Pengaruh Metode Montessori Berbantuan Media Sandpaper Letters terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5333
Keywords:
membaca dan menulis permulaan, metode Montessori, sandpaper letters, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan menggunakan metode Montessori berbantuan media sandpaper letters pada siswa kelas 1 sekolah dasar dan untuk melihat implementasi metode Montessori berbantuan media sandpaper letters dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menerapkan desain studi Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SD Negeri 011 Peranap. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas 1A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvesional, dan kelas 1B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Montessori berbantuan media sandpaper letters. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji mann-whitney dan uji NGain ternormalisasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Asymp.Sig 0,000. Akibatnya H1 diterima jika Asymp.Sig < 0,05. Maka dapat dikatakan nilai sig lebih kecil dari < 0,05. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode Montessori berbantuan media sandpaper letters terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 011 Peranap tahun pelajaran 2024/2025.
Downloads
References
Alim, I. Z. (2015). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pittsburg Sleep Quality Index Versi Bahasa Indonesia. Universitas Indonesia Library.
Agustina, A. (2020). “Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Montessori”. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 1860- 1865.
Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, Vol. 5 No. 1, 35. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87
Alimarkan, F. H., & Masudah. (2017). Pengaruh Media Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Menulis Anak Kelompok A TK Sabilul Hikmah Simpang Darmo Pemai Selatan VI No. 22 Serabaya. Jurnal PAUD Teratai, Vo. 06, No. 02, (2017), h. 252.
Amanda, N., Rakhman, P.A., & Siti, R. (2023). Faktor Permasalahan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 12 No 2, Oktober 2023.
Azkia, N. & Nur, R. (2020). Analisis Metode Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD/Mi Kelas Rendah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3 (2), 2020, 14-22. p-ISSN: 2615-5605 e-ISSN: 2620-5238. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i2.7917
Creswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Eprilia, F & Fifiet, D. T. S. (2020). Pembelajaran Berbasis Metode Montessori untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permualaan Anak Kelompok A di Kids Talent. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) ISSN: 2614-6347 (Print) 2714-4107 (Online) Vol.3 | No.5 | September 2020.
Ernawati, N. A. (2021). BPSC Modul Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas IV: Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul Ilmu Pengetahuan Alam+Kunci Jawaban. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanah, A. & Mai Sri Lena (2021).Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 3296 – 3307. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Jaa, M., Pelipus, W.K., & Maria, D.N. (2024) Analisis Kesulitan Siswa dalam Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii di Sdi Rutosoro. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024 ISSN 2775-1589 Hal.1524-1534. DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.2904
Johnson, E. (2011). Contextual Teaching and Learning.Bandung: Kaifa.
Kemendikbud. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018 diakses tanggal 18 Desember 2023.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2, 2-81. DOI: https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mullis, I. V. S., Von, D. M., Foy, P., et al. (2023). International Results in Reading PIRLS 2021. Lynch School of Education and Human Development, Boston College. https://doi.org/10.6017/lse.tpisc.tr21 03.kb5342 DOI: https://doi.org/10.6017/lse.tpisc.tr2103.kb5342
Murtafi’ah, M., Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79–87. https://doi.org/ 10.24176/wasis.v2i2.6163. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6163
Mustofa, A.H., dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Nadar, W., & Purwani, K. W. (2022). Penggunaan Metode Montessori Dalam Kegiatan Menulis di Paud Al Hanin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume. 2, No. 2 November 2022. P-ISSN: 2827-7910 E-ISSN: 2827-7929. DOI: https://doi.org/10.38153/alhanin.v2i2.144
Nelnialis. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa 44 Kelas 1 UPT.SD Negeri 20 baringin. Ensiklopedia Of Journal Vo. 3 No.3. DOI: https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.213
Nugrahanta, G.A., Eko, H.P., & Hilary, R.V. (2024). Pelatihan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Metode Montessori di SD Kanisius Sorowajan. Jurnal Surya Masyarakat Vol. 7 No. 1, November 2024, Hal. 28-35 DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.7.1.2024.28-35 DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.7.1.2024.28-35
Nur’aeni, N., dkk. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Letter Berbasis Montessori. Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. XVI, No. 1, (2019), h. 128 51.
Rosdiana, dkk. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi COVID-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Volume 10, (2) Oktober 2021, hal. 161-168.
Rozak, A., dan Rasyad S. (2016) Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Framepublishing.
Sari, F. A., dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, Vol. 8, No. 1, 2020, h.5. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894
Syahlita, E., Chairunnisa, A., & Dewi, K. N. (2023). Pengaruh Metode Montessori Terhadap Pemahaman Berbahasa Indonesia Di Sekolah Sri Aman Suksa School Satun Thailand. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801. DOI: doi.org/10.21009/JPD.14.02. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2.40292
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, H. B. (2015). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar [Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Primary School]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan | Vol. 8 (2). DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.