Integrasi Metode Pembelajaran Project Based Learning, Outcame Based Education, dan Bermain Peran dengan Model Webinar Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5144

Authors

  • Ilmatus Sa'diyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya
  • Aviolla Terza Damaliana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Adinda Rusdianti Maulani Putri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dea Putri Pascha Febriyanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

project based learning, bermain peran, integrasi metode pembelajara, webinar mini,  keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan uji efektivitas pada penggunaan metode pembelajaran project based learning, outcame based education, dan bermain peran terhadap peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menguji coba integrasi tiga metode secara bersamaan di dalam pembelajaran. Data kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, metode ini mengajak mahasiswa untuk secara langsung berbicara di depan publik. Melalui project based learning, mahasiswa dipandu untuk mengadakan kegiatan webinar mini. Secara langsung, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman nyata berbicara di depan publik menghasilkan video materi webinar dan modul materi secara singkat sebagai luaran pembelajaran di kelas. Sementara itu, melalui bermain peran, mahasiswa menjadi narasumber, moderator, MC, pembaca doa, dan pengarah kuis dalam kegiatan webinar. Mahasiswa juga mencari peserta di luar kelas untuk hadir dalam acara webinar. Setelah uji coba, nilai rata-rata sebelum pelaksanaan metode adalah 65, sementara setelah metode diterapkan, nilai rata-rata meningkat menjadi 85. Kemudian, integrasi metode ini efektif dilaksanakan karena mahasiswa menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., & Triyanto. (2021). The Role Of Role-Playing Method In Improving Students’ Communication Skills. Journal Of Education And Learning, 10(2), 45–58.

Ali, L. U., & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan. Society: Jurnal Jurusan Tadris IPS, 11(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.20414/Society.V11i1.2297 DOI: https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2297

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Science And Social Research, 2(1), 7–11. DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v1i2.28090

Brown, H. D. (2007). Principles Of Learning & Teaching Languages (4th Ed.). New York: Pearson Education.

Darmuki, A., & Hidayati, N. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT Pada Mahasiswa Tingkat I-A PBSI Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 9. Https://Doi.Org/10.30734/Jpe.V6i2.453 DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.453

Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. Https://Doi.Org/10.53624/Ptk.V3i2.177 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177

Harden, R. M. (2020). Outcome-Based Education: The Future Of Learning? Medical Teacher, 42(7), 789–795.

Hidayati, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Berbicara. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 322–335. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V5i1.6870 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6870

Iswatiningsih, D., Fauzan, F., Dluhayati, D., & Karunia Lestari, Y. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1), 141–156. Retrieved From Https://Scholar.Google.Co.Id/Citations?View_Op=View_Citation&Hl=Id&User=Gkbcjyuaaaaj&Citation_For_View=Gkbcjyuaaaaj:_Kc_Bzdyksqc

Kurniati, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona, 3(2), 224–232. Https://Doi.Org/10.26638/Jp.450.2080 DOI: https://doi.org/10.26638/jp.450.2080

Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2019). Project-Based Learning: Teaching Students To Think Critically And Creatively. ASCD.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal Of Action Research, 1(2), 315–327. Https://Doi.Org/10.14421/Ijar.2022.12-21 DOI: https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mustika, N., & Lestari, R. (2020). Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Stikes Perintis Padang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 202–209. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i2.125 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.125

Nasution, A. T., Munip, A., Rohmi, P., & Rizky, V. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Role Playing Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Mahasiswa. Pendas : Jurnal Ilmiahpendidikan Dasar, 08(03), 2732–2744.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. DOI: https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sb, N. S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pgsd Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity Dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikana & A (Semarang), 35(1), 83–94. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.15095

Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i2.2041 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2041

Purwadi, A. J., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Melalui Praktik Berpidato Dan Praktik Bercerita Menggunakan Video Pembelajaran Praktik Berbicara. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 373–397. Https://Doi.Org/10.31540/Silamparibisa.V4i2.1480 DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1480

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.274 DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.274

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V25i2.4221 DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Santos, C., Rybska, E., Klichowski, M., Jankowiak, B., Jaskulska, S., Domingues, N., … Rocha, J. (2023). Science Education Through Project-Based Learning: A Case Study. Procedia Computer Science, 219(2022), 1713–1720. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2023.01.465 DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.465

Simanjuntak, M., Sitepu, C. P., Ginting, P. V. B., & ... (2023). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Outcome Based Education (OBE) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP Negeri …. Innovative: Journal Of …, 3, 7013–7027. Retrieved From Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/1180%0Ahttps://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/Download/1180/889

Sirad, M. C., & Choiruddin. (2025). Pendampingan Program Daurah Tadribiyyah Native Speaker Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Produktif Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung Mochamad. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(1), 36–50. Https://Doi.Org/10.59818/Jpm.V5i1.1005

Waenawae, W., & Suyata, P. (2015). Keefektifan Metode Diskusi Kelompok Dan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Thammasat University, Thailand. LingTera, 2(1), 84–92. DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i1.5410

Published

2025-02-10

How to Cite

Ilmatus Sa'diyah, Ahmadi, A., Damaliana, A. T., Putri, A. R. M. ., & Febriyanti, D. P. P. . (2025). Integrasi Metode Pembelajaran Project Based Learning, Outcame Based Education, dan Bermain Peran dengan Model Webinar Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1021–1036. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5144

Issue

Section

Articles

Categories