1). https://doi.org/10.32674/jis.v6i1.569 DOI: https://doi.org/10.32674/jis.v6i1.569
Mulyaningsih, I. (2017). Sikap Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79–87. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1525https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1525 DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1525
Murniati, Munaris, & Aryani, F. (2015). Alih Kode dan Campur Kode Pada Mahasiswa PBSI dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), September. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/9969/6728
Nurulia, L. (2019). Analisis Sikap Bahasa dan Motivasi Berbahasa Guru Bahasa Inggris MTS Peserta Diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016. Jurnal Andragogi, 5,(2). https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/12/11
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.
Sulastriana, E. (2017). Sikap Bahasa dan Pemilihan Bahasa Mahasiswa Urban di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2). https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/648/605
Suwito. (1985). Sosiolinguistik: Pengantar Awal. Fakultas Sastra Universitas. Sebelas Maret.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.