Systematic Literature Review: Penggunaan Media Digital dalam Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4778
Keywords:
SLR, media digital, bahasa Indonesia, BIPAAbstract
Penggunaan media digital telah menjadi aspek krusial dalam inovasi pembelajaran, terutama dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk mahasiswa BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis media digital yang diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa BIPA selama periode 2019 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis, dengan menganalisis sepuluh artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat lima kategori utama media digital yang digunakan: aplikasi mobile (40%), platform pembelajaran online (20%), media audiovisual (20%), buku digital (10%), dan media sosial (10%). Efektivitas media digital menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata peningkatan kemampuan bahasa mencapai 75% dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 82%. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan teknis, seperti keterbatasan akses (35%) dan kebutuhan untuk pengembangan fitur (25%). Temuan ini berkontribusi dalam pemetaan penggunaan media digital untuk pembelajaran BIPA dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi.
Downloads
References
Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Penaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.
Barricelli, B. R., Cassano, F., Fogli, D., & Piccinno, A. (2019). End-user development, end-user programming and end-user software engineering: A systematic mapping study. Journal of Systems and Software, 149, 101–137. https://doi.org/10.1016/J.JSS.2018.11.041 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jss.2018.11.041
Farah, S, Eriyani, RN, & Utami, SR (2021). Aplikasi Tara untuk Pembelajaran Teks Prosedur bagi Pemelajar BIPA. Prosiding Seminar Nasional. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/24048
Faznur, L. S., Fadly, A., & Nufus, F. A. (2021). Pengembangan Buku Digital BIPA Berbasis Nilai Moderasi Islam. Pena Literasi, 4(2), 92-98.
Ilmiah, H., & Muzdalifah, M. (2022). Implementation of Youtube as a Learning Media Strengthening Cross-Cultural Understanding for BIPA Students. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 43-50.
Meilani, M. (2014). Berbudaya melalui media digital. Humaniora, 5(2), 1009-1014. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3210
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105 DOI: https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105
Mubarok, I.W., & Kartika, P.C. (2019). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Bipa Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6124
Muzdalifah, M. & Nuryanti, M. (2020, November). Wordwall Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia Secara Daring Pada Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA) (Vol. 3, No. 1, pp. 211-218).
Naufalia, A. (2020). Bahan Ajar Tata Bahasa Daring Bermuatan Budaya Melalui Komik Digital Lima Legenda Nusantara Untuk Bipa Dasar. In Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA) (Vol. 3, No. 1, pp. 1-6).
Ningrum, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 726–732. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294
Prasetyo, E. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) Tingkat Dasar Berbasis Android. J-INTECH, 6(02), 229–234. https://doi.org/10.32664/J-INTECH.V6I02.256 DOI: https://doi.org/10.32664/j-intech.v6i02.256
Purwono, P. Y., & Aster, P. V. (2021). Pembelajaran BIPA Dengan Aplikasi Awan Asa Berbasis Pengenalan Lintas Budaya. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(1), 97-107. DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i1.4199
Ramadloni, S., Muliastuti, L., & Anwar, M. (2022). Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) Pemanfaatan laman BIPA daring sebagai media pembelajaran BIPA berkonteks kearifan lokal di ASEAN. 4(1), 62–71. https://doi.org/10.26499/JBIPA.V4I1.4723
Sandy, T.A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2020). Bipajar: Aplikasi Mobile Untuk Melatih Pelafalan Mahasiswa Program Bipa. DOI: https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v20i1.199
Septriani, H. (2021). Strategi Digitalisasi Dalam Pembelajaran Bipa Jarak Jauh (Pjj) Di Wina, Austria. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (SELASAR). http://repository.um.ac.id/id/eprint/1170
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.
Wahyono, T.Y., Sudarmanto, B.A., Rahmawati, I., & Yudha, F.A. (2020). Android-Based Voice Dictionary Application Design as BIPA Learning Media. DOI: https://doi.org/10.4108/eai.9-11-2019.2295092
Wisudawati, W., & -, K.-. (2022). Implementasi Media Audiovisual Berbasis Berita Pariwisata Untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak Pemelajar Bipa Level 4. Basindo : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v6i22022p259-267
Zulfa, P. F., & Triyono, S. (2018). “Visit My Stall”, A Game For Learning Indonesian as a Foreign Language (BIPA). PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 8(1), 1. https://doi.org/10.14710/parole.v8i1.1-11 DOI: https://doi.org/10.14710/parole.v8i1.1-11
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.