Citra Perempuan dalam Dongeng “Nelayan dan Putrinya” Karya Lena D
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4651
Keywords:
Bobo, Citra, Dongeng, PerempuanAbstract
Citra merupakan salah satu bentuk filsafat eksistensialis, sangat penting dalam kehidupan manusia, mencakup proses visual, verbal, dan nonverbal. Pada penelitian ini berfokus pada dongeng yang menceritakan tokoh perempuan. Adapun dongeng yang dipilih berjudul “Nelayan dan Putrinya” karya Lena D diterbitkan tahun 1996. Dongeng “Nelayan dan Puterinya” merupakan salah satu cerita pilihan yang dimuat dalam majalah Bobo Edisi 50 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme yang berfokus pada penggambaran citra perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik kepustakaan dan teknik baca-catat serta menggunakan metode membaca sebagai perempuan atau reading as a woman. Terdapat tiga bentuk citra perempuan yaitu citra fisik, psikis, serta sosial serta manfaat citra perempuan bagi pembaca anak-anak dalam dongeng “Nelayan dan Putinya” karya Lena D. Ketiga citra perempuan tersebut digambarkan melalui tokoh perempuan bernama Mutiara. Hal tersebut membuktikan bahwa sedari dini perempuan sudah dilabeli dengan citra tersebut. Adapun manfaat yang ditemukan pada penggambaran citra tokoh perempuan bagi pembaca diantaranya pemecahan stereotip gender, mendorong ambisi dan kepercayaan diri, dan membangun pemahaman tentang kesetaraan.
Downloads
References
Achsani, F. (2018). Cerita Anak Sebagai Media Pembentuk Karakter Anak. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 53–64. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp53-64 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp53-64
Agustin, M., Wardiah, D., & Missriani, M. (2022). Citra Perempuan Dalam Ketidakadilan Gender Pada Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam dan Novel Bidadari Berbisik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 678–686. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2225 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2225
Amalia, N., & Nawawi. (2021). Moral Lingkungan Alam pada Dongeng dari Yunani The Peasant And The Apple Tree Melalui Pendekatan Ekokritik. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7618 DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.7618
Ana, A. V., Umam, N. K., & Nugroho, A. S. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Melalui Media Buku Dongeng Kelas 2 Di Sekolah Dasar. AL-ASHR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–180. DOI: https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1649
Arianti, T. D. (2018). Problematik Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 09 Kota Bengkulu. Jurnal Imajeri, 01(1), 63–68.
Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.
Audina, D. J. (2022). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(4), 148–154. DOI: https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602
Budidarma, D., Sumarsono, I., Abida, F. I. N., & Moybeka, A. M. S. (2023). Gender Representation in Classic Fairy Tales: A Comparative Study of Snow White and the Seven Dwarfs, Cinderella and Beauty and the Beast. World Journal of English Language, 13(6), 11–19. https://doi.org/10.5430/wjel.v13n6p11 DOI: https://doi.org/10.5430/wjel.v13n6p11
Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11
Chusniatun, C., Inayati, N. L., & Harismah, K. (2022). Identifikasi Stereotip Gender Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta: Menuju Penerapan Pendidikan Berperspektif Gender. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(2), 248–262. https://doi.org/10.23917/jpis.v32i2.21610 DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v32i2.21610
Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design : choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Culler, J. (1983). On Deconstruction: Theory and Criticism after Structuralism. Routledge and Keagan Paul. DOI: https://doi.org/10.2307/3684109
D, L. (2018). Nelayan dan Putrinya (Edisi Spes). PT Gramedia Pustaka Utama.
Ermayani, T. (2015). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karak Te, v(2), 127–141.
Indah, N. S. (2022). Citra Perempuan Dalam Novel Bukan Aku Yang Dia Inginkan Karya Sari Fatul Husni: Kajian Feminis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 214–223. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.545 DOI: https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.545
Isnania, R., Martono, N., & Widyastuti, T. R. (2020). Kekerasan Simbolik dalam Cerita Anak: Analisis Isi pada Majalah Bobo. Society, 8(2), 713–732. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.238 DOI: https://doi.org/10.33019/society.v8i2.238
Khan, R. I., & Wulansari, W. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Menulis Kreatif Terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329 DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329
Latifah, S. A., & Suprayitno, E. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dan Pesan Edukatif Dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Bahasa Dan Sastra, 8(2), 127–136.
