Refleksi SDGs Kesetaraan Gender pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka: Analisis Multimodal

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4916

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Idhoofiyatul Fatin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dian Karina Rachmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

sdgs, kesetaraan gender, buku teks, multimodal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kesetaraan gender direpresentasikan dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mendukung program SDGs. Melalui pendekatan multimodal yang berfokus pada moda bahasa (linguistic mode) dan moda gambar (visual mode). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa buku teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Teknik pengumpulan data melalui teknik baca, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan moda bahasa yang diperoleh berupa kutipan cerpen, puisi, dan novel. Moda visual yang diperoleh berupa gambar sastrawan, pahlawan nasional, penggunaan gambar dan ilustrasi laki-laki dan perempuan. Kesetaraan gender yang direpresentasikan pada buku teks ini terletak pada bidang pekerjaan dan peran antara laki-laki dan perempuan. Selain merepresentasikan kesetaraan gender, terdapat tiga dari sepuluh data moda bahasa merepresentasikan ketidaksetaraan gender. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa buku teks tersebut telah merefleksikan kesetaraan gender dengan 20 data kesetaraan gender untuk menunjang SDGs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A. P., & Pratiwi, A. (2022). Penerimaan Penonton Mengenai Makna Stereotip Gender Perempuan dalam Film “Mulan (2020).” Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4199 DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4199

Ansori, R. W., & Yulianto, A. (2024). Pembelajaran Sastra Terintegrasi Pendidikan Gender. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 393–400. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.159 DOI: https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.159

Arifah, N. K., & Novita, A. (2023). Pendidikan dan Nasionalisme: Analisis Pemikiran Raden Ajeng Kartini Sebagai Pahlawan Emansipasi Perempuan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 11(2), 314–323. https://doi.org/10.52185/kariman.v11i2.362

Audina, D. J. (2022). Kesetaraan gender dalam perspektif hak asasi manusia. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(4), 148–154. https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602 DOI: https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602

Bachrudin, S., Drajati, N. A., & Santosa, E. B. (2023). Pengembangan E-Modul berbasis Multimodal untuk Mendukung Penguasaan Berbicara Bahasa Inggris Pemuda Desa Piyak. Journal of Education Research, 4(4), 1723–1730. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.510

Cahyawati, I., & Muqowim, M. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Menurut Pemikiran M. Quraish Shihab. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 210–220. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).8338 DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).8338

Dewi, N. A., Yuniasari, T., Darmawangsa, D., & Sunendar, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multimodal untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 620–636. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5557 DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5557

Dwita, A. (2024). Ketimpangan Gender Indonesia Makin Tipis, Kesetaraan di Depan Mata. https://goodstats.id/article/ketimpangan-gender-indonesia-makin-tipis-kesetaraan-di-depan-mata-QNmKg

Febrianto, A., & Udasmoro, W. (2024). Perempuan Sebagai Objek Male Gaze Pembaca: Telaah Kritis Karya Sastra Feminis Perempuan Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.14421/ajbs.2024.080101 DOI: https://doi.org/10.14421/ajbs.2024.080101

Hartati, R. D., & Supratmi, N. (2024). Peran Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4175–4185. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609

IBCWE. (2023). Fakta tentang Indonesia dalam Global Gender Gap Report 2023. https://ibcwe.id/id/fakta-tentang-indonesia-dalam-global-gender-gap-report-2023/

Irfani, F. (2018). Islam dan Budaya Banten. Buletin Al-Turas, 16(1), 200–216. https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289 DOI: https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289

Jannah, D. N., Cahyani, D. E., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103–118. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915

Mabruroh, A. F., Gunarhadi, & Widyastono, H. (2022). The Multimodal Analysis of Gender Stereotypes in the Indonesian Textbooks for Deaf Students. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 640(Iccie), 341–346. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.062 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.062

Muyassaroh, M., Rahmadian, A. D., & Afifa, F. (2022). Diskriminasi Gender pada Cerpen Perempuan dan Sebilah Pisau: Sebuah Kajian Feminisme Sastra. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(3), 287–300. https://doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.15273 DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.15273

Nations, U. (2024). Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development. https://sdgs.un.org/

Nisarohmah, L., & Darmawan, D. (2022). Analisis Kesenjangan Gender dalam Bidang Pekerjaan pada Era Kontemporer. Gunung Djati Conference Series, 8, 113–119.

Palulungan, L., Ramli, M. T., & Ghufran, M. (2020). Perempuan, masyarakat patriarki & kesetaraan gender. In BaKTI: bursa pengetahuan kawasan timur Indonesia.

Rasdiana, R. (2022). Bias dan Kesetaraan Gender, Peranan Ganda, dan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Tana Mana, 3(1), 48–62. https://doi.org/10.33648/jtm.v3i1.230 DOI: https://doi.org/10.33648/jtm.v3i1.224

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Saiman, R., & Suryani, L. (2023). Analisis Deskriptif Implementasi HOTS pada Model Pembelajaran Project Based Learning. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(1), 26–39. https://doi.org/10.37411/jecej.v5i1.1948

Saleh, M., & Arismunandar, M. A. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23818 DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23818

Sari, D. R., Sujinah, S., & Fatin, I. (2024). Persepsi Guru PPG terhadap Integrasi TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 106–119. https://doi.org/10.32528/bb.v9i1.1734

Sari, W. P., & Andi, A. (2024). Representasi Peran Wanita pada Buku Teks Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 8(2), 301–313. https://doi.org/10.29408/fhs.v8i2.26228 DOI: https://doi.org/10.29408/fhs.v8i2.26228

Sudirman, F. A., & Susilawaty, F. T. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs): Suatu Reviuw Literatur Sistematis. Journal Publicuho, 5(4), 995–1010. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.41 DOI: https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.41

Sueca, I. N., & Dewi, J. B. A. S. P. (2023). Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimodal di Kelas X SMA N 2 Bangli. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(1), 21–29.

Suharjuddin, D. (2020). Kesetaraan Gender dan Strategi Pengaruh Utamanya. In Naradidik: Journal of Education and Pedagogy (Vol. 1, Issue 1).

Sujinah, S., Muhammad, H., & Ngatmain. (2023). Gender Bias Perspective in Indonesian Language Textbooks and Related Sociocultural in Indonesia (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0_57 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0_57

Susenas. (2022). Indeks Ketimpangan Gender (IKG) 2022.

Suweleh, W., & Rachmawati, D. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Tahun Ajaran 2021/2022. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 37–52. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12834

Tan, L., & Zammit, K. (2018). Teaching Writing and Representing In The Primary School Years. Pearson Australia.

Widyaningsih, L., & Assidik, G. K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2157–2172. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3701 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3701

Widyawati, S. (2024). Hari Perempuan Internasional 2024: Investasi pada Perempuan, Katalis untuk Pertumbuhan Ekonomi. https://indonesia.un.org/id/262737-hari-perempuan-internasional-2024-investasi-pada-perempuan-katalis-untuk-pertumbuhan-ekonomi

Wulandari, R., & Amir, A. (2023). Identitas Diri Perempuan Novel Bilangan Fu Karya Ayu Utami: Kajian Ginokritik serta Implikasi Pendidikan Karakter. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 265–274. https://doi.org/0000-0002-0464-7544 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.644

Yunita, I. K. M., & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Instagram KEMENKES Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Relevasinya Sebagai Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1205–1212. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1383

Published

2025-01-04

How to Cite

Annisa, A., Fatin, I. ., & Rachmawati, D. K. . (2025). Refleksi SDGs Kesetaraan Gender pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka: Analisis Multimodal. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 71–86. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4916

Issue

Section

Articles

Categories