Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Barat Fase C

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5495

Authors

  • Sinta Rohaeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

bahan ajar, budaya Jawa Barat, literasi, teks, e-book

Abstract

Penelitian ini berbentuk sebuah pengembangan bahan ajar materi teks Bahasa Indonesia berbasis budaya Jawa Barat untuk peserta didik SD Fase C dalam bentuk buku teks pendamping e-book. Minimnya bahan ajar yang merepresentasikan budaya lokal dalam buku paket yang digunakan sekolah menjadi latar belakang utama penelitian ini. Model pengembangan yang digunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Buku teks pendamping e-book ini dirancang selaras dengan Kurikulum Merdeka dan mendukung peningkatan literasi peserta didik melalui berbagai jenis teks, yaitu teks biografi, narasi, deskripsi dan prosedur yang mengandung bacaan tema budaya Jawa Barat. Buku ini terdiri dari 80 teks dilengkapi dengan 400 soal latihan AKM literasi level 3 berbasis digital, ilustrasi visual, animasi, video pembelajaran, puzzle, riwayat penyimpanan, forum diskusi dan QR code untuk memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar ini memiliki tingkat validitas tinggi dalam aspek isi, kebahasaan, dan penyajian. Implementasi metode evaluasi satu-satu di tiga daerah sekolah dasar Jawa Barat dengan melibatkan 36 peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar ini efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca dan minat belajar peserta didik terhadap teks berbasis budaya lokal. Respon guru dan peserta didik positif, terutama dalam aspek keterbacaan, daya tarik, dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar yang kontekstual dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan lebih lanjut bahan ajar berbasis budaya lokal guna mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A. (2024a). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. 1–72.

Aditomo, A. (2024b). Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi Tahun 2024. BSKAP Kemendikbudristek, 4–132.

Arviana, R. (2019). Urgensi Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0,” 1, 875–882.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dasar Negeri Supat, S. I. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Djuanda, D. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra Di Sd Dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.883 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.882

Gunanto, S. G. (2017). Penciptaan Permainan Digital Edukatif Berbasis Wawasan Budaya Dan Pendidikan Karakter. Journal of Animation & Games Studies, 2(2), 207. https://doi.org/10.24821/jags.v2i2.1421 DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v2i2.1421

Handayani, T., Hendratno, H., & Indarti, T. (2022). Pengembangan bahan ajar teks fiksi berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran literasi membaca peserta didik kelas IV sekolah dasar. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 23(2), 1–20. https://doi.org/10.23960/aksara/v23i2.pp1-20 DOI: https://doi.org/10.23960/aksara/v23i2.pp1-20

Hanifa, M., Lidinillah, D. A. M., & Mulyadiprana, A. (2021). Perancangan Buku Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 965–976. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41877 DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41877

Hidayati, P. P., Ahmad, A., & Inggriyani, F. (2018). Penggunaan Formula Grafik Fry untuk Menganalisis Keterbacaan Wacana Mahasiswa PGSD. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 116. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496

Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Menulis dan Berbicara di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 86-91. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Kemendikbud. (2021). Framework AKM. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 3. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kumalasari, A., & Latifah. (2022). Bahasa Indonesia Anak-Anak yang Mengubah Dunia. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Nomor 1). https://buku.kemdikbud.go.id

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Pamularsih, N. (2024, 13 November). Kurikulum Merdeka. Pikiran Rakyat.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2006). P-2024. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal (Vol. 42, Nomor ABSTRACT). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ad:p]2.0.co;2 DOI: https://doi.org/10.1290/1543-706X(2006)42[39-Ad:P]2.0.CO;2

Rusdi, M. (2019). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan. Rajawali Pers PT RajaGrafindo Persada.

Sania, A., Nst, S., & Prasasti, T. I. (2024). Jurnal inovasi sekolah dasar. 1(4).

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H. (2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 207. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf

Sholikha, A. N., Zahra, F. Y., Amalia, M., Susanto, K., & Sari, N. (2003). CENDEKIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Gaya Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Rendah Di Kelas V CendekiA : Jurnal Ilmiah Pendidikan , Volume 12 No . 2 , September 2024. 187–195.

Suyitno, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Uswatun, H., & Silitonga, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah (GLS). In Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/gerakan-literasi-sekolah/

Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Bahasa Indonesia Bergerak bersama SD KLS V. In Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog. https://buku.kemdikbud.go.id

Wahyudin, D. (2024, 25 Desember). Belajar dari Pangeran Kornel. Zonaliterasi. Diakses dari https://zonaliterasi.id/belajar-dari-pangeran-kornel/.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236 DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Published

2025-02-27

How to Cite

Rohaeni, S., Dadan Djuanda, & Prana Dwija Iswara. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Barat Fase C. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1387–1396. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5495

Issue

Section

Articles

Categories