Pengaruh Metode Task Based Language Teaching (TBLT) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4694

Authors

  • Mukiman Mukiman Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suwarto Suwarto Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

Task-Based Language Teaching, motivasi belajar, keterampilan menulis, dan teks narasi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh metode pembelajaran Task Based Language Teaching (TBLT) dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks narasi pada peserta didik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus sampling, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah sebanyak 34 orang peserta didik.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis, dapat diketahui bahwa metode pembelajaran TBLT berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis yang ditunjukkan dengan nilai t statistik sebesar 6,204 dengan signifikansi p = 0,000. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis yang ditunjukkan dengan nilai t statistik sebesar 2,448 dengan signifikansi p = 0,020. Metode pembelajaran TBLT dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis yang ditunjukkan dengan nilai F statistik sebesar 48,607 dengan signifikansi p = 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, R. Z., & Bidin, S. J. B. (2016). “The Effect of Task Based Language Teaching on Writing Skills of EFL Learners in Malaysia”. Open Journal of Modern Linguistics, 6, 207- 218. http://dx.doi.org/10.4236/ojml.20 16.63022 DOI: https://doi.org/10.4236/ojml.2016.63022

Aidid, E. (2021). Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Kontekstual Komponen Pemodelan Metod. Jawa Tengah: Wijaya Purnama Nusantara.

Al-Shourafa, A. (2022). “The Effect of Motivation on Jordanian 10th Grade Students' Writing Skill In English.” European Scientific Journal October edition vol. 8, No. 22, 2022.

Amna, F. A., dan Wahyuni, U. (2022). “Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Ekposisi.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12 (1), April 2022, 95-100 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.279

Anshary, D., Mulyadi, Y., dan Mutiarsih, Y. (2019). “Penerapan Strategi Pembelajaran Task Based Language Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Perancis.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2019, pp. 245 – 254, doi: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i2.24789 DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i2.24790

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariyanto, F., dan Yasin, F. (2023). “The Impacts of Cooperative Learning on Suburban Students’ Learning Motivation.” Qalamuna Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama, Volume 15 Number 2 (2023). DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.3380

Baharuddin dan Esa, N. W. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta, Ar Ruzz Media.

Brown, D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi Kelima. USA: Pearson Education.

Cherniss, C. & Goleman D. (2001). The Emotionally Intelligent Workplace. San Fransisco: Jossey-Bass.

Damayanti, E., Fitriani, N., Anggereni, S., dan Taufiq, A. U. (2023). “The Effect of Cooperative Learning on Learning Motivation: A Meta-Analysis.” Buletin Psikologi, Volume 31, Number 1, 2023: 116– 133. DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.59583

Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. A. (2023). "The Impact of Inquiry Collaboration Project Based Learning Model of Indonesian Language Course Achievement". International Journal of Instruction, 16(2), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16215a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2023.16215a

Dimyati & Mujiono. (2012). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ellis. R. (2003). Task-Based Language Learning and Teaching. New York: Oxford University Press.

Farida Nugraheni, Mukti Widayati, Ali Imron A.M. 2019. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter melalui Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Film.” Jurnal Belajar Bahasa. ISSN 2502-5864, E-ISSN 2503-0329 Volume 4, No.1, Februari 2019 DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1865

González, L. E. M., & Pinzón, M. M. L. (2019). “The impact of task-based language teaching on students’ writing skills.” Indonesian EFL Journal, 5(2), 41-48. doi: 10.25134/ieflj.v5i2.1820. DOI: https://doi.org/10.25134/ieflj.v5i2.1820

Graham, S., Camping, A., Harris, Karen R., Aitken, A. A., Wilson, J. M., Wdowin, J., and Ng, C. (2021). “Writing and Writing Motivation of Students Identified as English Language Learners.” International Journal of TESOL Studies, Vol. 3 (1) 1-13 https://doi.org/10.46451/ijt

Gurganus, Susan P. (2010). Characteristics of student’s mathematics learning. www.education.com/reference/article/students- math-learning-problems/.

Handayani, N. A., dan Jumadi (2021). “Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi covid-19.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, JPSI 9(2):217-233, 2021. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Harmer, J. (2008). How to Teach English. Malaysia: Longman.

Hidayatun Nur (2021). “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Pantun Bahasa Daerah.” Gerakan Aktif Menulis Vol. 9 No. 1, 2021. DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(1).6735

Ihramsari, A., dan Mansyur, U. (2019). “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap KeterampilanMenulis Berita Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume XIII, Nomor 1, September 2019

Ilham, Bahrul U. (2022). “Harbuknas 2022: Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara.” Artikel. Bisnis KUMKM, 16 Mei 2022.

Kemendikbud. (2018). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Keraf, G. (2010). Narasi dan Argumentasi: Komposisi Lanjutan II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lazaar, L. (2019). “The Effect Of Teachers’ Writing Approach On students’ Writing Achievement.” PUPIL: International Journal of Teaching, Education and Learning, Vol. 3, Issue 2. DOI: https://doi.org/10.20319/pijtel.2019.32.4767

Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.

Mulyadi, Dodi. (2016). “Pengaruh Task-Based Language Teaching (TBLT) Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris dan Soft-Skills Mahasiswa S1 Keperawatan Unimus.” Lite Volume 12 Nomor 2 166–184.

Nasikha, B., Dodi Mulyadi, dan Testiana Deni W. (2019). “The Effect of Task Based Language Teaching (TBLT) on Students’ Reading Comprehension of Analytical Exposition Text.” Prosiding Mahasiswa Seminar Nasional Unimus, Vol. 2, 2019.

Nunan. D. (2003). Task-Based Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511667336

Purwanto, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2008). Health Psychology: Bio-psychosocial Interactions. 5th. Edition. New York: John Wiley & Sons.

Sardiman, A.M, (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih (2013). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sun, H. & Rungrojsuwan, S. (2019). “Parental Involvement in Students’ English Writing Competence: A Model at Chinese Junior Middle School.” Asian Culture and History; Vol. 11, No. 1; 2019. DOI: https://doi.org/10.5539/ach.v11n1p41

Suwarto dan Suharto. (2013). “Analisis Faktor-Faktor Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro.” Derivatif Jurnal Manajemen, Vol. 7, No. 2, (2013).

Suwarto. (2016). “Pengembangan Tes Ilmu Pengetahuan Alam Terkomputerisasi”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 21, No 2, December 2017 (153-161) DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.13144

Suwarto. 2017. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Cet. III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. 2018. Statistik Pendidikan: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. Depok : Rajawali Persada.

Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Taylor. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup

Taylor. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.

Thirakunkovit, S., and Boonyaprakob, K. (2022). “Developing Academic Writing Skills through a Task-Based Approach: A Case Study of Students’ Collaborative Writing.” rEFLections, Vol. 29, No. 3, 2022. DOI: https://doi.org/10.61508/refl.v29i3.261319

Uno, Hamzah B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Wulandari, N., Herlina, dan Linda Zakiah (2020). “Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Penugasan Jurnal Harian.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 2020.

Yulia, R., Rahmi, A., dan Samsiarni (2022). “Hubungan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 11 No 1, Maret 2022. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.939

Yundayani, A., & Ardiasih, L. S. (2020). Task-based material design for academic purposes: Learners’ English writing skill improvement. Studies in English Language and Education, 8(1), 258-275. DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.18169

Zainurrahman. (2018). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Published

2024-11-08

How to Cite

Mukiman, M., Farida Nugrahani, & Suwarto, S. (2024). Pengaruh Metode Task Based Language Teaching (TBLT) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4508–4520. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4694

Issue

Section

Articles

Categories