Investigation of Qawā’id Al-‘Arabiyyah Learning in IIK Program Based on Ṭarīqah An-Nuṣūṣ Al-Mutakāmilah At MAN 1 Sumedang

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5505

Authors

  • Fayidla Nurul Fikri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mia Nurmala Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maman Abdurahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syukran Syukran Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Keywords:

Learning, Qawā’id Al-‘Arabiyyah, Ṭarīqah An-Nuṣūṣ Al-Mutakāmilah

Abstract

The purpose of this study is to describe various information regarding the implementation of ṭarīqah an-nuṣūṣ al-mutakāmilah in qawā'id al-‘arabiyyah learning. This research paradigm is interpretive with a qualitative approach. The research method used is a case study. The data collection techniques used are observation, interview, and document analysis. The data analysis technique in this research uses pattern-matching theory. The results showed that ṭarīqah an-nuṣūṣ al-mutakāmilah is an applicative and interactive learning method based on Arabic texts used to improve the ability of qawā'id al- 'arabiyyah to students. This method can help students apply the material quickly. Teachers and students are actively involved in learning and use supporting books published by the Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia in 2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, A. P. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa arab materi qawā’id melalui metode mind map. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(1), 20–22. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i1.617. DOI: https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i1.617

Akbar, A. M., Febriyanti, Rahmawati, I., Subadriah, S., & Fihriyandi. (2022). Kompetensi guru dan efektivitas pembelajaran. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB), 2(1), 18–26.

Al Farizi, A. R., Fadhilah, A. N., & Ahmala, M. (2023). Penerapan pembelajaran naḥwu şarf menggunakan lagu manhaji. Lughati, 1(2), 173–191.

Anggraeni, R. F., & Nawawi, M. (2024). Implementsi buku panduan praktis al-imrithy dalam meningkatkan pembelajaran qawā’id peserta IHFAD pondok pesantren darussalam blokagung banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 255–267. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/3264/1719.

Anshar. (2022). Korelasi penguasaan mufradāt bahasa arab dengan keterampilan berpidato bahasa arab. Al-Maraji, 6(1), 67–81. DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8130

Ansharullah, M., Sholeh, M. M. A., & Farhan, M. (2019). Pembelajaran bahasa arab menggunakan metode tamyīz di SMP islam sultan agung 4 semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 960–968.

Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daroini, S. (2022). Studi kelayakan buku ajar bahasa arab berdasarkan standar BSNP. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.4870. DOI: https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i2.4870

Aziza, I., Mardhiyah, S. M., & Hilmi, D. (2021). Efektivitas penggunaan metode al-miftah li al-ulūm dalam pembelajaran naḥwu di pondok pesantren miftahul ulum bulupayung malang. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i2.1031. DOI: https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i2.1031

Bahroyni, S. (2022). Urgensi bahasa arab sebagai bahasa komunikatif. AL-FATIH: Jurnal Studi Islam, 10(1), 69–75.

Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa arab reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181. DOI: https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. COLLASE: Journal of Elementary Education, 04(03), 337–347.

Devaki, V. (2024). Exploring the impact of innovative assessment methods on learning outcomes: A review of project-based assessments, portfolios, peer assessment, and self-assessment. Hershey: IGI Global Scientific Publishing. https://doi.org/10.4018/979-8- 3693-3645-8.ch015.

Ekawati, D., & Arifin, A. (2022). Pendekatan dalam pembelajaran bahasa arab: Teori, konsep, dan implementasi. An Nabighoh, 24(1), 111–126. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818. DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818

Falah, M., Maulana, M. F., & Arief, E. (2021). Pembelajaran kosa kata untuk meningkatkan pemahaman bahasa arab siswa mts swasta fajrul iman patumbak. Jurnal Taushiah FAI UISU, 11(1), 93–107. DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v11i1.4685

Faridah, Oya, A., Suryaningsih, S., & Fauzi, A. (2024). Keterlibatan siswa melalui metode pembelajaran interaktif dan teknik penilaian inovatif di sekolah dasar: Analisis bibliometrik. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 05(01), 16–30.

