Pengembangan Bahan Ajar Membaca Teks Non Sastra Menggunakan Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recall / Recite, Review) Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Peserta Didik Kelas 7 SMP IT Darul Azhariyun

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5117

Authors

  • Devira Syabila Harahap Universitas Negeri Medan
  • M. Surif Universitas Negeri Medan
  • Muharrina Harahap Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Teks Non Sastra.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengembangan bahan ajar yang dilakukan terhadap kemampuan membaca teks non siswa kelas VII SMP IT Darul Azhariyun. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII. Sampel dalam penelitian ini ialah dibagi dua, menjadi satu kelas control dan satu kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancar, dan kuseioner. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan Thiagarajaran 4D. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa pengembangan bahan ajar efektif terhadap kemampuan membaca teks non sastra siswa kelas VII SMP IT Darul Azhariyun. keefektivan pengembangan materi menggunakan  bahan ajar ini yang diperoleh datanya dari hasil uji coba kelas kontrol dan eksperimen menunjukan bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai 82.000 atau 82% yang termasuk dalam kategori efektif, sedangkan untuk kelas kontrol mendapatkan nilai 58.000 atau 59% termasuk dalam kategori tidak efektif. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan mododel pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pengembangan ini melalui 4 Tahapan yaitu (define, design, development and dissemination)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi Pq4R Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 355-371. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan bahan ajar.

Sofyan, A. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supardi (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menunju KemandirianPendidik Mendesain Bahan ajar Berbasis Kontekstual. Mataram, Sanabil.

Suryani, Nunuk, dkk, (2020). Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 2003. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trisnaningsih, S., Suyanto, S., & Rahayu, T. (2016). Pengembangan Learning Management System Quipper School pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6), 28-36.

Triyana, Slamet. 2014. Korespondesni Bahasa Indonesia untuk Perpendidikan Tinggi. Kebumen: Mediatera.

Hake, R. R. (2002). Assessment of student learning in introductory science courses. PKAL Roundtable on the future: Assessment in the service of student learning, Duke University, March, 1-3.

Published

2025-01-17

How to Cite

Devira Syabila Harahap, M. Surif, & Muharrina Harahap. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Teks Non Sastra Menggunakan Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recall / Recite, Review) Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Peserta Didik Kelas 7 SMP IT Darul Azhariyun. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 500–506. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5117

Issue

Section

Articles

Categories