Penerapan Project Based Learning dalam Mengalihwahanakan Teks Hikayat ke Cerita Pendek
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5377
Keywords:
Alih Wahana, Hikayat, Cerita PendekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan mengalih wahanakan teks hikayat menjadi cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Metode Eksperimen bertujuan untuk mengetahui sebab akibat antara variable yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 87,7%. Model pembelajaran Project Based Learning berkontribusi 64,7% terhadap peningkatan kemampuan mengalihwanakan teks hikayat ke dalam bentuk cerita pendek. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan mengalih wahanakan teks hikayat menjadi cerita pendek.
Downloads
References
Setiartin, T. R. (2016). Transformasi Teks Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerita Bergambar sebagai Model Pembelajaran Membaca Apresiatif. Litera, 15(2), 383-401. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11837
Aminullah, A. (2018, March). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. in Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (Vol. 1, No. 1, PP. 43-51).
Annajiah, J. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Teks Ulasan (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Bronner, S. J. (2016). Toward a Definition of Folklore in Practice. Cultural Analysis, 15(1), 6-27.
Ahmad, I. (1967). Bunga Rampai Melayu Kuno. Bandung: Toko Buku Abbas Bandong. Fitri, S., Fitri, R., & Septia, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Mengembangkan Cerita Rakyat (Hikayat) ke Dalam Bentuk
Cerpen Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(2), 253-261.
Fitryana, D. I. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing pada Peserta didik Kelas X. 3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.
Heryadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill-Baandung.
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-119.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Sintesis, 11 (1), 1-11.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Pengestuti, D. (2023). Skripsi Pengembangan Modul Ajar Berbasis Proyek yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Materi Sistem Gerak dan Sistem Peredaran Darah.
Patimah, S., Hariadi, J., & Fajarini, I. (2023). Kemampuan Peserta didik Kelas X SMA Negeri 5 Langsa Mengembangkan Cerita Rakyat ke Dalam Bentuk Cerita Pendek. Jurnal Samudra Bahasa, 6(1), 14-25.
Qolby, R. N. (2023). Efektivitas Media Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Peserta didik Kelas XI SMA Pelita Tiga Jakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Sugiyono. (2022)). Metode Penelitain Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Riswakhyuningsih, T. (2022). Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 20-30.
Seprasetiani, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Alih wahana Teks Hikayat ke Bentuk Cerpen dengan Media Mind Mapping. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.51878/language.v3i1.2080
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.