Kepribadian Tokoh Utama Film”Ku Kira Kau Rumah”: Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5389
Keywords:
id, ego, superego, bipolar, film “Ku Kira Kau RumahAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis dinamika kepribadian tokoh utama dengan nama Niskala, dalam film Ku Kira Kau Rumah dengan menggunakan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud yang mencakup konsep id, ego, dan superego. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis data yang berfokus pada dialog dan adegan dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian Niskala dipengaruhi oleh gangguan bipolar yang ia alami, sehingga id cenderung lebih dominan dibandingkan ego dan superego. Id Niskala terlihat melalui luapan emosional dan impulsif yang sering muncul secara tiba-tiba dan sulit untuk dikontol. Ego berperan sebagai mediator, meskipun terkadang gagal menjaga keseimbangan kepribadian akibat tekanan emosional yang berat. Superego Niskala, meskipun berfungsi sebagai pengingat moral, seringkali kalah oleh dorongan id dalam situasi tertentu. Penelitian ini memperlihatkan bahwa psikoanalisis Freud relevan untuk menganalisis tokoh dengan kompleksitas psikologis, terutama dalam kaitannya dengan kondisi mental seperti gangguan bipolar yang dialami tkoh utama pada film Ku Kira Kau Rumah.
Downloads
References
A’idah, S. T., Vardani, E. N. A., & Dzarna. (2024). Analisis Kejiwaan Tokoh Utama dalam Novel Haru No SoraKarya Laili Muttamimah dengan Pendekatan Psikologi Sastra sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 5. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v5i1.18120 DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v5i1.18120
Ahmad, M. (2011). Agama Dan Psikoanalisa Sigmund Freud. Religia, 14(9), 285. DOI: https://doi.org/10.28918/religia.v14i2.92
Ahmadi, A. (2015). Psikologi SastrA. Surabaya: Unesa University Press.
Amir, P. A., Udu, S., & Konisi, L. Y. (2024). Psikologi Tokoh Dalam Novel Mahikakarya Aya(Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud). Jurnal Bastra, 9(2), 287–297. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i2.395
Ana Rosmila, D. (2020). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Kanvas Karya Bintang Purwanda: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya.
Astutii, Y. (2020). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Ayat- Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy (Tinjauan Psikologi Sastra). Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5, 101.
Conia, P. D. D., & Sofiyanti, M. (2021). Gambaran Pemahaman Teori Psikoanalisis Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Pada Mata Kuliah Karakteristik Dan Kompetensi Usia Dewasa Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Fkip Untirta. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1(1), 547–555. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.43 DOI: https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.43
Dianti, N., & Nurjannati. (2022). Id, Ego, Dan Super Ego Tokoh Utama Dalam Novel Mariposa Karya Luluk Hf. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 89–94. https://doi.org/10.23960/j-simbol/v10i2.2022.06 DOI: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.06
Habsy, B. A., Mufidha, N., Shelomita, C., Rahayu, I., & Muckorobin, M. I. (2023). Filsafat Dasar dalam Konseling Psikoanalisis : Studi Literatur. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 189–199. https://doi.org/10.30653/001.202372.266 DOI: https://doi.org/10.30653/001.202372.266
Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.
Mushodiq, M. A., & Saputra, A. A. (2021). Konsep Dinamika Kepribadian Amarah, Lamawah dan Mutmainnah Serta Relevansinya dengan Strukur Kepribadian Sigmund Freud. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 3(1), 38. Retrieved from https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp/article/view/49
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., … Romadhana, S. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. In Mojokerto: Insigh Mediatama.
Nugriyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prasasti, B. W. (2020). Peran Id,Ego, Dan Superego Dalam Pembentukan Kepribadian Tokoh Asih Dalam Novel Lengking Burung Kasuari Karya Nunuk Y Kusmiana. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. |urnal Estetika, Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Retrieved from doi:https://doi.org/10.36379/estetika.v1i1EstetikaVol.2(1)E-ISSN:977268627600035%7C
Rahmadiyanti, R. V. (2020). Tokoh Sari dalam Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Bapala, 7(3), 1–13. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34715
Ramadani, I. R., Fadila, A. N., Aulia, R., Khairiyyahni, S., & Lestari, W. (2024). Gangguan Bipolar pada Remaja: Studi Literatur. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan PengabdianKepada Masyarakat, 4(1), 1219–1227. Retrieved from https://doi.org/10.56832/edu.v4i1.431
Rita Susanti, Desma Husni, & Eka Fitriyani. (2014). Perasaan Terluka Membuat Marah. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Desember), 103–109.
Saputra, V. A. (2024). udul Jelas, Analisis Dinamika Kepribadian Id, Ego, Superego Pada Tokoh Utama Cerita Pendek “rupanya aku bisa” Karya maria klavia.a. Jurnal Sains Student Research.
Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2023). Pengaruh kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur0. 36(1). DOI: https://doi.org/10.54066/jurma.v1i2.250
Suwandhi, E. A., & Raharjo, R. (2024). Kepribadian Id Tokoh Utama Dalam Novel Namaku Alam Karya Leila S . Chudori Ega Aryaputra Suwandhi. BAPALA, 11.
Syam, E., & Rosaliza, M. (2020). Kajian Struktur Kepribadian Freud Dalam Kisah 1001 Malam: Studi Psikoanalisis. Jurnal Ilmu Budaya, 17(1), 1–16. https://doi.org/10.31849/jib.v17i1.4708 DOI: https://doi.org/10.31849/jib.v17i1.4708
Vardani, E. N. A. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter Islam dalam cerpen aku ingin emak masuk surga karya Maiyade Laila Yane. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1).
Vardani, E. N. A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok pada Mata Kuliah Puisi Indonesia di Masa Pnademi Covid-19. Jurnal Ika: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 10(2), 338–349. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1528
Vardani, Eka Nova Ali. (2020). Prinsip Dasar Pendidikan Karakter Islam Dalam Keluarga pada Cerpen Rantai Kenangan Karya Adz Dzahabi. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2777 DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2777
Vardani, Eka Nova Ali, & Devanti, Y. M. (2024). Pesan Kinestik Dalam Film Pendek Cap Cip Top! Karya Ludy Oji Prastama Dan Wahyu Agung Prasetyo. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, Vol. 7, No, 237–253. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Warnita, S., Linarto, L., & Cuesdeyeni, P. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 45–55. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852 DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852
Zakariah, M. A., Afriani, V., & KH.M.Zakariah. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research. In Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah .
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.