Analisis Linguistik Forensik terhadap Penggunaan Bahasa dalam Kelas Bahasa Indonesia: Dampak Kekuasaan dan Hierarki pada Interaksi Guru dan Siswa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5541
Keywords:
Interaksi guru dan siswa, Kekuasan dan hierarki, Linguistik forensikAbstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mengidentifikasi bagaimana bahasa digunakan untuk mempertahankan atau mengubah hierarki sosial yang ada dalam pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis dan analisis percakapan, penelitian ini mengkaji bagaimana kekuasaan dan hierarki memengaruhi interaksi antara guru dan siswa, yang merupakan aspek penting dalam dinamika pendidikan tetapi sering diabaikan dalam penelitian linguistik forensik yang lebih fokus pada konteks hukum atau kejahatan verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuasaan dan hierarki antara guru dan siswa di kelas nampak sebagai kontrol yang dimiliki guru dalam proses pembelajaran di kelas tercermin dari cara interaksi guru melalui struktur kalimat dan tindak tutur yang digunakan guru, serta pola giliran berbicara sesuai konteks sebagai indikator dominasi guru atau partisipasi siswa. Hal ini membawa dampak pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran, yang mendorong keterlibatan aktif dan refleksi mendalam.
Downloads
References
Ahya, A. S., Qomariyah, L., & Subakti, H. (2021). Tindak tutur direktif dalam pembelajaran daring. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 81-92. https://doi.org/10.25273/linguista.v5i2.10035 DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v5i2.10035
Akhirotul, B. (2022). Analisis Pola Interaksi pada Kelas Bahasa Inggris Daring. ETNOLINGUAL, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.20473/etno.v6i2.42039 DOI: https://doi.org/10.20473/etno.v6i2.42039
Ana, S. L., Rahmawanti, N., & Dony, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing pada Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Wanaraya. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(2), 36-41. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2386 DOI: https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2386
Bella, A., Munirah, M., & Yusuf, A. B. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Iklan Layanan Masyarakat Terkait Covid-19 di Televisi (Kajian Pragmatik). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2), 483-498. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1820 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1820
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59 DOI: https://doi.org/10.53696/27219283.59
Fitriati, S. W., Adisti, A. R., Tri Hapsari, C., & Farida, A. N. (2023). Peningkatan Kompetensi Mengajar Bahasa Inggris Guru-Guru PAUD melalui Pelatihan Pembelajaran dan Sumber Belajar Interaktif. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 224–237. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.31239 DOI: https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.31239
Harisah, S. (2021). Analisis tindak tutur asertif guru di sd inpres duyu. Kinesik, 8(2), 201-215. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.167 DOI: https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.167
Ismail, A. (2018). Pilihan Kosakata Nilai Ekspriensial Kekuasan Guru Perempuan Bugis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(2), 119-139. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6309 DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6309
Ismawati, I., Agustina, H., & Ramdhani, M. (2023). Tindak Kejahatan dalam Film Menhunt Unabomber sebuah Kajian Linguistik Forensik. SeBaSa, 6(2), 416–430. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.21307 DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.21307
Jannah, M., & Mujianto, G. (2021). Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Tema Kayanya Negeriku dengan Metode Small Group Work pada Kelas IV SDN 2 Ranaheng Banyumas Jawa Tengah. Kode: Jurnal Bahasa, 10(4), 23-36. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30739 DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30739
Jubaedah, S., Setiawan, H., & Meliasanti, F. (2021). Analisis kalimat imperatif pada pidato nadiem makarim rekomendasi sebagai bahan ajar teks pidato persuasif. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3808-3815. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246
Karren Ohanga, O., Ipara Odeo, I., & Abenga, E. (2021). Lower Primary School Teachers’ Attitudes Towards Educational Language Policy in Kenya. Teacher Education and Curriculum Studies, 6(4), 137-149. https://doi.org/10.11648/j.tecs.20210604.15 DOI: https://doi.org/10.11648/j.tecs.20210604.15
Khoir, L. & Prabawa, A. (2023). Analisis tindak tutur direktif podcast hardiknas 2021 presiden jokowi dan nadiem. Jurnal Onoma Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2), 844-859. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1955 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1955
Li, M. (2007). Foreign Language Education in Primary Schools in the People’s Republic of China. Current Issues in Language Planning, 8(2), 148–160. https://doi.org/10.2167/cilp113.0 DOI: https://doi.org/10.2167/cilp113.0
Maulida, A. N., & Solihati, N. (2023). Tindak tutur direktif guru kepada siswa kelas VIII dalam proses belajar mengajar di SMP Mandiri Jati Uwung Kota Tangerang: Kajian pragmatik. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2), 103–119. https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8193 DOI: https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8193
Maulina, M. (2022). Representasi Kekuasaan Tindak Tutur Direktif Guru Kelas pada Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Banjarmasin (Representation of the Power of Directive Speech Acts Produced by The Class Teacher At Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Banjarmasin). Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 12(2), 313-325. https://doi.org/10.20527/jbsp.v12i2.14543 DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v12i2.14543
Musawir, M., Amir, J., & Saleh, M. (2022). Honesty in Language in Special Fugitive Scandal: Forensic Linguistic Studies in Broadcasting Talks Indonesia Lawyers Club. Journal of Asian Multicultural Research for Social Sciences Study, 3(1), 40–49. https://doi.org/10.47616/jamrsss.v3i1.256 DOI: https://doi.org/10.47616/jamrsss.v3i1.256
Nahak, S., Suwandi, S., & Wardani, N. (2020). Directive speech acts in Indonesian language learning in surakarta citizens' high schools. Aksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.21009/aksis.040101 DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.040101
Nganga, C. S., Maroko, G., & Ong’onda, A. N. (2023). Teachers’ Interpretation and Application of Language Policy Guidelines in Kenya. Multilingual Academic Journal of Education and Social Sciences, 11(1). https://doi.org/10.46886/MAJESS/v11-i1/7445 DOI: https://doi.org/10.46886/MAJESS/v11-i1/7445
Nuryani, N., & Soleha, M. (2023). Perseteruan Bahasa: Sebuah Kajian Linguistik Forensik Atas Wawancara Pengacara. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 14(1), 48–64. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.539 DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.539
Subargo, Y. L., Yarno, Y., & Satrio, P. (2023). Teknik Interviu dalam Inkonsistensi Pembelajaran Daring terhadap Mahasiswa Universitas Airlangga (Kajian Linguistik Forensik). Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 23-40. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7057 DOI: https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7057
Susilowati, N. E., Arimi, S., Surahmat, S., & Imamah, F. M. (2023). Alleged case of blasphemy on podcast: Forensic linguistic analysis. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 51(2), 225-239. https://doi.org/10.17977/um015v51i22023p225 DOI: https://doi.org/10.17977/um015v51i22023p225
Tibo, P., Tobing, O. S. L., & Brutu, Y. T. (2022). Peran Guru Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(3), 151–157. https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903 DOI: https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903
Warami, H. (2022). Kejahatan Bahasa di Wilayah Hukum Papua Barat: Kajian Linguistik Forensik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(1), 76-93. https://doi.org/10.26499/rnh.v11i1.2699 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v11i1.2699
Widiyarti, H., Akhyaruddin, A., & Purba, A. (2022). Analisis tindak tutur direktif antara guru dan siswa kelas vii smp negeri 1 muaro jambi. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 177-185. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3053 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3053
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.