Madinabonu, Y. (2023). Comparative Analysis of Korean Animalistic Fairy Tales. Miasto Przyszłości, 31, 373–377.
Mawarni, H., & Sumartini, S. (2020). Citra Wanita Tokoh Utama Rani Novel Cerita Tentang Rani Karya Herry Santoso Kajian Kritik Sastra Feminis. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 137–143. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.30290 DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.30290
Musriani, V. (2023). Penyebab Perilaku Kurang Percaya Diri Saat Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 4 Tanggul. Self-Esteem and Foreign Language Learning, January 2007, 2–12.
Muyassaroh, I., & Mukhlis, S. (2023). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Buku Dongeng Movable Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–19. https://doi.org/10.29240/jpd.v7i2.6832 DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v7i2.6832
Novellia, S. H. (2021). Representasi Cantik Melalui Perubahan Bentuk Wajah pada Artis Perempuan di Media Televisi. Persepsi: Communication Journal, 4(1), 102–111. https://doi.org/10.30596/persepsi.v
Novitasari, A., Hermawan, S., & Alfianti, D. (2021). Implikasi Citraan dan Strata Norma terhadap Kualitas Puisi Anak dalam Majalah “Bobo” Edisi 2020. JURNAL LOCANA, 4(1), 16–28. DOI: https://doi.org/10.20527/jtam.v4i1.51
Nugrahani, A., Ahmad, H., Mukarom, E. S., & Sriwulandari, Y. A. (2023). Representation of Fisha’s Female Image in the Novel Tears of God by Aguk Irawan M.N. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(07), 3027–3030. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i7-25 DOI: https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i7-25
Oftavia, D., Yuniar, E., & Fakhruddin, F. (2023). Citra Perempuan pada Tokoh Putri Kandita dalam Dongeng Nyi Roro Kidul: Pendekatan Feminisme. Literature Research Journal, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.51817/lrj.v1i1.415 DOI: https://doi.org/10.51817/lrj.v1i1.415
Pakpahan, Y. A., Bancin, E. L., Anggraini, E. S., & Nasriah, N. (2020). Penerapan Metode Variasi Menjelaskan Dengan Media Buku Dongeng Terhadap Perkembangan Kemampuan Numerik (Matematika) Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Jurnal Usia Dini, 6(2), 39–47. DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.22190
Puji, P., & Lestari, A. (2022). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Tujuh Menit Karya Clara NG dan Relevansinya Bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah ( MI ). Journal on Education, 04(04), 1140–1149. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.527
Qur’ani, H. B. (2021). Citra Tokoh Perempuan Dalam Cerita Rakyat Jawa Timur. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 10(2), 176. https://doi.org/10.26499/jentera.v10i2.1468 DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v10i2.1468
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106 DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Shabrina, A., Lusiana, Y., & Suryadi, Y. (2020). Ambisi Tokoh Uchiha Itachi Dalam Anime Naruto Shippuden Karya Masashi Kishimoto. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Budaya Jepang, 2(2), 99. https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2020.2.2.3144 DOI: https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2020.2.2.3144
Simanullang, R., Sitorus, W. T., Octavianty, W., & Lubis, F. (2023). Analisis nilai pendidikan karakter dalam dongeng kupu-kupu indah yang sombong karya yoga triana. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 154–161. DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9002
Sonya, F., Triyadi, S., & Muhtarom, I. (2021). CITRA PEREMPUAN DALAM ANTOLOGI PUISI RAHI(I)M KARYA KEDUNG DARMA ROMANSHA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. 5(1), 30–50. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2523
Suliantini, N. W., Martha, I. N., & Artawan, G. (2021). Citra Perempuan dalam Antologi Puisi Tubuhmu Selembar Daun Karya Gede Artawan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 113–118. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.396
Umar Ramli, L. B. (2021). PERAN GENDER PADA MASYARAKAT BUGIS. JURNAL NOKEN: ILMU-ILMU SOSIAL, 7(1), 6. DOI: https://doi.org/10.33506/jn.v7i1.1524
Wijaya, Et. al. (2021). Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng Kelas VIII SMP Islam Terampil NW Pancor Kopong. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 6(1), 51–59.
Yuswara, L. (2021). CITRA PEREMPUAN DALAM BUKU ANAK 20 CERITA MANIS DIAMBIL DARI MAJALAH BOBO. Nuansa Indonesia, 23(1), 85–103.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.