Analisisi Kesalahan Prefiks pada Cerpen Siswa Kelas XI SMK Bhina Karya Karanganyar
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4701
Keywords:
prefiks, morfem afiks, cerpenAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk kesalahan prefiks pada cerpen siswa kela XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Penelitian ini berfokus pada bagaimanakah bentuk kesalahan prefiks pada cerpen siswa kelas XI SMK Bhina Karya Karanganyar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat dua puluh tulisan tangan yang merupakan hasil analisis karangan cerita pendek. Kesalahan penggunaan morfem imbuhan awalan afiks ditemukan pada saat menulis cerpen. Penggunaan awalan prefiks dalam afiksasi di-, ke-, per-, pe-, me(N)-, ter-, se-, dan ber-, tidak tepat seperti yang dikerjakan oleh siswa dalam karangan cerpen mereka, seperti menggunakan imbuhan yang salah. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah prefiks yang posisinya diikuti dengan kata tempat, banyak sekali kesalahan siswa yang menulis dengan digabung, saat ada kata yang menunjukkan kata tempat seharusnya penulisan prefiks yang benar adalah di pisah.
Downloads
References
Aditya, Bayu Pratama. 2018. Kesalahan Afiksasi dan Proses Reduplikasi Cerpen Kelas XI Bahasa Serta Relevansinya di MA Bidayatul Hidayah. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2).
Anggraeni, Shinta, dkk. 2022. Analisis Penggunaan Kata Depan “di”, “pada”, “ke”, dan “kepada” pada Cerpen Berjudul “Anak Kebanggaan” Karya A. A. Navis. Jurnal Majemuk, 1(2) Hal 300-307.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartati, Mesterianti. 2017. Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol. 15. No. 1.
Lofland dan Lofland dikutip oleh Dr.Lexy J Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Markhamah, & Sabardila, A. 2010. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Jagat ABJAD.
Mukhibun, A., Zuhri, F. A., Bami, D. N. E., & Ulya, C. 2022. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Opini Terbuka Suaramerdeka.com. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 12(1), 38–50.
Suparman, S. (2024). Konteks Budaya Perkawinan Masyarakat Bugis Luwu (Kajian Antropolinguistik). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 233-238. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i4.559
Muslich, Masnur. 2010. Kata Majemuk Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Prihantini, A. 2015. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap (Pritameani (ed.); 1st ed.). Bentang B first.
Rachma, T. N., Ulumuddin, A., & Sudiyati, S. 2023. Peningkatan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model PBL dan Media Infografik pada Peserta Didik SMA Negeri Di Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 53–61. DOI: https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.169
Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Rohmadi, Muhammad, dkk. 2020. Morfolodi Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sari, Novita Artika, Kundharu Saddhono, & Suyitno. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Field Trip Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(3): 541.
Sari, S. W., Qoryah, A. N., & Aprilia, O. Y. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Portal Radar Solo Tema Covid-19. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 82–92. DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4996
Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik.
Sugiyono. 2018. Judul: Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulkifli dan Marwati. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra. Vol. 1. No. 1.
Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wasmana. 2011. Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung, 1–47.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.