Pengembangan E-LKM Dwibahasa Submateri Menulis Puisi Berbasis Profetik dan Lokalitas untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4919
Keywords:
E-LKM, dwibahasa, puisi, profetik, lokalitasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil evaluasi dari produk yang dihasilkan dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mandiri (LKM) dari bentuk cetak manual menjadi E-LKM. Modifikasi yang dilakukan mencakup penggunaan dwibahasa (Bahasa Indonesia dan Inggris) dengan tema profetik dan lokalitas. Proses pengembangan menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian ini adalah E-LKM Dwibahasa Submateri Menulis Puisi yang berbasis situs web. E-LKM terdiri dari lima ikon utama yakni; profil, kata pengantar, CPL, materi dan latihan (10 latihan) seluruh aikon memiliki dua pilihan bahasa. Ikon latihan memiliki dua ikon turunan. Subikon pertama berupa ikon petunjuk yang berisi tautan ke media pembelajaran yang di dalamnya telah disediakan video petunjuk, audio bantuan, dan bonus kaligrafi serta instrumen. Subikon kedua adalah lembar kerja yang terhubung langsung pada link google formulir. E-LKM ini divalidasi para ahli dengan persentase kelayakan ahli media sebesar 82%, ahli materi 91%, dua ahli bahasa sebesar 89%, dan pengguna sebesar 86%. Total persentase kelayakan mencapai angka 87%. Nilai ini termasuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan. Berdasarkan hasil ini diharapkan E-LKM ini dapat membantu proses pembelajaran menulis puisi yang pada akhirnya dapat menghasilkan luaran berupa produk antologi puisi mahasiswa.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Keterampilan Membaca. PT Rafika Aditama.
Agustin, Awaliyah dan Hilda Aqua Kusuma Wardhani. (2022). Pengaruh Media Augmented Realiti (AR) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT RobbaniSintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol.7, No.2, 7- 13 https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952 DOI: https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952
Anisa, Rafika., Siti Zazak Soraya, Dwi Ulfa Nurdahlia. (2021). Konsep Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Kuttab: JurnalIlmu Pendidikan Islam. 93-99 https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.682 DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.682
Arianto, B. 2022. “Pedagogi Digital dalam Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19”. JurnalCerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.2. No.1. 106-123 https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2022.002.01.09 DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2022.002.01.09
Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. KamusBesar Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka
Faizin. (2018). Literasi Budaya Lokal untuk Meminimalisir Gelar Budaya Pemelajar Bipa. Malang. Prosiding SENASBASA hlm. 116-124.
Habiburohman, Muhammad Wildan. Negosiasi Lokalitas dalam Teks Antologi Puisi “Dunia dalam Keping Ingatan” Karya F. Aziz Manna: Sebuah Kajian Poskolonial. Skripsi. Universitas Airlangga
Hadi WM, Abdul. (2004). Hermeutika, Esetetika, dan Religiuisitas Esai-Esai Sastra Sufistik dan Seni Rupa. Yogyakarta: Penerbit Matahari.
Hidayat, Fitria dan Muhamad Nizar. (2021). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasion, and Evaluasion) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam. Vol.1, No.1. 28-37 https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042 DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hikmat, Ade, Nur Aini Puspitasari, Syarif Hidayatullah. (2017). Kajian Puisi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE. (pp. 1-14)
Lestari, Iin Widia, dkk. (2023). Interactive Activity Games Untuk Pembelajaran Kosa kata Bahasa Inggris pada Anak di Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras. PADIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.2, No.2. https://doi.org/10.32665/padimas.v2i2.2294 DOI: https://doi.org/10.32665/padimas.v2i2.2294
Muhajir, Ika Septiana, Ahmad Ripai. (2023). “Pesan Profetik Cerpen Bertema Amplop Kiai, Sebuah Kajian Sosiologis dan Implementasinya dalam Pembelajran Sastra di Sekolah”. TEKS: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol.8, No.1. 245-258. http://dx.doi.org/10.26877/teks.v8i1.15700 DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v8i1.15700
Nugroho, A. (2015). “Pemahaman kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai dasar jiwa nasionalisme”. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015 [Online]. 285-291. http://repository.unib.ac.id/11134/1/29.%20Agung%20Nugroho.pdf
Padang, Fitha Armeinty Lino, dkk. (2022). “Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup”. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol.6, No.1. 38-46 https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46 DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46
Suryani dan Lailatul Fitriyah. 2022. Pengembangan LKM Belajar Mandiri Submateri Menulis Puisi. Prosiding SNIPP 2
Suryani, Hastuti Retno Kuspiyah, Lailatul Fitriyah. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Membaca Pemahaman Literal Berbasis Literasi Kitab Kuning Mahasiswa Program Studi PBSI STKIP Nurul Huda Sukaraja”. Jurnal Geram: Gerakan Aktif Menulis. Vol.8, No.2. 33-40 https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5586 DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5586
Suryani, Saiful Anam, Sundari, Siska. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lembar KerjaMandiri (LKM) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 2 Belitang Jaya OKU Timur. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol.9, No.1. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.154-164 DOI: https://doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.154-164
Wicaksono, Andri. 2019. Apresiasi Puisi Indonesia. Bandar Lampung: AURA
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.