Systematic Literature Review: Penggunaan Media Digital dalam Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4778

Authors

  • Tsania Fitra Maulidia Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Universitas Negeri Malang
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang

Keywords:

SLR, media digital, bahasa Indonesia, BIPA

Abstract

Penggunaan media digital telah menjadi aspek krusial dalam inovasi pembelajaran, terutama dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk mahasiswa BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis media digital yang diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa BIPA selama periode 2019 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis, dengan menganalisis sepuluh artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat lima kategori utama media digital yang digunakan: aplikasi mobile (40%), platform pembelajaran online (20%), media audiovisual (20%), buku digital (10%), dan media sosial (10%). Efektivitas media digital menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata peningkatan kemampuan bahasa mencapai 75% dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 82%. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan teknis, seperti keterbatasan akses (35%) dan kebutuhan untuk pengembangan fitur (25%). Temuan ini berkontribusi dalam pemetaan penggunaan media digital untuk pembelajaran BIPA dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Penaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.

Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end-user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 149, 101–137. https://doi.org/10.1016/J.JSS.2018.11.041 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jss.2018.11.041

Farah, S, Eriyani, RN, & Utami, SR (2021). Aplikasi Tara untuk Pembelajaran Teks Prosedur bagi Pemelajar BIPA. Prosiding Seminar Nasional. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/24048

Faznur, L. S., Fadly, A., & Nufus, F. A. (2021). Pengembangan Buku Digital BIPA Berbasis Nilai Moderasi Islam. Pena Literasi, 4(2), 92-98.

Ilmiah, H., & Muzdalifah, M. (2022). Implementation of Youtube as a Learning Media Strengthening Cross-Cultural Understanding for BIPA Students. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 43-50.

Meilani, M. (2014). Berbudaya melalui media digital. Humaniora, 5(2), 1009-1014. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3210

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105 DOI: https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105

Mubarok, I.W., & Kartika, P.C. (2019). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Bipa Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6124

Muzdalifah, M. & Nuryanti, M. (2020, November). Wordwall Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia Secara Daring Pada Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA) (Vol. 3, No. 1, pp. 211-218).

Naufalia, A. (2020). Bahan Ajar Tata Bahasa Daring Bermuatan Budaya Melalui Komik Digital Lima Legenda Nusantara Untuk Bipa Dasar. In Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA) (Vol. 3, No. 1, pp. 1-6).

Ningrum, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 726–732. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294

Prasetyo, E. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) Tingkat Dasar Berbasis Android. J-INTECH, 6(02), 229–234. https://doi.org/10.32664/J-INTECH.V6I02.256 DOI: https://doi.org/10.32664/j-intech.v6i02.256

Purwono, P. Y., & Aster, P. V. (2021). Pembelajaran BIPA Dengan Aplikasi Awan Asa Berbasis Pengenalan Lintas Budaya. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(1), 97-107. DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i1.4199

Ramadloni, S., Muliastuti, L., & Anwar, M. (2022). Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) Pemanfaatan laman BIPA daring sebagai media pembelajaran BIPA berkonteks kearifan lokal di ASEAN. 4(1), 62–71. https://doi.org/10.26499/JBIPA.V4I1.4723

Sandy, T.A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2020). Bipajar: Aplikasi Mobile Untuk Melatih Pelafalan Mahasiswa Program Bipa. DOI: https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v20i1.199

Septriani, H. (2021). Strategi Digitalisasi Dalam Pembelajaran Bipa Jarak Jauh (Pjj) Di Wina, Austria. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (SELASAR). http://repository.um.ac.id/id/eprint/1170

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Wahyono, T.Y., Sudarmanto, B.A., Rahmawati, I., & Yudha, F.A. (2020). Android-Based Voice Dictionary Application Design as BIPA Learning Media. DOI: https://doi.org/10.4108/eai.9-11-2019.2295092

Wisudawati, W., & -, K.-. (2022). Implementasi Media Audiovisual Berbasis Berita Pariwisata Untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak Pemelajar Bipa Level 4. Basindo : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v6i22022p259-267

Zulfa, P. F., & Triyono, S. (2018). “Visit My Stall”, A Game For Learning Indonesian as a Foreign Language (BIPA). PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 8(1), 1. https://doi.org/10.14710/parole.v8i1.1-11 DOI: https://doi.org/10.14710/parole.v8i1.1-11

Published

2025-01-13

How to Cite

Maulidia, T., Susanto, G., & Suyitno, I. (2025). Systematic Literature Review: Penggunaan Media Digital dalam Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 342–348. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4778

Issue

Section

Articles

Categories