Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajara Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4653
Keywords:
Implementasi, Manajemen Kelas, Proses Pembelajaran,Abstract
Penelitian ini membahas tentang manajemen kelas, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab yang ada di pondok pesantren Al-Amien Prenduan, karena pondok pesantren Al-Amien ini merupakan salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Madura dan terkenal dengan bahasa Asingnya salah satunya yaitu bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari pengajar dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi anajemen kelas dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas IA TMI Putri Al-Amien Prenduan adalah: Pertama, perencanaan yang dilakukan berjalan dengan baik. Karena sebelum proses pembelajaran guru mengadakan Kumpul Guru Bidang Edukasi satu kali dalam seminggu dan munyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kedua, pelaksanaan implementasi manajemen kelas di kelas IA ini dilakukan dengan baik oleh guru pengampu karena bisa menciptakan suasana kelas yang baik dan kondusif. Ketiga, evaluasi manajemen kelas IA dinilai cukup efektif, karena sesuai dengan rancangan pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung berasal dari dua faktor yaitu faktor guru dan faktor murid
Downloads
References
Asmara, Yeni, and Dina Sri Nindianti. 2019. “Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 1(1): 12–24. DOI: https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: indeks.
Erwin Widiasworo. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. ed. Daw. Yogyakarta: DIVA Press.
Erwinsyah, Alfian. 2017. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5: 88–105.
Fahrurrozi, Z. 2019. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” 14(2): 151–70.
Imam Gunawan. 2019. Manajemen Kelas Teori Dan Aplikasinya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Kadri. 2018. “Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran.” Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1): 39–48. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/144.
KH. Muhammad Idris Jauhari. 1442. TMI Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah. Madura: Mutiara Press.
Marni. 2020. “Pengaruh Metode Qira’ah Terhadap Pemahaman Peserta Didik Tentang Ism Nakirah Dan Ma’rifah.” Jurnal Al Waraqah 1(2): 40–48.
Mulyadi. 2009. Classroom Manajement Mewujudkan Kelas Yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang: Aditya Media.
Mustajib. 2020. “Manajemen Kelas: Upaya Mencapai Tujuan Hasil Belajar.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1(2). DOI: https://doi.org/10.29062/dirasah.v2i2.55
Pohan, Sermal. 2020. “Manajemen Kelas Dan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Bunayya 1(2): 113.
Rahayu, Sri, Muhamad Sudharsono, Sherli Damayanti, and Laila Rahmah. 2024. “Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Untuk Meninkatkan Keterlibatan Siswa.” NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 5(3): 1056–64. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3104 . DOI: https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3179
Siti Suleha, Slamet Sholeh, Mimin Maryati. 2021. “Penerapan Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran 4(3): 433.
Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Thaibah. 2022. “Implementasi Manajemen Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Kelas 4 Di MI Bahrul Ulum Bumiaji.” Management of Education :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8(1): 76. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5512
Wahid Asngari, and Nur Hidayah. 2022. “Manajemen Kelas: Konsep, Implementasi Dan Korelasinya Dengan Keterampilan Guru.” Mubtadiin 02(8): 19.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.