Fatihah, S. A., Rahmayani, D., Maula, M. D., & Umbar, K. (2023). Analisis kesalahan dalam membaca teks arab mahasiswa pendidikan bahasa arab. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 4(1), 41–51. https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/23033. DOI: https://doi.org/10.22437/ad-dhuha.v4i1.23033

Fauziah, H. S., Nurmala, M., & Nurbayan, Y. (2024). Learning arabic vocabulary by utilizing the tobo arabic application. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 7(2), 266–280. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v7i2.12335

Ghumaida, N., Umayroh, F., Ramadhani, N. P., Anderu, A. R., & Prajnamitha, T. (2023). Pengaruh metode qirā’ah dan istimā’ dalam membaca dan menghafal kosa kata pada program studi pendidikan bahasa arab. JURNAL MAJEMUK, 2(2), 180–188.

Habibah, A., Syihabuddin, S., & Nurbayan, Y. (2022). Menumbuhkan cinta bahasa arab dengan bi’ah ’arabiyyah di pondok pesantren. Arabi : Journal of Arabic Studies, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.24865/ajas.v7i2.332. DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v7i2.332

Hanip, A. R., Ahmad, & Alim, A. (2023). Analisis buku ajar al-’arabiyyah baina yadaik jilid II. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaAraban, 6(2), 789–814. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v6i2.2576

Hartati, E. D. (2023). Implementasi pembelajaran bahasa arab dengan metode tamyīz pada siswa di SMP IT al munadi medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 877–882. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.328. DOI: https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.328

Hidayat, S., Sastrawan, D., & Anwar, K. (2022). Penerapan metode qawā’id wa tarjamah untuk meningkatkan pemahaman struktur bahasa arab dasar mabni dan mu’rab. Al Mitsali, 2(1), 57–69.

Ismail, Z. (2011). Turuq tadrīs mawād al-lugah al-'arabiyyah. Madinah: Universitas Internasional Madinah.

Jaladri, K., & Syafi'a, I. (2019). Penerapan metode tamyīz dalam pembelajaran bahasa arab di PPTQ-TD tarbiyatul ummah sukoharjo. Thulabuna, 1(1). https://jurnal.stimsurakarta.ac.id/index.php/thulabuna/article/view/40.

Kurnia, I. R., Barokah, A., Edora, E., & Syafitri, I. (2024). Analisis empat standar kompetensi guru di lingkungan sekolah dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 65–74. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.44806. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.44806

Kuslulat, N. A. (2023). Metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2029. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2029

Latifah, D. (2016). Teori belajar dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 245–256. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/viewFile/32/27.

Megawati. (2022). Efektivitas penerapan metode qawā’id wa tarjamah dalam meningkatkan mahārah al-qirā’ah siswa kelas VIII-B MTs muallimin muhammadiyah makassar. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 95–105.

Mulyani, S. (2020). Metode pembelajaran gramatika bahasa arab (telaah buku al-lubab quantum reading book karya ahmad fakhruddin). Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 16(2), 221–236.

Murtadlo, A., & Widhyahrini, K. (2019). Model pembelajaran interaktif dengan metode tanya jawab dalam meningkatan hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah. Quality, 7(2), 32–47. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5848. DOI: https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5848

Naimah, I., Faiqoh, P. K., & Yurista, K. (2023). Implementasi penggunaan kitab durūs al-lughah pada pembelajaran mahārah al-qirā’ah di PPTQ al-ma’ruf. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 14–23. https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.693. DOI: https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.693

Nurmala, M., Arifa, Z., Sutaman, S., Supriadi, R., & Azizah, A. (2024). The role of the teachers in arabic learning as a third language for military purposes class. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 7(2), 325–339.

Nuzula, U. N. S., & Ammar, F. M. (2023). Analisis pembelajaran 'ilmu al-balāghah di madrasah aliyah muhammadiyah 08 takerharjo solokuro lamongan. Emergent Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 3(2), 1–7. https://doi.org/10.47134/emergent.v3i2.19. DOI: https://doi.org/10.47134/emergent.v3i2.19

Qudsi, A. H., & Anugrah, D. (2021). Penerapan metode tamyīz (cara asyik belajar bahasa arab) untuk anak. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(45), 1–5. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/752.

