Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Barat Fase C
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5495
Keywords:
bahan ajar, budaya Jawa Barat, literasi, teks, e-bookAbstract
Penelitian ini berbentuk sebuah pengembangan bahan ajar materi teks Bahasa Indonesia berbasis budaya Jawa Barat untuk peserta didik SD Fase C dalam bentuk buku teks pendamping e-book. Minimnya bahan ajar yang merepresentasikan budaya lokal dalam buku paket yang digunakan sekolah menjadi latar belakang utama penelitian ini. Model pengembangan yang digunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Buku teks pendamping e-book ini dirancang selaras dengan Kurikulum Merdeka dan mendukung peningkatan literasi peserta didik melalui berbagai jenis teks, yaitu teks biografi, narasi, deskripsi dan prosedur yang mengandung bacaan tema budaya Jawa Barat. Buku ini terdiri dari 80 teks dilengkapi dengan 400 soal latihan AKM literasi level 3 berbasis digital, ilustrasi visual, animasi, video pembelajaran, puzzle, riwayat penyimpanan, forum diskusi dan QR code untuk memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar ini memiliki tingkat validitas tinggi dalam aspek isi, kebahasaan, dan penyajian. Implementasi metode evaluasi satu-satu di tiga daerah sekolah dasar Jawa Barat dengan melibatkan 36 peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar ini efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca dan minat belajar peserta didik terhadap teks berbasis budaya lokal. Respon guru dan peserta didik positif, terutama dalam aspek keterbacaan, daya tarik, dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar yang kontekstual dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan lebih lanjut bahan ajar berbasis budaya lokal guna mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan.
Downloads
References
Aditomo, A. (2024a). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. 1–72.
Aditomo, A. (2024b). Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi Tahun 2024. BSKAP Kemendikbudristek, 4–132.
Arviana, R. (2019). Urgensi Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0,” 1, 875–882.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dasar Negeri Supat, S. I. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index
Djuanda, D. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra Di Sd Dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.883 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.882
Gunanto, S. G. (2017). Penciptaan Permainan Digital Edukatif Berbasis Wawasan Budaya Dan Pendidikan Karakter. Journal of Animation & Games Studies, 2(2), 207. https://doi.org/10.24821/jags.v2i2.1421 DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v2i2.1421
Handayani, T., Hendratno, H., & Indarti, T. (2022). Pengembangan bahan ajar teks fiksi berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran literasi membaca peserta didik kelas IV sekolah dasar. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 23(2), 1–20. https://doi.org/10.23960/aksara/v23i2.pp1-20 DOI: https://doi.org/10.23960/aksara/v23i2.pp1-20
Hanifa, M., Lidinillah, D. A. M., & Mulyadiprana, A. (2021). Perancangan Buku Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 965–976. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41877 DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41877
Hidayati, P. P., Ahmad, A., & Inggriyani, F. (2018). Penggunaan Formula Grafik Fry untuk Menganalisis Keterbacaan Wacana Mahasiswa PGSD. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 116. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496 DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496
Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Menulis dan Berbicara di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 86-91. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359
Kemendikbud. (2021). Framework AKM. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 3. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kumalasari, A., & Latifah. (2022). Bahasa Indonesia Anak-Anak yang Mengubah Dunia. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Nomor 1). https://buku.kemdikbud.go.id
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.
Pamularsih, N. (2024, 13 November). Kurikulum Merdeka. Pikiran Rakyat.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2006). P-2024. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal (Vol. 42, Nomor ABSTRACT). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ad:p]2.0.co;2 DOI: https://doi.org/10.1290/1543-706X(2006)42[39-Ad:P]2.0.CO;2
Rusdi, M. (2019). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan. Rajawali Pers PT RajaGrafindo Persada.
Sania, A., Nst, S., & Prasasti, T. I. (2024). Jurnal inovasi sekolah dasar. 1(4).
Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H. (2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 207. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
Sholikha, A. N., Zahra, F. Y., Amalia, M., Susanto, K., & Sari, N. (2003). CENDEKIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Gaya Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Rendah Di Kelas V CendekiA : Jurnal Ilmiah Pendidikan , Volume 12 No . 2 , September 2024. 187–195.
Suyitno, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
Uswatun, H., & Silitonga, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah (GLS). In Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/gerakan-literasi-sekolah/
Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Bahasa Indonesia Bergerak bersama SD KLS V. In Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog. https://buku.kemdikbud.go.id
Wahyudin, D. (2024, 25 Desember). Belajar dari Pangeran Kornel. Zonaliterasi. Diakses dari https://zonaliterasi.id/belajar-dari-pangeran-kornel/.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236 DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.