Integrasi Metode Pembelajaran Project Based Learning, Outcame Based Education, dan Bermain Peran dengan Model Webinar Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5144
Keywords:
project based learning, bermain peran, integrasi metode pembelajara, webinar mini, keterampilan berbicaraAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk melakukan uji efektivitas pada penggunaan metode pembelajaran project based learning, outcame based education, dan bermain peran terhadap peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menguji coba integrasi tiga metode secara bersamaan di dalam pembelajaran. Data kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, metode ini mengajak mahasiswa untuk secara langsung berbicara di depan publik. Melalui project based learning, mahasiswa dipandu untuk mengadakan kegiatan webinar mini. Secara langsung, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman nyata berbicara di depan publik menghasilkan video materi webinar dan modul materi secara singkat sebagai luaran pembelajaran di kelas. Sementara itu, melalui bermain peran, mahasiswa menjadi narasumber, moderator, MC, pembaca doa, dan pengarah kuis dalam kegiatan webinar. Mahasiswa juga mencari peserta di luar kelas untuk hadir dalam acara webinar. Setelah uji coba, nilai rata-rata sebelum pelaksanaan metode adalah 65, sementara setelah metode diterapkan, nilai rata-rata meningkat menjadi 85. Kemudian, integrasi metode ini efektif dilaksanakan karena mahasiswa menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka.
Downloads
References
Abduh, M., & Triyanto. (2021). The Role Of Role-Playing Method In Improving Students’ Communication Skills. Journal Of Education And Learning, 10(2), 45–58.
Ali, L. U., & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan. Society: Jurnal Jurusan Tadris IPS, 11(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.20414/Society.V11i1.2297 DOI: https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2297
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Science And Social Research, 2(1), 7–11. DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v1i2.28090
Brown, H. D. (2007). Principles Of Learning & Teaching Languages (4th Ed.). New York: Pearson Education.
Darmuki, A., & Hidayati, N. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT Pada Mahasiswa Tingkat I-A PBSI Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 9. Https://Doi.Org/10.30734/Jpe.V6i2.453 DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.453
Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. Https://Doi.Org/10.53624/Ptk.V3i2.177 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177
Harden, R. M. (2020). Outcome-Based Education: The Future Of Learning? Medical Teacher, 42(7), 789–795.
Hidayati, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Berbicara. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 322–335. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V5i1.6870 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6870
Iswatiningsih, D., Fauzan, F., Dluhayati, D., & Karunia Lestari, Y. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1), 141–156. Retrieved From Https://Scholar.Google.Co.Id/Citations?View_Op=View_Citation&Hl=Id&User=Gkbcjyuaaaaj&Citation_For_View=Gkbcjyuaaaaj:_Kc_Bzdyksqc
Kurniati, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. Jurnal Pesona, 3(2), 224–232. Https://Doi.Org/10.26638/Jp.450.2080 DOI: https://doi.org/10.26638/jp.450.2080
Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2019). Project-Based Learning: Teaching Students To Think Critically And Creatively. ASCD.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal Of Action Research, 1(2), 315–327. Https://Doi.Org/10.14421/Ijar.2022.12-21 DOI: https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mustika, N., & Lestari, R. (2020). Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Stikes Perintis Padang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 202–209. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i2.125 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.125
Nasution, A. T., Munip, A., Rohmi, P., & Rizky, V. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Role Playing Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Mahasiswa. Pendas : Jurnal Ilmiahpendidikan Dasar, 08(03), 2732–2744.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. DOI: https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384
Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sb, N. S. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pgsd Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity Dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikana & A (Semarang), 35(1), 83–94. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.15095
Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i2.2041 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2041
Purwadi, A. J., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Melalui Praktik Berpidato Dan Praktik Bercerita Menggunakan Video Pembelajaran Praktik Berbicara. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 373–397. Https://Doi.Org/10.31540/Silamparibisa.V4i2.1480 DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1480
Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.274 DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.274
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V25i2.4221 DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Santos, C., Rybska, E., Klichowski, M., Jankowiak, B., Jaskulska, S., Domingues, N., … Rocha, J. (2023). Science Education Through Project-Based Learning: A Case Study. Procedia Computer Science, 219(2022), 1713–1720. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2023.01.465 DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.465
Simanjuntak, M., Sitepu, C. P., Ginting, P. V. B., & ... (2023). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Outcome Based Education (OBE) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP Negeri …. Innovative: Journal Of …, 3, 7013–7027. Retrieved From Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/1180%0Ahttps://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/Download/1180/889
Sirad, M. C., & Choiruddin. (2025). Pendampingan Program Daurah Tadribiyyah Native Speaker Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Produktif Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab STAI KH. Muhammad Ali Shodiq Tulungagung Mochamad. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(1), 36–50. Https://Doi.Org/10.59818/Jpm.V5i1.1005
Waenawae, W., & Suyata, P. (2015). Keefektifan Metode Diskusi Kelompok Dan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Thammasat University, Thailand. LingTera, 2(1), 84–92. DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i1.5410
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.