Pembelajaran Keterampilan 4C Abad Ke-21 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Barru
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5354
Keywords:
Keterampilan 4C, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SMP Kabupaten BarruAbstract
Penelitian ini bertujuan guna melakukan identifikasi strategi yang diimplementasikan oleh guru dalam mengintegrasikan keterampilan 4C yang meliputi pemikiran kreatif, pemikiran kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, serta kolaborasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Barru, serta faktor-faktor yang memberi dukungan serta hambatan proses terkait. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara kepada lima guru Bahasa Indonesia di berbagai SMP di Kabupaten Barru, yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Lima guru dijadikan informan dari tiap-tiap sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan 4C (Pemikiran Kritis, Kolaborasi, Komunikasi, dan Kreativitas) telah berhasil diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Barru. Guru mengembangkan modul pembelajaran yang mendukung penguatan keterampilan tersebut, dengan pendekatan seperti Problem-Based Learning (PBL) dan discovery learning untuk meningkatkan pemecahan masalah dan kerja sama siswa. Evaluasi dilakukan melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan observasi, yang menunjukkan bahwa integrasi keterampilan 4C berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi akademik dan sosial siswa. Dukungan dari sekolah dan orang tua turut membantu keberhasilan implementasi, meskipun masih terdapat tantangan seperti kurangnya partisipasi beberapa siswa. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa keterampilan 4C sangat penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Kesimpulannya keterampilan 4C telah berhasil diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian faktor yang mendukung keberhasilan penerapan keterampilan 4C meliputi ketersediaan fasilitas yang memadai, seperti proyektor, pengeras suara, perpustakaan, dan akses internet yang stabil. Untuk tantangan, seperti perubahan suasana hati dan tingkat keaktifan siswa yang fluktuatif, kurangnya partisipasi aktif dari beberapa siswa dalam diskusi kelompok, serta kesulitan dalam memahami materi, yang dapat menghambat pengembangan keterampilan 4C.
Downloads
References
Ahmad, A., Muhammad, D., & Rahman, Y. (2024). Penggunaan model Discovery Learning dan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. JP-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1338–1347
Albania. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (Penelitian Pra-Eksperimental di Kelas V SD Kristen Harapan Bagi Bangsa Jakarta). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5 No.1. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2346
Anggraini et al., (2022). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Tema 8 Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Consilium Education and Counseling Journal, Vol. 1, No.1. DOI: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1556
Apandi, Idris & M. Ariep Baehaqi. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS. Yogyakarta: Samudra Biru
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021) Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Penerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Inspirasi manajemen pendidikan, 9(3).
Damitri, O., Ramlawati., Alim, M., H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Al-Karim Kota Bengkulu. Jurnal Profesi Kependidikan. Vol. 3. No. 2
Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Educational Researcher, 18(3), 4–10. DOI: https://doi.org/10.3102/0013189X018003004
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8) DOI: https://doi.org/10.30651/else.v8i1.20798
Farisia. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, Vol. 16 No.1. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18374
Jenike, R., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia Pada Kelas X Terbitan Kemindikbud. Bahasa Dan Sastra, 9(1): 197–208 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292
Kandam, C., V., Shinta, K., Abadi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Brawijaya Smart School Malang. Journal of Learning and Technology. Vol. 2. No.2 DOI: https://doi.org/10.33830/jlt.v2i2.6998
Lestari. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Berbasis Articulate Storyline Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, Vol.2 No.1. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v12i4.57519
Manurung, H., Purba, A., Yusra D. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Menulis Teks Berita Di SMP. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4., No. 3. DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i3.45546
Makatita, S.H. (2023). Model Discovery Learning pada Keterampilan 4C Siswa SMP dalam Materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol 6. No.4.
Mubarock, W. F., Rosdiana, R., & Andriani, P. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswakelas Vii Smp Bumi Putra Cibinong Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 1(2), 16-22. DOI: https://doi.org/10.55215/triangulasi.v1i2.4455
Muhtadi. (2023). Peran Kurikulum Pendidikan Dalam Meningkatkan Literasi Informasi dan Kritis Pada Era Digital di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science. Vol.3 No.1. DOI: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i10.715
Muryati, S., Sudiatmi, T., Saptomo, SW. (2022). Stimulasi Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Jurnal IlmiahPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4, No.1
Nurhalisah, Andi Paida, & Rahmatiah, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration And Creativity (4c) oleh Guru Bahasa Indonesia di SMPN 10 Barru. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 170-178. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.257
Nurmalasari. (2023). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 7, No.3. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101
Putera and Shofiah. (2021). Model Kurikulum Kompetensi Berpikir Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, Vol. 3, No.1. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094
Saputro et al., (2021). Integrasi Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Berperspektif HOTS. Diglosia Jurnal Kajian Bahasa Sastra dan Pengajarannya, Vol. 4 No.2. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.168
Yusita. et al., (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal For Lesson and Learning Studies, Vol. 4 No. 2. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.