Tingkat Penguasaan Ejaan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Madiun

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5198

Authors

  • Yayan Dwi Canggih Prambogo Universitas PGRI Madiun
  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun

Keywords:

penguasaan ejaan, perkembangan bahasa, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penguasaan ejaan siswa sekolah dasar di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melibatkan siswa kelas IV, V, dan VI dari beberapa sekolah dasar sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang mencakup aspek-aspek ejaan, seperti penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan ejaan siswa berada pada kategori sedang, dengan beberapa kesalahan dominan pada penggunaan tanda baca dan huruf kapital. Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penguasaan ejaan meliputi pemahaman siswa terhadap aturan ejaan, frekuensi pembelajaran ejaan di kelas, serta dukungan lingkungan belajar. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan pembelajaran ejaan yang lebih interaktif dan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami dan menerapkan aturan ejaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Lukman. 2000. Sejarah Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BNSP.

Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Keduataan Besar Amerika Serikat.

Clark, Herbert H. dan Clark Eve V. 1977. Psycology and Language: an Introduction to Psycolinguistics. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Publishers.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2012. Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Surabaya: Bintang Surabaya.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogjakarta: Duta Wacana University Press.

Yulianto, Bambang. 2001. “Perkembangan Fonologis Tuturan Bahasa Indonesia Anak: Suatu Tinjauan Berdasarkan Fonologi Generatif.” Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: FPS IKIP Malang.

Yulianto, Bambang. 2008. Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Yulianto, Bambang. 2009. Penuntun Praktis Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Surabaya: Unesa University Press.

Yulianto, Bambang. 2009. Perkembangan Fonologis Bahasa Anak. Surabaya: Unesa University Press.

Published

2025-01-18

How to Cite

Prambogo, Y. D. C. ., & Maruti, E. S. (2025). Tingkat Penguasaan Ejaan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Madiun. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 532–541. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5198

Issue

Section

Articles

Categories