Tindak Tutur dalam Novel “Gadis Kretek” Karya Ratih Kumala: Analisis Semiotik dan Feminis
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5401
Keywords:
Tindak tutur, Gadis Kretek, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindak tutur dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala dengan menggunakan pendekatan semiotik dan feminis, serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Fokus penelitian mencakup tindak tutur lokusi, ilokusi (representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif), dan perlokusi yang digunakan oleh tokoh-tokoh dalam novel Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Data berupa kutipan dialog yang mengandung tindak tutur diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan teori tindak tutur Austin (1962) dan Searle (1971). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik simak dilakukan dengan membaca dan menyimak isi novel secara menyeluruh untuk menemukan dialog-dialog yang relevan. Selain itu, pendekatan semiotik digunakan untuk mengidentifikasi tanda-tanda dan simbol dalam dialog yang mencerminkan nilai sosial dan budaya. Pendekatan feminis diterapkan untuk menganalisis bagaimana bahasa dalam novel ini merepresentasikan posisi perempuan dan nilai-nilai gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur dalam novel ini merefleksikan realitas sosial dan budaya, seperti identitas lokal kretek dan kritik terhadap sistem patriarki. Pendekatan semiotik membantu mengungkap makna simbolis dalam dialog, sedangkan pendekatan feminis menyoroti perjuangan tokoh perempuan melawan ketidakadilan gender. Penelitian ini juga memiliki relevansi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama untuk materi teks cerita fiksi di jenjang SMA, yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan analisis siswa terhadap jenis tindak tutur dan refleksi nilai sosial-budaya dalam teks sastra. Penelitian ini berkontribusi dalam mengintegrasikan kajian linguistik dengan pendidikan karakter berbasis sastra.
Downloads
References
Afrizal, R. H., Shintia, J. N., Anistia, A. R., & Sekar, M. D. (2024). Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Bahasa. CV. Azka Pustaka.
Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Sekip Ujung, PalembanG (Differences. BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan, 10(1), 73–87. https://doi.org/10.33258/linglit.v4i1.858 DOI: https://doi.org/10.33258/linglit.v4i1.858
Arlinah, Nirwana, Wildan, & Ratna. (2020). Realisasi tindak tutur direktif anak usia dini dan norma kesantunan dalam masyarakat ternate. Tekstual, 18(1), 24–37. DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v18i1.736
Artati, Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif , Direktif , Ekspresif , Komisif , dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43–57. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9687
Austin, J. L. (1962). How do to Things with Words. In Oxford: The Clarendon Press.
Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 200–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217 DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217
Faroh, S., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Vlog Q&a Sesi 3 Pada Kanal Youtube Sherly Annavita Rahmi. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 16(2), 311. https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2793 DOI: https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2793
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi (F. A. Darma & D. M. Utomo (eds.)). UMSIDA Press. DOI: https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-32-7
Haryanto, D. dan N. (2020). Pengantar Sosiologi Dasar. Kekuatan Hukum Lembaga Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan, 21(2). DOI: https://doi.org/10.53712/yustitia.v21i2.984
Ismiyati, I. (2022). Analisis Kesantunan Tuturan Dalam Novel Tabula Rasa Karya Ratih Kumala. PRASASTI: Journal of Linguistics, 7(1), 38. https://doi.org/10.20961/prasasti.v7i1.52568 DOI: https://doi.org/10.20961/prasasti.v7i1.52568
Kalila, D. N. (2023). Tindak Tutur Dalam Dongeng Fiksi Original Karya Jo Young. Universitas Nasional.
Kori, Z., Husain, A. H. Al, & Gracia, A. B. (2024). Representasi Feminisme dalam Episode 1 ’ Jeng Yah ’ dari Serial ’ Gadis Kretek ’: Sebuah Analisis Semiotik. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(3), 1133–1150.
Machfud, N. U. A. C. (2024). Ketidakadilan Gender dan Kritik Sosial dalam Laapataa Ladies : Pendekatan Feminisme dalam Analisis Film. Indonesian Journal Of Humanities and Social Sciences, 5(4), 2277–2292.
Maharani, A. (2021). Analisis tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Sarah Sechan di Net TV. Jurnal Skripta, 7(1), 15–29. DOI: https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.956
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8 DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mu’ammar, N., & Syaikhu, A. (2024). Representasi Nilai Feminisme pada Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El Sadaawi. Prosiding Konferensi Nasional Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 1205–1221.
Nasarudin, N., Susanti, S., Akmal, Razak, N. K., & Annisa. (2023). Pragmatik: Konsep Teori dan Praktek. CV. Gita Lentera.
Oktaviyani, R., & Utomo, A. P. Y. (2021). Tindak Tutur Perlokusi dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 11–20. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3092
Qibtiyah, M., & Aminuddin, A. (2024). Representasi Feminisme Budaya Patriarki Dalam Film Gadis Kretek (Teori Semiotika Roland Barthes). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(9).
Rahmawati, L. E., Isnaini, Z. D., & Ariyanto, Z. R. (2023). Bentuk Tindak Tutur Ekspresif dalam Tayangan Mata Najwa Serial “Gaduh Tiga Periode”. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 500. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.4126 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.4126
Searle, J. R. (1971). The Philosophy of Language (Oxford Readings in Philosophy. London: Oxford University Press.
Simanungkalit, A. (2020). Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala Kajian Feminisme dan Nilai-Nilai Pendidikan. Jurnal Komunitas Bahasa, 8(2), 41–47. DOI: https://doi.org/10.20961/basastra.v8i1.42000
Sulistiawan, M. J., Afriliana, V. A., & Baehaqie, I. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Van Djik Pada Sambutan Joko Widodo pada Pembukaan Kongres XXIII PGRI Tahun 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1683–1693. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3582
Suri, N. K., Noviyanti, S., Agustina, A. T., & Berbahasa, K. (2024). Teori pragmatika bahasa dan kesantunan berbahasa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17676–17682. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8016
Widyawati, N., Purwo, A., & Utomo, Y. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Video Podcast Deddy ddy Corbuzier dan Najwa Shihab pada Media Sosial Youtube. Jurnal Ilmiah Telaah, 5(2), 18–27.
Wijayanti, N. M., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Direktif Pada Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 3(1), 15–26. DOI: https://doi.org/10.55215/triangulasi.v1i2.4397
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.