Rahmawati, C., & Jalaludin, M. R. A. (2023). Implementasi metode amṡilati dalam kajian kitab kuning di pesantren salaf. El-Fusha: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan, 4(2), 153–168. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/alfusha/index. DOI: https://doi.org/10.33752/el-fusha.v4i2.5552

Rasyidi, Z. Z. (2020). Pembelajaran qawā’id: perspektif teori kognitif pada pondok pesantren raudhatut thalibin kalimantan selatan. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 103–116. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1865. DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1865

Risnawati, E., & Saefuloh, H. (2019). Pengaruh metode active learning strategi number head together (NHT) terhadap pembelajaran kitab naḥwu waḍīh dalam penguasaan materi naḥwu. El-Ibtikar, 8(2), 187–207.

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(2), 113–124. DOI: https://doi.org/10.29210/1202121176

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran bahasa arab. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Sholehuddin, A., & Wijaya, M. (2019). Implementasi metode amṡilati dalam meningkatkan kemampuan mahārah al-qirā’ah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 47–64. DOI: https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.708

Taubah, M. (2019). Mahārah dan kafā’ah dalam pembelajaran bahasa arab. STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765. DOI: https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765

Thu'aimah, R. A., & Manna, M. A. (2000). Tadrīs al-'arabiyyah fi at-ta'līm al-'amm: Nazhariyyāt wa tajārib. Kairo: Dar al-Fikr al-'Arabi.

Ubadah, U. (2020). Metode pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN palu. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.24239/albariq.v1i2.6. DOI: https://doi.org/10.24239/albariq.v1i2.6

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2019). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD negeri maguwoharjo 1 yogyakarta. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(2), 121–139.

Utami, R. L. (2020). Konsep pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan komunikatif di kelas VII SMP muhammadiyah 1 depok. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 64. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.12270. DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.12270

Wahab, M. A. (2008). Epistemologi dan metodologi pembelajaran bahasa arab. Jakarta: UIN JAKARTA PRESS.

Wahyuni, A. S., Musalwa, Rasyid, I., & Asrina. (2024). Teori dan aplikasi metode gramatika & terjemah (qawā’id wa tarjamah) dalam pembelajaran bahasa arab. At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v15i1.9543.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode penelitian studi kasus: Konsep, teori pendekatan psikologi komunikasi, dan contoh penelitiannya. Madura: UTM PRESS.

Yin, R. K. (1989). Case study research design and methods. Washington: COSMOS Corporation.

Yunisa, M. (2022). Problermatika pembelajaran bahasa arab dalam aspek ilmu naḥwu dan şarf pada kelas x madrasah aliyah laboratium jambi. AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 03(2), 1–15. DOI: https://doi.org/10.56874/faf.v2i1.356

Zahroh, F., & Wijaya, M. (2023). Implementasi metode mindmap dalam pembelajaran ilmu naḥwu siswi XI program keagamaan MAN 1 probolinggo. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 13(1), 11–26. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/index. DOI: https://doi.org/10.22373/ls.v13i1.18026

Zainuddin, M. (2021). Pembelajaran dengan metode tamyīz sebagai alternative pembelajaran bahasa arab. Sanaamul Qur'an: Jurnal Wawasan Keislaman, 2(2). DOI: https://doi.org/10.62096/sq.v2i2.22

Zamroni, M. R., Fajrin, A. A., Zahroh, T. A., & Kholid, N. (2023). Manajemen program intensif bahasa arab pada peminatan keagamaan MAN 2 kota malang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 190–199. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i1.34390. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i1.34390

Published

2025-03-09

How to Cite

Fikri, F. N., Nurmala, M., Abdurahman, M., & Syukran, S. (2025). Investigation of Qawā’id Al-‘Arabiyyah Learning in IIK Program Based on Ṭarīqah An-Nuṣūṣ Al-Mutakāmilah At MAN 1 Sumedang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1414–1431. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5505

Issue

Section

Articles

Categories