Refleksi SDGs Kesetaraan Gender pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka: Analisis Multimodal
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4916
Keywords:
sdgs, kesetaraan gender, buku teks, multimodalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kesetaraan gender direpresentasikan dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mendukung program SDGs. Melalui pendekatan multimodal yang berfokus pada moda bahasa (linguistic mode) dan moda gambar (visual mode). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa buku teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kurikulum Merdeka terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Teknik pengumpulan data melalui teknik baca, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan moda bahasa yang diperoleh berupa kutipan cerpen, puisi, dan novel. Moda visual yang diperoleh berupa gambar sastrawan, pahlawan nasional, penggunaan gambar dan ilustrasi laki-laki dan perempuan. Kesetaraan gender yang direpresentasikan pada buku teks ini terletak pada bidang pekerjaan dan peran antara laki-laki dan perempuan. Selain merepresentasikan kesetaraan gender, terdapat tiga dari sepuluh data moda bahasa merepresentasikan ketidaksetaraan gender. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa buku teks tersebut telah merefleksikan kesetaraan gender dengan 20 data kesetaraan gender untuk menunjang SDGs.
Downloads
References
Anggraeni, A. P., & Pratiwi, A. (2022). Penerimaan Penonton Mengenai Makna Stereotip Gender Perempuan dalam Film “Mulan (2020).” Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4199 DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4199
Ansori, R. W., & Yulianto, A. (2024). Pembelajaran Sastra Terintegrasi Pendidikan Gender. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 393–400. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.159 DOI: https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.159
Arifah, N. K., & Novita, A. (2023). Pendidikan dan Nasionalisme: Analisis Pemikiran Raden Ajeng Kartini Sebagai Pahlawan Emansipasi Perempuan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 11(2), 314–323. https://doi.org/10.52185/kariman.v11i2.362
Audina, D. J. (2022). Kesetaraan gender dalam perspektif hak asasi manusia. Nomos: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(4), 148–154. https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602 DOI: https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602
Bachrudin, S., Drajati, N. A., & Santosa, E. B. (2023). Pengembangan E-Modul berbasis Multimodal untuk Mendukung Penguasaan Berbicara Bahasa Inggris Pemuda Desa Piyak. Journal of Education Research, 4(4), 1723–1730. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.510
Cahyawati, I., & Muqowim, M. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Menurut Pemikiran M. Quraish Shihab. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 210–220. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).8338 DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).8338
Dewi, N. A., Yuniasari, T., Darmawangsa, D., & Sunendar, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Multimodal untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan Pustaka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 620–636. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5557 DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5557
Dwita, A. (2024). Ketimpangan Gender Indonesia Makin Tipis, Kesetaraan di Depan Mata. https://goodstats.id/article/ketimpangan-gender-indonesia-makin-tipis-kesetaraan-di-depan-mata-QNmKg
Febrianto, A., & Udasmoro, W. (2024). Perempuan Sebagai Objek Male Gaze Pembaca: Telaah Kritis Karya Sastra Feminis Perempuan Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.14421/ajbs.2024.080101 DOI: https://doi.org/10.14421/ajbs.2024.080101
Hartati, R. D., & Supratmi, N. (2024). Peran Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4175–4185. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4609
IBCWE. (2023). Fakta tentang Indonesia dalam Global Gender Gap Report 2023. https://ibcwe.id/id/fakta-tentang-indonesia-dalam-global-gender-gap-report-2023/
Irfani, F. (2018). Islam dan Budaya Banten. Buletin Al-Turas, 16(1), 200–216. https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289 DOI: https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289
Jannah, D. N., Cahyani, D. E., Arfaton, A., & Milhani, Y. (2022). Mandala Bhakti Wanitatama: memori kolektif pergerakan perempuan dalam terciptanya kesetaraan gender. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 103–118. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.43915
Mabruroh, A. F., Gunarhadi, & Widyastono, H. (2022). The Multimodal Analysis of Gender Stereotypes in the Indonesian Textbooks for Deaf Students. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 640(Iccie), 341–346. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.062 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.062
Muyassaroh, M., Rahmadian, A. D., & Afifa, F. (2022). Diskriminasi Gender pada Cerpen Perempuan dan Sebilah Pisau: Sebuah Kajian Feminisme Sastra. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(3), 287–300. https://doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.15273 DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.15273
Nations, U. (2024). Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development. https://sdgs.un.org/
Nisarohmah, L., & Darmawan, D. (2022). Analisis Kesenjangan Gender dalam Bidang Pekerjaan pada Era Kontemporer. Gunung Djati Conference Series, 8, 113–119.
Palulungan, L., Ramli, M. T., & Ghufran, M. (2020). Perempuan, masyarakat patriarki & kesetaraan gender. In BaKTI: bursa pengetahuan kawasan timur Indonesia.
Rasdiana, R. (2022). Bias dan Kesetaraan Gender, Peranan Ganda, dan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Tana Mana, 3(1), 48–62. https://doi.org/10.33648/jtm.v3i1.230 DOI: https://doi.org/10.33648/jtm.v3i1.224
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Saiman, R., & Suryani, L. (2023). Analisis Deskriptif Implementasi HOTS pada Model Pembelajaran Project Based Learning. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(1), 26–39. https://doi.org/10.37411/jecej.v5i1.1948
Saleh, M., & Arismunandar, M. A. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23818 DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23818
Sari, D. R., Sujinah, S., & Fatin, I. (2024). Persepsi Guru PPG terhadap Integrasi TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 106–119. https://doi.org/10.32528/bb.v9i1.1734
Sari, W. P., & Andi, A. (2024). Representasi Peran Wanita pada Buku Teks Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 8(2), 301–313. https://doi.org/10.29408/fhs.v8i2.26228 DOI: https://doi.org/10.29408/fhs.v8i2.26228
Sudirman, F. A., & Susilawaty, F. T. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs): Suatu Reviuw Literatur Sistematis. Journal Publicuho, 5(4), 995–1010. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.41 DOI: https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.41
Sueca, I. N., & Dewi, J. B. A. S. P. (2023). Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimodal di Kelas X SMA N 2 Bangli. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(1), 21–29.
Suharjuddin, D. (2020). Kesetaraan Gender dan Strategi Pengaruh Utamanya. In Naradidik: Journal of Education and Pedagogy (Vol. 1, Issue 1).
Sujinah, S., Muhammad, H., & Ngatmain. (2023). Gender Bias Perspective in Indonesian Language Textbooks and Related Sociocultural in Indonesia (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0_57 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0_57
Susenas. (2022). Indeks Ketimpangan Gender (IKG) 2022.
Suweleh, W., & Rachmawati, D. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Tahun Ajaran 2021/2022. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 37–52. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12834
Tan, L., & Zammit, K. (2018). Teaching Writing and Representing In The Primary School Years. Pearson Australia.
Widyaningsih, L., & Assidik, G. K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2157–2172. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3701 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3701
Widyawati, S. (2024). Hari Perempuan Internasional 2024: Investasi pada Perempuan, Katalis untuk Pertumbuhan Ekonomi. https://indonesia.un.org/id/262737-hari-perempuan-internasional-2024-investasi-pada-perempuan-katalis-untuk-pertumbuhan-ekonomi
Wulandari, R., & Amir, A. (2023). Identitas Diri Perempuan Novel Bilangan Fu Karya Ayu Utami: Kajian Ginokritik serta Implikasi Pendidikan Karakter. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 265–274. https://doi.org/0000-0002-0464-7544 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.644
Yunita, I. K. M., & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Instagram KEMENKES Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Relevasinya Sebagai Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1205–1212. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1383
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.