Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5226
Keywords:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Bahasa DaerahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan multimedia interaktif, mendesain pengembangan multimedia interaktif dan mengukur tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development yang difokuskan untuk mengembangkan multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yakni: analysis, design, development, implement, dan evaluate. Penelitian dilaksanakan di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros dengan subjek penelitian 28 siswa dan 1 guru mata Pelajaran Bahasa Daerah. multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli isi materi dan valid oleh ahli media dan desain. Tingkat kepraktisannya diukur dari angket respon oleh guru dan siswa dan dari kedua penilaian dinyatakan sangat praktis. Tingkat keefektifan multimedia interaktif diukur dengan pretest dan posttest yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar sehingga dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran menjadikan kegiatan belajar mengajar dapat di dalam atau di luar ruang kelas, memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan sumber belajar. Multimedia interaktif akan membantu siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, dan menjadikan guru sebagai fasilitator yang memberikan kemudahan kepada siswa untuk belajar. Dengan multimedia interaktif pembelajaran berbantuan android, siswa dapat belajar sesuai sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan minat siswa. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif Bahasa Daerah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Alim, B., Nurhikmah, & Arismunandar. (2023). Development Of A Web-Based Digital Mathematics Book For Class VII Odd Semester Of SMPN 5 Watansoppeng: Pengembangan Buku Digital Matematika Berbasis Web Kelas VII Semester Ganjil Smpn 5 Watansoppeng. MaPan, 11(1), 120 135. https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n1a8 DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n1a8
A Pribadi, B. (2023). Teknologi pendidikan: Desain dan konsep esensial. PT Raja Grafindo Persada.
Amaliah, A., Raya, J. M., & Makassar, K. (2022). Uji Praktis E-Book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. 1(1), 67– 74. doi:10.23969/biosfer.v7i1.5630 DOI: https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5630
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108 DOI: https://doi.org/10.21009/1.03108
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 4, 72–80.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Gava Media
Devega, A. T. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Cv Batam Publisher.
Ferlianti, S., Rusdiana, D., Suwarma, I. R., & Nurbani, A. R. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif SAC pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 13–24. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.479 DOI: https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.479
Iskandar, M. Y., Bentri, A., Hendri, N., Engkizar, E., & Efendi, E. (2023). Integrasi Multimedia Interaktif Berbasis Android dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5021 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5021
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912
Maisarah, Mesra, R., Agustina, P., Narayanti, P. S., Mayasari, Suyuti, Saptadi, N.
T. S., Wibowo, M. A., Tandirerung, V. A., Imbar, M., Ananingsih, V. K., & Salem, V. E. T. (2023). Media Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka.
Meliyani, K., & Tirtayani, L. A. (2022). Buku Digital Berbasis Literasi pada Tema Binatang untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47182
Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research& Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication.
Sartono, E. K. E., Ambarsari, R., & Herwin, H. (2022). Interactive Multimedia Based on Indonesian Cultural Diversity in Civics Learning in Elementary Schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1192–1203. DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v17i4.7136
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps
Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 012070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070
Vagg, T., Balta, J. Y., Bolger, A., & Lone, M. (2020). Multimedia in Education: What do the Students Think? Health Professions Education, 6(3), 325–333. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2020.04.011 DOI: https://doi.org/10.1016/j.hpe.2020.04.011
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.