Inovasi Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Permainan Tradisional Congklak Pintar Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5092

Authors

  • Niswatus Sa'idah Niswatus Sa'idah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Tri Mulya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Laminah Laminah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Siska Mutia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Surmayeni Surmayeni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nur Salim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

rekonstruksi, cerita pendek, cerita mini, naratif, sastra kontemporer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan tradisional "Congklak Pintar" sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD/MI pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Permainan tradisional yang mulai ditinggalkan di era digital ini diintegrasikan dalam pembelajaran untuk melestarikan budaya sekaligus meningkatkan efektivitas belajar. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V di empat sekolah di Provinsi Riau yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test, serta dianalisis menggunakan uji t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan media pembelajaran "Congklak Pintar". Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar (mean) pada pre-test sebesar 52,71. Sementara itu, rata-rata hasil belajar pada post-test mencapai 94,43. Dengan demikian, secara deskriptif terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara pre-test dan post-test, di mana rata-rata pada post-test lebih tinggi daripada pre-test. Rata-rata nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test, yang didukung oleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan tradisional efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kontekstual, serta dapat melestarikan budaya lokal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovasi pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. 4(1), 422–433.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian (Issue Mei).

Kamilatunnuha, F., Hidayah, E., Ananda, C., & Suprapmanto, G. J. (2024). Strategi Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 779–784. DOI: https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3117

Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). inovasi pembelajaran kontekstual pada pembelajaran bahasa indonesia sekolah dasar. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27–36. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93.https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563 DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326

Nasution, F. K., Hasanah, S., Munawwaroh, S., & Anandia, S. (2022). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude), 1(3), 361–364. DOI: https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2615

Pratiwi, A., Bakri, M., & Anggreani, A. V. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas III SD Inpres Daya Makasar. Embrio Pendidikan, 9(1). DOI: https://doi.org/10.52208/embrio.v9i1.973

Puspita, A. M. I. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN 1 Campurdarat.

Rompas, G. P. (2016). Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas Terhadap Nilai Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal EMBA, 1(3), 252–262.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2025-03-17

How to Cite

Niswatus Sa'idah, N. S., Tri Mulya, Laminah, L., Siska Mutia, Surmayeni, S., & Nur Salim. (2025). Inovasi Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Permainan Tradisional Congklak Pintar Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1469–1479. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5092

Issue

Section

Articles

Categories