Analisis Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa dalam Penulisan Esai Berbasis Ekokritik
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5436
Keywords:
Literasi informasi, esai, ekokritik, pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan literasi informasi mahasiswa dalam penulisan esai dengan tema kritik terhadap lingkungan (ekokritik). Literasi informasi adalah sebuah keterampilan atau kemampuan yang dibutuhkan pada zaman sekarang. Keterampilan literasi informasi yang baik akan memberikan dampak yang besar bagi seseorang dalam menafsirkan sebuah informasi terkait kebenaran informasi tersebut. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa MKU Bahasa Indonesia tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yang dipilih secara random sampling. Indikator yang digunakan dalam menganalisis esai siswa terkait keterampilan literasi informasi dalam penelitian ini berdasarkan Association of College and Research Libraries (ACRL) yang disesuaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 46.67% yang kurang kompeten, 40% cukup kompeten, 6.6% yang kompeten, dan 6.6% yang sangat kompeten. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa belum memiliki keterampilan literasi informasi yang baik terhadap kritik lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menemukan informasi terkait hal tersebut padahal kritik terhadap lingkungan adalah karangan yang seharusnya menarik.
Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam pendidikan: Literasi digital dan self-directed learning pada mahasiswa skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Anjali, MEC, & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan literasi informasi penulisan karya ilmiah pelajar pelatihan melalui zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(2), 198–210. DOI: https://doi.org/10.22146/bip.v16i2.104
Arnyana, IBP (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4C (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan berpikir kreatif) untuk menyongsong era abad 21. Pembawa acara: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Aswita, D., Nurmawati, MP, Salamia, MS, Sarah, S., Si, SP, Saputra, S., Kurniawan, ES, Yoestara, M., Fazilla, S., Zulfikar, S., & lainnya. (2022). Pendidikan literasi: memenuhi kecakapan abad 21. Penerbit K-Media.
Burhanuddin & Makmur. (2022). Analisis kecakapan literasi informasi siswa dalam konteks pembelajaran. Jurnal Shoutika, 2(2). https://doi.org/10.46870/jkpi.v2i2.332 DOI: https://doi.org/10.46870/jkpi.v2i2.332
Dewi, NKAS, Rasna, IW, & Sudiara, INS (2014). Analisis kesalahan bahasa Indonesia pada esai mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia: Sebuah kajian ejaan, diksi, dan struktur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.2592
Ginting, ES (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 35–38.
Harliansyah, F. (2017). Plagiarisme dalam karya atau publikasi ilmiah dan langkah strategi pencegahannya. Pustaka: Media Komunikasi Pustakawan dan Akademisi, 9(1), 103–114.
Henanggil, M. D. F., Abdurahman, A., & Asmawati, A. (2024). Synectic Model: Unleashing Creative Expression in Students' Narrative Writing Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3820-3831. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.4982
Henanggil, M. D. F., Idris, M. R. M., Rasyid, Y., & Hayati, Y. (2022). A Synectic Model Based on Literature Ecocritic in Poetry Writing Learning. International Journal of Language Pedagogy, 2(2), 105-112. DOI: https://doi.org/10.24036/ijolp.v2i2.36
Henanggil, M. D. F., Ningsih, A. G., & Indriyani, V. (2022, December). Synectic Model Based on Literary Ecocritics. In 5th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-5 2022) (pp. 376-382). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-494069-85-5_40
Henanggil, M. D. F., Rasyid, Y., Putri, D. S., & Rachman, A. (2023). Model sinektik berbasis ekokritik sastra dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa SMA Padang. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1), 10-16. DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v11i1.121867
Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2017). Ketidaktaatan penggunaan aturan ejaan dan tanda baca dalam skripsi mahasiswa Universitas Riau. GERAM, 5(2), 45–52.
Jatnika, SA (2019). Budaya literasi untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis.Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 1–6. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(11), 1704–1716.
Jurnal Technomedia, 1(1 Agustus), 95–113.
Mardiya, Z., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif Islam di kehidupan modern: Tantangan, peluang, dan pengaruh teknologi dalam pembentukan karakter di era digital. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 13-26. DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v4i1.2774
Mubasiroh, S. L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dengan Model The Seven Pillars of Information Literacy dalam Pembelajaran Daring. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 24-32 DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).24-32
Nur, S., Suyitno, I., & Luciandika, A. (2021). Karakteristik pemaparan (eksposisi) dalam berita kesehatan media yang berani. JoLLA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Seni, 1(5), 587–602. DOI: https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p587-602
Oktafiany, H., Irwandi, I., & Sakroni, S. (2022). Model pembelajaran steam menggunakan google class terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di program studi pendidikan biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 52–59. DOI: https://doi.org/10.17977/um052v13i1p52-59
Prasetyo, YB, Hadi, S., & Partono, P. (2022). Pengaruh self-regulated learning dan literasi informasi digital terhadap prestasi belajar siswa program pendidikan teknik otomotif. Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan dan Pengajaran, 4(1), 47–52. DOI: https://doi.org/10.17977/um074v4i12020p47-52
Pratiwi, A., & Asyarotin, ENK (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi milenial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066 DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Purwaningtyas, F. (2019). Pola literasi informasi dan media sebagai metode penelusuran informasi. IQRA: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 12(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3978
Rahardja, U., Tiara, K., & Rosalinda, IA (2016). Pemanfaatan Google Scholar dan Sitation dalam memenuhi kebutuhan pembuatan skripsi mahasiswa pada perguruan tinggi. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.28
Rico, E. R. O., & Sulistyowati, F. (2024). Peran Literasi Digital Remaja Dalam Menghadapi Penyebaran Berita Hoaks. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 3(1), 38-46. DOI: https://doi.org/10.47431/jkp.v3i1.401
Saputra, Dirjen, Dawud, D., & Basuki, IA (2021). Argumentasi dalam teks pidato siswa. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15114
Sari, EDK, Nur, M., Rosadi, M., & Bahri, S. (2020). Literasi keagamaan mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, 3(1), 21–52.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Septikasari, R., & Frasandy, RN (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/ alawlad.v8i2.1597
Shalatun, R. (2021). Analisis teks argumentasi dalam editorial rencana harian kompas. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 11(2), 93–108. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v11i2.3647
Sidiq, R. Y. B., Fitrotul, R. M., & Ulfiyani, S. (2021). Kesalahan penerapan kaidah antiplagiasi dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa Universitas PGRI Semarang tahun 2019/2020. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) (Vol. 3, pp. 620-631).
Simanjuntak, MDR (2019). Membangun keterampilan 4C siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921- 929.
Siswanto, I., Wu, M., Widowati, A., & Wakid, M. (2022). Pengaruh motivasi internal dan literasi digital terhadap proaktif siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 501–509. https://doi.org/10.23887/ jpiundiksha.v11i3.43730 DOI: https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.43730
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: Apa, mengapa, dan bagaimana. Penelitian Terkini dalam Pendidikan: Jurnal Seri Konferensi, 1(1), 3–13.
Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran berani dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Perhotelan, 9(2), 157–166. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Yunitasari, Y., & Prasetya, H. (2022). Literasi Media digital pada remaja di tengah pesatnya perkembangan media sosial. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12–25.
Zuniananta, L. E. (2023). Penggunaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Informasi Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(4), 37-42.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.