Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5226

Authors

  • Yusri Yusuf Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikmah H Universitas Negeri Makassar
  • Pattaufi Pattaufi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, Bahasa Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan multimedia interaktif, mendesain pengembangan multimedia interaktif dan mengukur tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development yang difokuskan untuk mengembangkan multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yakni: analysis, design, development, implement, dan evaluate. Penelitian dilaksanakan di SDN 57 Bulu-Bulu Kabupaten Maros dengan subjek penelitian 28 siswa dan 1 guru mata Pelajaran Bahasa Daerah. multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli isi materi dan valid oleh ahli media dan desain. Tingkat kepraktisannya diukur dari angket respon oleh guru dan siswa dan dari kedua penilaian dinyatakan sangat praktis. Tingkat keefektifan multimedia interaktif diukur dengan pretest dan posttest yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar sehingga dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran menjadikan kegiatan belajar mengajar dapat di dalam atau di luar ruang kelas, memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan sumber belajar. Multimedia interaktif akan membantu siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, dan menjadikan guru sebagai fasilitator yang memberikan kemudahan kepada siswa untuk belajar. Dengan multimedia interaktif pembelajaran berbantuan android, siswa dapat belajar sesuai sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan minat siswa.  Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif Bahasa Daerah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, B., Nurhikmah, & Arismunandar. (2023). Development Of A Web-Based Digital Mathematics Book For Class VII Odd Semester Of SMPN 5 Watansoppeng: Pengembangan Buku Digital Matematika Berbasis Web Kelas VII Semester Ganjil Smpn 5 Watansoppeng. MaPan, 11(1), 120 135. https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n1a8 DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n1a8

A Pribadi, B. (2023). Teknologi pendidikan: Desain dan konsep esensial. PT Raja Grafindo Persada.

Amaliah, A., Raya, J. M., & Makassar, K. (2022). Uji Praktis E-Book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. 1(1), 67– 74. doi:10.23969/biosfer.v7i1.5630 DOI: https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5630

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108 DOI: https://doi.org/10.21009/1.03108

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 4, 72–80.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

Devega, A. T. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Cv Batam Publisher.

Ferlianti, S., Rusdiana, D., Suwarma, I. R., & Nurbani, A. R. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif SAC pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 13–24. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.479 DOI: https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.479

Iskandar, M. Y., Bentri, A., Hendri, N., Engkizar, E., & Efendi, E. (2023). Integrasi Multimedia Interaktif Berbasis Android dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5021 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5021

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Maisarah, Mesra, R., Agustina, P., Narayanti, P. S., Mayasari, Suyuti, Saptadi, N.

T. S., Wibowo, M. A., Tandirerung, V. A., Imbar, M., Ananingsih, V. K., & Salem, V. E. T. (2023). Media Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka.

Meliyani, K., & Tirtayani, L. A. (2022). Buku Digital Berbasis Literasi pada Tema Binatang untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47182

Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research& Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication.

Sartono, E. K. E., Ambarsari, R., & Herwin, H. (2022). Interactive Multimedia Based on Indonesian Cultural Diversity in Civics Learning in Elementary Schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1192–1203. DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v17i4.7136

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps

Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 012070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070

Vagg, T., Balta, J. Y., Bolger, A., & Lone, M. (2020). Multimedia in Education: What do the Students Think? Health Professions Education, 6(3), 325–333. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2020.04.011 DOI: https://doi.org/10.1016/j.hpe.2020.04.011

Published

2025-02-18

How to Cite

Yusri Yusuf, Nurhikmah H, & Pattaufi, P. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1166–1173. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5226

Issue

Section

Articles

Categories