Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Interaksi Pedagang dan Pembeli di Pasar Tradisional

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5209

Authors

  • Nur Khadijah Razak Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, pasar tradisional, komunikasi sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi yang terjadi dalam interaksi antara pedagang dan pembeli di pasar tradisional. Pasar Karuwisi Makassar, sebagai ruang sosial yang dinamis, menjadi tempat berlangsungnya berbagai bentuk komunikasi yang memengaruhi proses jual beli. Tindak tutur ilokusi berhubungan dengan maksud atau tujuan yang terkandung dalam sebuah perintah, permintaan, atau tawaran. Di sisi lain, tindak tutur lokusi merujuk pada ungkapan yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara eksplisit. Adapun tindak tutur perlokusi menitikberatkan pada efek yang ditimbulkan oleh ucapan tersebut terhadap respons pendengar. Pola komunikasi antara pedagang dan pembeli ini dipengaruhi oleh aspek sosial, budaya, dan ekonomi yang khas di lingkungan pasar tradisional. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa memahami ketiga komponen tindak tutur ini sangat penting untuk menjelaskan bagaimana percakapan di Pasar Karuwisi Makassar berperan tidak hanya sebagai sarana transaksi, tetapi juga sebagai medium untuk membangun hubungan sosial dan budaya antara pedagang dan pembeli. Penelitian ini memberikan perspektif mendalam tentang kompleksitas komunikasi di pasar tradisional, yang melibatkan tidak hanya aspek ekonomi, tetapi juga dimensi sosial yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, I. (2017). Pemahaman konseptual pasar tradisional di perkotaan. Cakra Wisata, 18(2).

Austin, J. L. (1962). How to Do Things with Words. Harvard University Press.

Lestari, L. A., Botifar, M., & Iskandar, Z. (2022). Tindak Tutur Jual Beli di Pasar Atas Kabupaten Rejang Lebong (Kajian Pragmatik) (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Levinson, S. C. (1983). Pragmatics. Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511813313

Puspitasari, R., Dewi, E. M., Fahonah, A. N. N., Sari, V. W., Maharani, A., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Daftar Putar Ruang BK pada Channel YouTube Cerdas Berkarakter Kemendikbud RI. Sintaksis: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, 2(1), 24-44. DOI: https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.246

Qolbi, A. U., Awali, H., Stiawan, D., & Devy, H. S. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah Pada Pasar Tradisional Di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19-30.

Razak, Khadijah Nur. 2023. Pragmatik Berbasis Blended Learning. Solok: Insan Cendikia Mandiri Group.

Ridwan, M. H., & Riza, M. A. (2021). Analisis Tindak Tutur Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Sumberayu Muncar Banyuwangi (Kajian Pragmatik) Tahun 2020. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(01), 1-23. DOI: https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.726

Searle, J. R. (1969). Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781139173438

Published

2025-01-13

How to Cite

Nur Khadijah Razak. (2025). Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Interaksi Pedagang dan Pembeli di Pasar Tradisional. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 376–386. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5209

Issue

Section

Articles

Categories