Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajara Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4653

Authors

  • Fina Marshella UIN KHAS Jember
  • Bambang Irawan UIN KHAS Jember
  • Abdur Rosid UIN KHAS Jember

Keywords:

Implementasi, Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran,

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen kelas, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab yang ada di pondok pesantren Al-Amien Prenduan, karena pondok pesantren Al-Amien ini merupakan salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Madura dan terkenal dengan bahasa Asingnya salah satunya yaitu bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari pengajar dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi anajemen kelas dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas IA TMI Putri Al-Amien Prenduan adalah: Pertama, perencanaan yang dilakukan berjalan dengan baik. Karena sebelum proses pembelajaran guru mengadakan Kumpul Guru Bidang Edukasi satu kali dalam seminggu dan munyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kedua, pelaksanaan implementasi manajemen kelas di kelas IA ini dilakukan dengan baik oleh guru pengampu karena bisa menciptakan suasana kelas yang baik dan kondusif. Ketiga, evaluasi manajemen kelas IA dinilai cukup efektif, karena sesuai dengan rancangan pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung berasal dari dua faktor yaitu faktor guru dan faktor murid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, Yeni, and Dina Sri Nindianti. 2019. “Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 1(1): 12–24. DOI: https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: indeks.

Erwin Widiasworo. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. ed. Daw. Yogyakarta: DIVA Press.

Erwinsyah, Alfian. 2017. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5: 88–105.

Fahrurrozi, Z. 2019. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” 14(2): 151–70.

Imam Gunawan. 2019. Manajemen Kelas Teori Dan Aplikasinya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kadri. 2018. “Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran.” Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1): 39–48. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/144.

KH. Muhammad Idris Jauhari. 1442. TMI Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah. Madura: Mutiara Press.

Marni. 2020. “Pengaruh Metode Qira’ah Terhadap Pemahaman Peserta Didik Tentang Ism Nakirah Dan Ma’rifah.” Jurnal Al Waraqah 1(2): 40–48.

Mulyadi. 2009. Classroom Manajement Mewujudkan Kelas Yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang: Aditya Media.

Mustajib. 2020. “Manajemen Kelas: Upaya Mencapai Tujuan Hasil Belajar.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1(2). DOI: https://doi.org/10.29062/dirasah.v2i2.55

Pohan, Sermal. 2020. “Manajemen Kelas Dan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Bunayya 1(2): 113.

Rahayu, Sri, Muhamad Sudharsono, Sherli Damayanti, and Laila Rahmah. 2024. “Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Untuk Meninkatkan Keterlibatan Siswa.” NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 5(3): 1056–64. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3104 . DOI: https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3179

Siti Suleha, Slamet Sholeh, Mimin Maryati. 2021. “Penerapan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran 4(3): 433.

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thaibah. 2022. “Implementasi Manajemen Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Kelas 4 Di MI Bahrul Ulum Bumiaji.” Management of Education :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8(1): 76. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5512

Wahid Asngari, and Nur Hidayah. 2022. “Manajemen Kelas: Konsep, Implementasi Dan Korelasinya Dengan Keterampilan Guru.” Mubtadiin 02(8): 19.

Published

2024-11-05

How to Cite

Fina Marshella, Bambang Irawan, & Abdur Rosid. (2024). Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajara Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4375–4384. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4653

Issue

Section

Articles

Categories