Pengembangan E-LKPD Berbasis QR-Code dengan Model STAD pada Materi Ide Pokok Paragraf di Kelas V Sekolah Dasar

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4976

Authors

  • Nursalim Nursalim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nadia Adillah Harpizon Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ade Niryan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ika Imroatul Jamilah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Khairul Saleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

E-LKPD, QR-Code, STAD, ide pokok, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis QR-Code pada materi ide pokok paragraf di kelas V sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan metode Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik dan guru bahasa Indonesia di empat daerah berbeda di Provinsi Riau yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Pelalawan yang bertotal 196 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas 90,6% (kategori sangat valid), tingkat kepraktisan 93,3% (kategori sangat praktis), dan tingkat keefektifan 95,8% (kategori sangat efektif). Produk ini mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara signifikan. Selain mendukung peningkatan kemampuan literasi siswa, penelitian ini membantu menciptakan materi pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan tuntutan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, A., & Rahmad Wijaya, B. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe STAD untuk Melatihkan Keterampilan Kolaborasi pada Tema 7 Subtema 1 Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 282–295. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2384
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.
Harahap, N. F., & Mailani, E. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis QR-Code Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 14(2), 39–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jh.v14i2.47398
Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Pendidikan Indonesia. Journal of Islamic Education, 8(2), 133–146. https://dx.doi.org/10.31958/jaf.v11i2.10548
Kokasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Mustakim, S., Walanda, D. K., & Gonggo, S. T. (2013). Penggunaan Qr Code Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Pada Kelas X Sma Labschool Untad. Jurnal Akademika Kimia, 2(4), 215–221.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://media.neliti.com/media/publications/104343-ID-none.pdf
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903–913. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/8151/pdf
Plomp, T., & Nieven, N. (2010). An Introduction to Education Design Research.
Qomarudin, A. (2021). Aktivitas pembelajaran sebagai suatu sistem. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 24–34. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional, Development for Trainning Teacher of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University.

Published

2025-01-06

How to Cite

Nursalim, N., Nadia Adillah Harpizon, Ade Niryan, Ika Imroatul Jamilah, & Khairul Saleh. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis QR-Code dengan Model STAD pada Materi Ide Pokok Paragraf di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 179–192. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4976

Issue

Section

Articles

Categories