Penerapan Metode Pengajaran Silent Way (Cara Senyap) pada Pembelajaran Puisi melalui Model Project Based Learning di SMK Tunas Harapan Pati

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5376

Authors

  • Alfiani Syafarina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ekarini Saraswati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Purwati Anggraini Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

silent way, project -Based  Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam penerapan metode silent way (cara senyap) dengan model pembelajaran yang berbasis proyek di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data sekunder, yakni berasal dari sebuah video praktik mengajar dari seorang guru yang sedang mengikuti kuliah profesi atau PPG. Hasil penelitian ini ditemukan dua bentuk ujaran terkait dengan penggunaan alat bantu visual, dua ujaran mengenai interaksi minimal dari guru, dua ujaran mengenai siswa berperan aktif, lalu dua ujaran terkait dengan keterampilan berbicara dan mendengarkan, kemudian dua ujaran terkait dengan pembelajaran berdasarkan konteks, serta dua ujaran mengenai evaluasi berkelanjutan. Serta terdapat enam tahap pelaksanaan model pembelajaran project-based learning (PjBL) dalam pembelajaran yaitu: : (1) penentuan pertanyaan dasar atau project, (2) perencanaan desain project, (3) penyusunan jadwa project, (4) penyelasaian project dengan monitoring, (5) pengujian hasil project, (6) evaluasi. Pada penerapan model pembelajaran project-based learning (PjBL) telah ditemukan sebanyak 11 data dari masing-masing tahapan pembelajaran.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, S., et al. (2017). Judul Artikel. Jurnal PQR.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dewi, S. (2017). Pendidikan Sastra dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sastra Indonesia, 9(2), 75-82.

Dewi, S. (2019). Pendekatan Multidimensional dalam Pembelajaran Puisi. Jurnal Pendidikan Seni, 14(3), 210-217.

Gattegno, C. (1972). The Silent Way. Educational Solutions.

Gattegno, C. (1972). The Silent Way: A New Approach to Language Teaching. Educational Solutions.

Indrawati, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 15(1), 134-142.

Miller, L., & Davis, M. (2018). Building Self-confidence in Autonomous Learning. Journal of Education Psychology, 25(1), 102-110.

Prasetyo, D. (2017). Minat Siswa SMK terhadap Pembelajaran Puisi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 9(3), 112-118.

Richards, J.C., & Rodgers, T.S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching (3rd ed.). Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/9781009024532

Santosa, I. (2016). Puisi dan Estetika dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Sastra, 14(2), 145-154.

Santoso, I. (2016). Tantangan Pembelajaran Puisi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2), 45-53. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v12i1.3609

Shumin, K. (2002). The Silent Way: A Communicative Approach to Language Teaching. The Modern Language Journal, 86(1), 90-95.

Sugimoto, H. (2019). Silent Way as a Pathway to Autonomous Learning. Journal of Language Education and Development, 30(2), 123-134.

Sugiono, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.

uhardi, A. (2021). Pendekatan Interdisipliner dalam Pembelajaran Puisi. Jurnal Pendidikan Seni dan Sastra, 16(2), 130-138.

Wijaya, I., et al. (2018). Judul Artikel. Jurnal ABC.

Yuliana, L. (2018). Tantangan Emosional dalam Pembelajaran Puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 56-64.

Yuliana, L. (2019). Puisi dan Pengalaman Estetika dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(3), 134-142.

Published

2025-02-25

How to Cite

Alfiani Syafarina, Ekarini Saraswati, & Purwati Anggraini. (2025). Penerapan Metode Pengajaran Silent Way (Cara Senyap) pada Pembelajaran Puisi melalui Model Project Based Learning di SMK Tunas Harapan Pati. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1365–1375. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5376

Issue

Section

Articles

Categories