Analisis Penggunaan Majas Hiperbola pada Iklan Produk Makanan dan Minuman Perancis
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5301
Keywords:
semiotika, gaya bahasa, majas hiperbola, iklan, bahasa perancisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) makna dari majas hiperbola pada iklan produk makanan dan minuman Perancis, dan (b) pengaruh majas hiperbola pada iklan produk makanan dan minuman Perancis berdasarkan teori iklan AIDCA yang dikemukakan oleh Kasali dan Kotler, dkk. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu: (1) teknik simak, dan (2) teknik catat. Sedangkan untuk analisis data, penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: (1) reduksi data, dimana peneliti menyederhakan dan merangkum data hingga hanya data-data relevan yang tersisa, (2) penyajian data, dimana peneliti menampilkan data dalam bentuk yang mudah dipahami, dan (3) penarikan kesimpulan, dimana peneliti memberikan kesimpulan dari data-data telah dianalisis. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari aplikasi Pinterest. Dari hasil reduksi, terdapat 30 iklan yang mengandung majas hiperbola dari total 80 iklan produk makanan dan minuman Perancis yang ditemukan di Pinterest. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa majas hiperbola memiliki makna yang berpengaruh pada kriteria iklan yang baik berdasarkan teori AIDCA yang dikemukakan oleh Kasali dan Kotler, dkk.
Downloads
References
Atik, Z. (2020). Analisis Gaya Bahasa Kiasan Perspektif Gorys Keraf pada Lirik Lagu Iwan Fals (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.
Baan, A., & Pago, A. M. (2022). Penggunaan Majas Hiperbola Pada Katalog Oriflame Edisi Bulan Maret–April 2020. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 617-625. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i4.502
Barthes, R. (2017). Elemen-elemen semiologi. BASABASI
Diakses 29 Agustus 2024 DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i2.4814
Efendi, E., Siregar, I. M., & Harahap, R. R. (2024). Semiotika Tanda dan Makna. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 154-163. DOI: https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3329
Gorys Keraf, D. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Hardini, T. I., Widyastuti, T., & Awaliah, Y. R. (2018). Peran bahasa Indonesia, daerah, dan asing dalam strategi pemasaran kue artis di kota Bandung.
Hasbullah, M. (2020). Hubungan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam Berkomunikasi. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 106-124. DOI: https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3712
Iye, R., Susiati, S., & Karim, K. (2020). Citra perempuan dalam iklan sabun Shinzui. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i1.529
Jadidah, I. T., Canavallia, B. G., Anggraini, E. A., Anjani, A. P., & Awaliyah, A. N. (2023). Analisis dampak penggunaan media sosial terhadap pengetahuan kosakata bahasa indonesia dan kosakata bahasa asing di kalangan siswa sekolah dasar. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01), 74-83. DOI: https://doi.org/10.62668/jimr.v2i01.635
Kasali, Rhenald., (1995), Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Grafiti, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller . 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Kriyantono, R. (2015). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Universitas Brawijaya Press.
Kurniawati, K., Nilasari, B. M., Emilisa, N., & Rahayu, F. (2022). Strategi Pemasaran Iklan Digital dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Online. Jurnal Abdikaryasakti, 2(2), 137-150. DOI: https://doi.org/10.25105/ja.v2i2.14187
Mahdiya, S. G., & Pulungan, R. (2023). Penggunaan Majas Hiperbola pada Iklan Produk
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.
Office québécois de la langue française. (n.d.). L’hyperbole : figure de style jouant sur le sens des mots. Vitrine linguistique. Tersedia: https://vitrinelinguistique.oqlf.gouv.qc.ca/23212/la-redaction-et-la-communication/figures-de-style/figures-jouant-sur-le-sens/lhyperbole
Piliang, Y. A. (2012). Semiotika dan hipersemiotika: kode, gaya & matinya makna. Matahari.
Siswati, E. (2014). Representasi domestikasi perempuan dalam iklan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2). DOI: https://doi.org/10.24002/jik.v11i2.417
Syawalina, L. (2023). Development of the French language curriculum for special purposes (Français sur Objective Spécifique/FOS) in the field of tourism through a functional DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v20i1.54257
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. ANGKASA CV
Zaimar, O. K. S. (2002). Majas dan pembentukannya. Makara Human Behavior Studies in Asia, 6(2), DOI: https://doi.org/10.7454/mssh.v6i2.38
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.