Tingkat Literasi Digital: Kemampuan Mahasiswa dalam Menganalisis Berita Hoaks

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5277

Authors

  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hafid Universitas Negeri Makassar
  • Asriadi Asriadi Universitas Negeri Makassar
  • Asis Nojeng Universitas Negeri Makassar

Keywords:

literasi digital, berita hoaks, media sosial

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tingkat literasi digital mahasiswa dalam menganalisis berita hoaks. Tujuan utama dari penelitian ini, yaitu untuk mengukur tingkat literasi digital mahasiswa dalam menganalisis berita hoaks di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskripstif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket atau kuesioner yang diisi oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital mahasiswa dalam menganalisis berita hoaks berada pada kategori menengah hingga tinggi. Mahasiswa umumnya sudah memiliki pemahaman dasar tentang literasi digital, seperti kemampuan mengenali sumber informasi yang kredibel, memahami cara verifikasi informasi, dan penggunaan media sosial dengan lebih bijak. Namun, masih terdapat sebagian mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi berita hoaks secara cepat dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya, 4(2), 1–15.

Adhiarso, D. S., Utari, P., & Hastjarjo, S. (2018). The Influence of News Construction and Netizen Response to the Hoax News in Online Media. Jurnal The Messenger, 10(2), 162–173. https://doi.org/10.26623/themessenger.v10i2.782 DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v10i2.782

Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., Wijayanto, X. A., Desiana, F., & Astuti, S. I. (2021). Aman Bermedia Digital (Kementeria; G. J. Adikara & N. Kurnia, ed.). Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

Alfyonita, D., & Nasionalita, K. (2019). Konstruksi Identitas Generasi Millennial Di Kota Bandung Dalam Media Sosial Instagram Identity Construction Of Millennial Generation In Bandung On Instagram.

Aminah, A., & Sari, N. (2019). Dampak Hoax di Media Sosial Facebook Terhadap Pemilih Pemula. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 11. doi:10.24815/jkg.v8i1.13565 DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13565

APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Retrieved from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf.

Arrochmah, N. P., & Nasionalita, K. (2020). Kesenjangan Digital Antara Generasi X dan Y di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i1.97 DOI: https://doi.org/10.17933/diakom.v3i1.97

Astuti, Y., Attaymini, R., Dewi, M., & Zuhri, A. (2023). Combating the disinfodemic and spreading digital literacy in indonesia: analyzing japelidi's #japelidivshoakscovid19 campaign. Channel Jurnal Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.12928/channel.v11i1.179 DOI: https://doi.org/10.12928/channel.v11i1.179

Ayyıldız, P., Yılmaz, A., & Baltaci, H. (2021). Exploring digital literacy levels and technology integration competence of turkish academics. International Journal of Educational Methodology, 7(1), 15-31. https://doi.org/10.12973/ijem.7.1.15 DOI: https://doi.org/10.12973/ijem.7.1.15

Budiati, I. D. (2018). Profil Generasi Milenial.

Danil, M. (2020). Pentingnya Memahami Peran Metodologi Studi Islam Terhadap Generasi Milenial di Era Digitalisasi. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(2), 223–230. DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13082

Darmawan, M. and Wenerda, I. (2022). Digital literacy as the basis for the use of digital wallets during covid-19 pandemic. Channel Jurnal Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.12928/channel.v10i2.157 DOI: https://doi.org/10.12928/channel.v10i2.157

Deal, J. J., Altman, D. G., & Rogelberg, S. G. (2010). Millennials at Work: What We Know and What We Need to Do (If Anything). Journal of Business Psychology, 25, 191-199. http://dx.doi.org/10.1007/s10869-010-9177-2 DOI: https://doi.org/10.1007/s10869-010-9177-2

Fathia, W., Ratmiati, R., Habibra, M., Indriyani, V., & Putri, H. (2022). Student digital literacy competence in the era of the covid-19 pandemic.. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2021.2319501 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2021.2319501

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.

Haliq, A., Zamzani, Wiedarti, P., & Akhiruddin (2023). Self-acces in digital literacy: evaluating the quality of information and reliability of sources in writing academic essay. Interference Journal of Language Literature and Linguistics, 4(1), 86. https://doi.org/10.26858/interference.v4i1.44561 DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v4i1.44561

Jati, W. D. P. J. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial Terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091 DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091

Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan

Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2), 142. https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28586 DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28586

Kominfo. (2017). Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media

Kominfo. (2019). Kominfo Jaring 771 Konten Hoax, Mayoritas Terkait Politik Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/17071/kominfo-jaring-771-konten-hoax-mayoritas-terkait-politik/0/sorotan_media

Limilia, P., Gelgel, R., & Rahmiaji, L. (2022). Digital literacy among z generation in indonesia.. https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.01.02.1 DOI: https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.01.02.1

Martin, A. (2006). Literacies for the digital age: Preview of Part 1. Digital Literacies for Learning, 3–25. DOI: https://doi.org/10.29085/9781856049870.003

Martin, A., & Grudziecki, J. (2006). DigEuLit: Concepts and Tools for Digital Literacy Development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, 5(4), 249–267. https://doi.org/10.11120/ital.2006.05040249 DOI: https://doi.org/10.11120/ital.2006.05040249

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rifda, A. (2021). 15 Contoh Berita Hoaks yang Pernah Beredar di Indonesia. https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-berita-hoaks/#11_Berita_Hoaks_Makanan_Mengandung_Plastik_atau_Lilin

Purbo, O. W. (2018). Narrowing the Digital Divide. In Digital Indonesia. 5. 75–92. https://doi.org/10.1355/9789814786003-011 DOI: https://doi.org/10.1355/9789814786003-011

Rahmawati, D., Mulyana, D., Lumakto, G., Viendyasari, M., & Anindhita, W. (2021). Mapping disinformation during the covid-19 in indonesia: qualitative content analysis. Jurnal Aspikom, 6(2), 222. https://doi.org/10.24329/aspikom.v6i2.907 DOI: https://doi.org/10.24329/aspikom.v6i2.907

Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943 DOI: https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943

Setiawan, R. (2020). Karakteristik Dasar Literasi Digital Dan Relasi Sosial Generasi Milenial Banten. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 4(2), 153–173. https://doi.org/10.24198/jsg.v4i2.27540 DOI: https://doi.org/10.24198/jsg.v4i2.27540

Setyowati, D. (2020). Pengguna Internet Indonesia Naik Jadi 196,7 Juta, Peluang Bagi Startup.

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327 DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327

Sitepu, Y. and Rajagukguk, M. (2022). Digital literacy competence survey in medan city. Jurnal Aspikom, 7(1), 173. https://doi.org/10.24329/aspikom.v7i1.1067 DOI: https://doi.org/10.24329/aspikom.v7i1.1067

Utaminingsih, E. (2023). A systematic review: digital literacy for strengthening character in facing the era of society 5.0. Research and Development Journal of Education, 9(2), 638. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15173 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15173

Zorn, R. L. (2017). Coming in 2017: A New Generation of Graduate Students—The Z Generation. College and University; Washington, 92(1), 61.

Published

2025-04-10

How to Cite

Abdul Haliq, Abdul Hafid, Asriadi, A., & Asis Nojeng. (2025). Tingkat Literasi Digital: Kemampuan Mahasiswa dalam Menganalisis Berita Hoaks. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1852–1868. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5277

Issue

Section

Articles

Categories