Eksplorasi Aspek Kejiwaan Karakter Tokoh Seon Yoonjae dalam Novel Almond Karya Sohn Won-Pyung: Pendekatan Psikologi Sastra
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5330
Keywords:
perkembangan kepribadian, psikoanalisis, novelAbstract
Perkembangan kepribadian adalah proses perubahan dan ppertumbuhan yang dialami oleh seseorang dalam hidupnya, yang melibatkan aspek psikologis sehingga mempengaruhi cara individu berpikir, merasakan emosi, dan bertindak. Perkembangan ini mencakup perubahan perilaku, emosi, dan cara individu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perkembangan kepribadian yang dialami karakter utama bernama Seon Yoonjae dalam novel Almond yang sedari kecil mengalami keterasingan emosi hingga ia beranjak remaja. Hal ini mengacu pada teori psikoanalisis Jacques Lacan yang berfokus pada psikologis manusia yang mengalami perkembangan kepribadian dalam dirinya melalui fase real, fase imajiner, dan fase simbolik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan mengenai fase-fase perkembangan kepribadian tokoh utama dalam novel Almond, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan teknik baca catat. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menghasilkan 11 data berupa dialog dan narasi dalam novel. Pada fase real, ditemukan 3 data yang menunjukkan bahwa Seon Yoonjae berada dalam kondisi keterasingan emosi yang mulai terungkap sejak berusia 6 tahun. Pada fase imajiner, ditemukan 3 data yang menggambarkan bahwa Seon Yoonjae telah memasuki tahap awal pengenalan terhadap emosinya sendiri dan mulai menyadari keberadaannya sebagai individu yang terpisah. Sementara itu, pada fase simbolik, terdapat 5 data yang mengungkapkan bahwa Seon Yoonjae telah mampu merasakan mengeskpresikan emosinya secara lebih jelas
Downloads
References
Anisa, P., & Munir, S. (2022). Psikologi Sastra Dalam Novel Almond Karya Sohn Won Pyung. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 267-274. DOI: https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7862
Anwar, H., Yanti, N., Zulfahmi, Turama, A. R., & Fitri, K, D. (2023). Identitas Tokoh Hisam pada Cerpen “Burung Nasar dan Kutukan Korban Kesembilan” Karya Ben Sohib: Analisis Psikologi Sastra Lacanian. Jurnal Bahasa dan Sastra, 17(2), 39-47. DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v17i2.32997
Melati, T. S., Warisma, P., & Ismayani, M. (2019). Analisis Konflik Tokoh dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 229-238.
Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Pyung, S. W. (2019). Almond. Jakarta: PT Grasindo.
Qadriani, N., & Khatimah, S. (2023). Identitas Diri Tokoh Utama dalam Novel Isabel, The Jewel From Constantinople Karya Deasylawati P. (Teori Psikoanalisis Lacan). Canon: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra, 1(1), 43-56.
Sahtyaswari, R. C. (2018). Mekanisme Pembentukan Subjek pada Tokoh Jayanegara dalam Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari (Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan). Jurnal Bapala, 01(01), 0-14.
Sartika, E., Kau, M. U., Asmagvira, A., & Ali, A. H. (2022). Analisis Pendekatan Psikologi Sastra dalam Novel Re: dan Perempuan. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 12(2), 1-8.
Suminto, & Irawati, R. P. (2009). Pengantar Memahami Sastra. Kan Sasana Printer.
Suminto, &. I. (2009). Pengantar Memahami Sastra. Kan Sasana Publisher.
Susanto, A., Nadia, L., & Rachmawati, K. (2024). Arketipe Tokoh Lail dalam Novel “Hujan” Karya Tere Liye: Kajian Psikologi Sastra. AKSARABACA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(2), 206-219. DOI: https://doi.org/10.47313/aksarabaca.v2i2.3173
Susanto, D. (2012). Pengantar Teori Sastra. Publishing Service.
Nadiawati, D. (2021). Psikoanalisis Lacan Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.