Analisisi Kesalahan Prefiks pada Cerpen Siswa Kelas XI SMK Bhina Karya Karanganyar

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4701

Authors

  • Devi Yolanda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yakub Nasucha Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

prefiks, morfem afiks, cerpen

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk kesalahan prefiks pada cerpen siswa kela XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Penelitian ini berfokus pada bagaimanakah bentuk kesalahan prefiks pada cerpen siswa kelas XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat dua puluh tulisan tangan yang merupakan hasil analisis karangan cerita pendek. Kesalahan penggunaan morfem imbuhan awalan afiks ditemukan pada saat menulis cerpen. Penggunaan awalan prefiks dalam afiksasi di-, ke-, per-, pe-, me(N)-, ter-, se-, dan ber-, tidak tepat seperti yang dikerjakan oleh siswa dalam karangan cerpen mereka, seperti menggunakan imbuhan yang salah. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah prefiks yang posisinya diikuti dengan kata tempat, banyak sekali kesalahan siswa yang menulis dengan digabung, saat ada kata yang menunjukkan kata tempat seharusnya penulisan prefiks yang benar adalah di pisah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Bayu Pratama. 2018. Kesalahan Afiksasi dan Proses Reduplikasi Cerpen Kelas XI Bahasa Serta Relevansinya di MA Bidayatul Hidayah. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2).

Anggraeni, Shinta, dkk. 2022. Analisis Penggunaan Kata Depan “di”, “pada”, “ke”, dan “kepada” pada Cerpen Berjudul “Anak Kebanggaan” Karya A. A. Navis. Jurnal Majemuk, 1(2) Hal 300-307.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartati, Mesterianti. 2017. Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol. 15. No. 1.

Lofland dan Lofland dikutip oleh Dr.Lexy J Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Markhamah, & Sabardila, A. 2010. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Jagat ABJAD.

Mukhibun, A., Zuhri, F. A., Bami, D. N. E., & Ulya, C. 2022. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Opini Terbuka Suaramerdeka.com. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 12(1), 38–50.

Suparman, S. (2024). Konteks Budaya Perkawinan Masyarakat Bugis Luwu (Kajian Antropolinguistik). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 233-238. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i4.559

Muslich, Masnur. 2010. Kata Majemuk Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Prihantini, A. 2015. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap (Pritameani (ed.); 1st ed.). Bentang B first.

Rachma, T. N., Ulumuddin, A., & Sudiyati, S. 2023. Peningkatan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model PBL dan Media Infografik pada Peserta Didik SMA Negeri Di Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 53–61. DOI: https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.169

Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Rohmadi, Muhammad, dkk. 2020. Morfolodi Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sari, Novita Artika, Kundharu Saddhono, & Suyitno. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Field Trip Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(3): 541.

Sari, S. W., Qoryah, A. N., & Aprilia, O. Y. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 82–92. DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4996

Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik.

Sugiyono. 2018. Judul: Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulkifli dan Marwati. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra. Vol. 1. No. 1.

Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wasmana. 2011. Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung, 1–47.

Published

2024-11-06

How to Cite

Devi Yolanda, & Yakub Nasucha. (2024). Analisisi Kesalahan Prefiks pada Cerpen Siswa Kelas XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4404–4413. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4701

Issue

Section

Articles

Categories