Perjuangan Perempuan terhadap Diskriminasi dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5473
Keywords:
Analisis Wacana Kritis Sara Mills; Diskriminasi; Perjuangan PerempuanAbstract
Penelitian ini berfokus pada perlawanan perempuan terhadap diskriminasi dengan tujuan untuk menganalisis bentuk perjuangan yang ditampilkan dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data berupa kalimat, rangkaian kalimat, atau paragraf yang dianalisis menggunakan teori analisis wacana kritis Sara Mills. Model analisis ini menitikberatkan pada wacana feminis untuk memahami bagaimana posisi perempuan direpresentasikan dalam teks. Dalam pendekatan Sara Mills, posisi yang dianalisis mencakup siapa yang berperan sebagai subjek dan objek dalam penceritaan, serta bagaimana pembaca ditempatkan dalam wacana tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Gadis Kretek terdapat dua bentuk utama perjuangan perempuan terhadap diskriminasi, yaitu perjuangan radikal dan perjuangan kompromis. Kedua bentuk perjuangan ini ditampilkan dalam tiga posisi utama sesuai dengan teori Sara Mills, yakni sebagai subjek, objek, dan pembaca. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa Ratih Kumala melalui Gadis Kretek memberikan afirmasi terhadap perjuangan perempuan dalam melawan diskriminasi dengan menampilkan tokoh perempuan yang berani melawan sistem patriarki dalam industri kretek dan kehidupan sosial mereka.
Downloads
References
Ayuningrum, A. D. Perlawanan Konstruksi Identitas Perempuan dalam Industri Kretek pada Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Rara Mendut Karya YB Mangunwijaya dan Gadis Kretek Karya Ratih Kumala serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Cixous, H., Cohen, K., & Cohen, P. (1976). The laugh of the Medusa. Signs: Journal of women in culture and society, 1(4), 875-893. DOI: https://doi.org/10.1086/493306
Chowdhury, I. (2015). An Overview Innovative Issues and Approaches in Sosial Science. Issue of Quality in A Qualitative Reseach, 8, 142-162. DOI: https://doi.org/10.12959/issn.1855-0541.IIASS-2015-no1-art09
De Beauvoir, S. (1949). Woman as other. Social theory, 337-339.
Dita, R. (2012). Pemberontakan Perempuan dalam Novel Trilogi Rara Mendut, Genduk Duku, dan Lusi Lindri karya Y.B. Mangunwijaya. Jakarta: Universitas Indonesia.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.
Fakih, M. (2012). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hooks, B. (2000). Feminist Theory: From Margin to Center. Pluto Press.
Ferdianyta, M., & Surwati, C. H. D. (2024). Representasi Feminisme dalam Serial Gadis Kretek: Analisis Wacana Kritis Sara Mills. Jurnal Komunikasi Massa, 17(1).
Koentjaraningrat.1985. Javanese Culture. Oxford: Oxford University Press.
Koentjaraningrat. 1985. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Koentjaraningrat. 1995. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Moloeng, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masitoh, M. (2020). Pendekatan dalam Analisis Wacana Kritis. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 66-76. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221
Mudzakkir, A. (2022). Feminisme Kritis: Gender dan Kapitalisme dalam Pemikiran Nancy Fraser. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nugroho, B. A. (2019). Perlawanan perempuan terhadap dominasi patriarki dalam Novel Geni Jora karya Abidah El Khalieqy kajian feminisme psikoanalisis karen horney. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 148-156. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v8i2.33719
Puspita Sari, C. (2021). Gender Inequality: Dampaknya terhadap Pendapatan Per Kapita (Studi Kasus 33 Provinsi di Indonesia 2011-2019). Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 1(1), 47–52. DOI: https://doi.org/10.11594/jesi.01.01.06
Puspito, P., Widharyanto, B., dan Herujiyanto, A. (2023). Perlawanan Perempuan Terhadap Diskriminasi dalam Novel Lusi Lindri Karya Y.B. Mangunwijaya. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 19(2), 211-225. DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.7446
Qamariah, Zaitun. (2024). Analisis Dinamika Kesetaraan Gender dalam Pengajaran Bahasa Inggris. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 202–220. DOI: https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1373
Suharnanik, S. (2023). Buku Ajar Sosiologi Gender. Surabaya: UWKS Press.
Sudaryanto. (2017). Menguak Faset Kehidupan Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sujarwa. (2019). Model dan Paradigma Teori Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tong, R. P. (1998). Feminist Thought: Pengantar Paling Komperehensif kepada Arus Utama Pemikiran Feminis. Yogyakarta: Jalasutra.
Walby, S. (1990, January). From private to public patriarchy: the periodisation of British history. In Women's studies international forum (Vol. 13, No. 1-2, pp. 91-104). Pergamon. DOI: https://doi.org/10.1016/0277-5395(90)90076-A
Widharyanto. (2000). Manifestasi Perpsektif Pemberitaan Surat Kabar Indonesia pada Akhir Era Orde Baru ke dalam Strategi Penyajian Informasi dan Bentuk-Bentuk Ekspresi Bahasa. Malang.
Widhiyana, M. (2024). Pengaruh Budaya Patriarki terhadap Kesetaraan Gender dalam Keluarga Hindu Bali. Belom Bahadat, 14(1), 83-99. DOI: https://doi.org/10.33363/bb.v14i1.1179
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.