Analisis Kebutuhan Siswa SMA terhadap E-Modul Interaktif Berbantuan Flipbook berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Menulis Teks Argumentasi
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5011
Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, e-modul interaktif, teks argumentasi, flipbookAbstract
Penelitian ini merupakan tahapan dalam pengembangan e-modul interaktif berbantuan flipbook pada materi menulis teks argumentasi untuk siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa terhadap pembelajaran menulis teks argumentasi. Metode survei dalam metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengukur pandangan dan persepsi siswa terhadap e-modul interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat dalam bentuk pernyataan tertutup dengan rentang penilaian 1 sampai 5. Kuesioner yang disusun ditujukan kepada siswa di dua SMA di Kabupaten Kampar. Teknik pengambilan sampel ini berdasarkan kuota sampling yang ditentukan oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah nilai kategori menjadi skor penilaian dan menganalisis skor tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74,9% siswa kesulitan dalam pembelajaran menulis teks argumentasi dan 87,3% siswa menginginkan pembelajaran menulis teks argumentasi disajikan dengan media yang interaktif, menarik, dan inovatif. Hal ini menunjukkan perlunya penyusunan e-modul interaktif berbantuan flipbook untuk materi menulis teks argumentasi.
Downloads
References
Aegustinawati & Yeti M. (2023). Analisis Pemahaman Guru terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Riksa Bahasa XVII
Charlina, C., Septyanti, E., Mustika, T. P., & Rahmi, A. (2022). Electronic module as learning needs to write exposition texts for junior high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 219-225. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20402
Giyatmi, G. (2020). Teks Argumentasi sebagai Materi Pembelajaran Membaca Kritis (Critical Reading) pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional.
Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 19-26.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E- Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Khasanah, I. N., Anggraeni, D. S. D., Nisya, K., Susanti, R. F. R., Utomo, A. P. Y., & Yulianti, U. H. (2023). Analisis Frasa Verba Dan Frasa Nomina Dalam Teks Argumentasi Pada Buku Ajar Kelas Xi Sma Kurikulum Merdeka. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 333-351. DOI: https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1696
Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021, December). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 4, No. 1, pp. 145-156).
Marto, H. (2021). Modul Elektronik. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 47-58.
Masitoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Jurnal Belaindika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 4(1), 21–27. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80
Prasetyo, M. T. (2020). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Ico Edusha, 1(1), 139-144.
Putri, R. R. R. R., Kaspul, M. Arsyad. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 93-104. DOI: https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.46
Rambe, K., Biologi, J., & Negeri Padang Jl Hamka Air Tawar Padang, U. (2022). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Smartphone tentang Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2).
Rosmiati, S., Prana, D.I., & Dadan, D. (2024). Pengembangan Media Flipbook Audio sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring di Kelas II SD. Jurnal Onoma, 10(3), 2909-2920. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3985
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Siregar, I. A., Situmorang, E., & Saragih, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis argumentasi oleh siswa kelas x sma negeri 2 siborongborong tahun ajaran 2022/2023. Jurnal pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 5(1), 65-73. DOI: https://doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3691
Sulistyaningrum, A., Makmuri, & Abdul Aziz, T. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Logaritma SMA Kelas X. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 69–79. DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.062.09
Suyamto, J. dkk. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Tumiwang, M., Joni J., & Wimsje R. P. (2024). Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tondano. Jurnal Kultura, 2 (10), 743-752. DOI: https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882
Utami, A. D., dkk. (2024). Struktur dan Ciri-Ciri Teks Argumentasi dalam Bahasa Indonesia: Analisism dan Contoh. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 234-243. DOI: https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.845
Werdiningsih, E., & Sutrisno, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Komunikatif bagi Siswa Kelas X SMK Multimedia Nurul Huda Poncokusumo Malang. Likhitaprajna, 21(1), 15-24.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Skripsi. Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.