Penerapan Project Based Learning dalam Mengalihwahanakan Teks Hikayat ke Cerita Pendek

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5377

Authors

  • Titin Setiartin Ruslan Universitas Siliwangi
  • Nadia Bella Mulkillah Universitas Siliwangi

Keywords:

Alih Wahana, Hikayat, Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan mengalih wahanakan teks hikayat menjadi cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Metode Eksperimen bertujuan untuk mengetahui sebab akibat antara variable yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 87,7%. Model pembelajaran Project Based Learning berkontribusi 64,7% terhadap peningkatan kemampuan mengalihwanakan teks hikayat ke dalam bentuk cerita pendek. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan mengalih wahanakan teks hikayat menjadi cerita pendek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiartin, T. R. (2016). Transformasi Teks Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerita Bergambar sebagai Model Pembelajaran Membaca Apresiatif. Litera, 15(2), 383-401. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11837

Aminullah, A. (2018, March). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. in Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (Vol. 1, No. 1, PP. 43-51).

Annajiah, J. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Teks Ulasan (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Bronner, S. J. (2016). Toward a Definition of Folklore in Practice. Cultural Analysis, 15(1), 6-27.

Ahmad, I. (1967). Bunga Rampai Melayu Kuno. Bandung: Toko Buku Abbas Bandong. Fitri, S., Fitri, R., & Septia, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Mengembangkan Cerita Rakyat (Hikayat) ke Dalam Bentuk

Cerpen Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(2), 253-261.

Fitryana, D. I. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing pada Peserta didik Kelas X. 3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Heryadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill-Baandung.

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-119.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Sintesis, 11 (1), 1-11.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Pengestuti, D. (2023). Skripsi Pengembangan Modul Ajar Berbasis Proyek yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Materi Sistem Gerak dan Sistem Peredaran Darah.

Patimah, S., Hariadi, J., & Fajarini, I. (2023). Kemampuan Peserta didik Kelas X SMA Negeri 5 Langsa Mengembangkan Cerita Rakyat ke Dalam Bentuk Cerita Pendek. Jurnal Samudra Bahasa, 6(1), 14-25.

Qolby, R. N. (2023). Efektivitas Media Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Peserta didik Kelas XI SMA Pelita Tiga Jakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Sugiyono. (2022)). Metode Penelitain Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Riswakhyuningsih, T. (2022). Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 20-30.

Seprasetiani, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Alih wahana Teks Hikayat ke Bentuk Cerpen dengan Media Mind Mapping. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.51878/language.v3i1.2080

Published

2025-02-05

How to Cite

Titin Setiartin Ruslan, & Nadia Bella Mulkillah. (2025). Penerapan Project Based Learning dalam Mengalihwahanakan Teks Hikayat ke Cerita Pendek. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 941–952. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5377

Issue

Section

Articles

Categories