Analisis Linguistik Forensik terhadap Penggunaan Bahasa dalam Kelas Bahasa Indonesia: Dampak Kekuasaan dan Hierarki pada Interaksi Guru dan Siswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5541

Authors

  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Daroe Iswatiningsih Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Arif Setiawan Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Interaksi guru dan siswa, Kekuasan dan hierarki, Linguistik forensik

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mengidentifikasi bagaimana bahasa digunakan untuk mempertahankan atau mengubah hierarki sosial yang ada dalam pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis dan analisis percakapan, penelitian ini mengkaji bagaimana kekuasaan dan hierarki memengaruhi interaksi antara guru dan siswa, yang merupakan aspek penting dalam dinamika pendidikan tetapi sering diabaikan dalam penelitian linguistik forensik yang lebih fokus pada konteks hukum atau kejahatan verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuasaan dan hierarki antara guru dan siswa di kelas nampak sebagai kontrol yang dimiliki guru dalam proses pembelajaran di kelas tercermin dari cara interaksi guru melalui struktur kalimat dan tindak tutur yang digunakan guru, serta pola giliran berbicara sesuai konteks sebagai indikator dominasi guru atau partisipasi siswa. Hal ini membawa dampak pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran, yang mendorong keterlibatan aktif dan refleksi mendalam.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahya, A. S., Qomariyah, L., & Subakti, H. (2021). Tindak tutur direktif dalam pembelajaran daring. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 81-92. https://doi.org/10.25273/linguista.v5i2.10035 DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v5i2.10035

Akhirotul, B. (2022). Analisis Pola Interaksi pada Kelas Bahasa Inggris Daring. ETNOLINGUAL, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.20473/etno.v6i2.42039 DOI: https://doi.org/10.20473/etno.v6i2.42039

Ana, S. L., Rahmawanti, N., & Dony, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing pada Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Wanaraya. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(2), 36-41. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2386 DOI: https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2386

Bella, A., Munirah, M., & Yusuf, A. B. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Iklan Layanan Masyarakat Terkait Covid-19 di Televisi (Kajian Pragmatik). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2), 483-498. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1820 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1820

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59 DOI: https://doi.org/10.53696/27219283.59

Fitriati, S. W., Adisti, A. R., Tri Hapsari, C., & Farida, A. N. (2023). Peningkatan Kompetensi Mengajar Bahasa Inggris Guru-Guru PAUD melalui Pelatihan Pembelajaran dan Sumber Belajar Interaktif. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 224–237. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.31239 DOI: https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.31239

Harisah, S. (2021). Analisis tindak tutur asertif guru di sd inpres duyu. Kinesik, 8(2), 201-215. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.167 DOI: https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.167

Ismail, A. (2018). Pilihan Kosakata Nilai Ekspriensial Kekuasan Guru Perempuan Bugis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(2), 119-139. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6309 DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6309

Ismawati, I., Agustina, H., & Ramdhani, M. (2023). Tindak Kejahatan dalam Film Menhunt Unabomber sebuah Kajian Linguistik Forensik. SeBaSa, 6(2), 416–430. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.21307 DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.21307

Jannah, M., & Mujianto, G. (2021). Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Tema Kayanya Negeriku dengan Metode Small Group Work pada Kelas IV SDN 2 Ranaheng Banyumas Jawa Tengah. Kode: Jurnal Bahasa, 10(4), 23-36. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30739 DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30739

Jubaedah, S., Setiawan, H., & Meliasanti, F. (2021). Analisis kalimat imperatif pada pidato nadiem makarim rekomendasi sebagai bahan ajar teks pidato persuasif. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3808-3815. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246

Karren Ohanga, O., Ipara Odeo, I., & Abenga, E. (2021). Lower Primary School Teachers’ Attitudes Towards Educational Language Policy in Kenya. Teacher Education and Curriculum Studies, 6(4), 137-149. https://doi.org/10.11648/j.tecs.20210604.15 DOI: https://doi.org/10.11648/j.tecs.20210604.15

Khoir, L. & Prabawa, A. (2023). Analisis tindak tutur direktif podcast hardiknas 2021 presiden jokowi dan nadiem. Jurnal Onoma Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2), 844-859. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1955 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1955

Li, M. (2007). Foreign Language Education in Primary Schools in the People’s Republic of China. Current Issues in Language Planning, 8(2), 148–160. https://doi.org/10.2167/cilp113.0 DOI: https://doi.org/10.2167/cilp113.0

Maulida, A. N., & Solihati, N. (2023). Tindak tutur direktif guru kepada siswa kelas VIII dalam proses belajar mengajar di SMP Mandiri Jati Uwung Kota Tangerang: Kajian pragmatik. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2), 103–119. https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8193 DOI: https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8193

Maulina, M. (2022). Representasi Kekuasaan Tindak Tutur Direktif Guru Kelas pada Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Banjarmasin (Representation of the Power of Directive Speech Acts Produced by The Class Teacher At Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal Banjarmasin). Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 12(2), 313-325. https://doi.org/10.20527/jbsp.v12i2.14543 DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v12i2.14543

Musawir, M., Amir, J., & Saleh, M. (2022). Honesty in Language in Special Fugitive Scandal: Forensic Linguistic Studies in Broadcasting Talks Indonesia Lawyers Club. Journal of Asian Multicultural Research for Social Sciences Study, 3(1), 40–49. https://doi.org/10.47616/jamrsss.v3i1.256 DOI: https://doi.org/10.47616/jamrsss.v3i1.256

Nahak, S., Suwandi, S., & Wardani, N. (2020). Directive speech acts in Indonesian language learning in surakarta citizens' high schools. Aksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.21009/aksis.040101 DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.040101

Nganga, C. S., Maroko, G., & Ong’onda, A. N. (2023). Teachers’ Interpretation and Application of Language Policy Guidelines in Kenya. Multilingual Academic Journal of Education and Social Sciences, 11(1). https://doi.org/10.46886/MAJESS/v11-i1/7445 DOI: https://doi.org/10.46886/MAJESS/v11-i1/7445

Nuryani, N., & Soleha, M. (2023). Perseteruan Bahasa: Sebuah Kajian Linguistik Forensik Atas Wawancara Pengacara. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 14(1), 48–64. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.539 DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.539

Subargo, Y. L., Yarno, Y., & Satrio, P. (2023). Teknik Interviu dalam Inkonsistensi Pembelajaran Daring terhadap Mahasiswa Universitas Airlangga (Kajian Linguistik Forensik). Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 23-40. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7057 DOI: https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7057

Susilowati, N. E., Arimi, S., Surahmat, S., & Imamah, F. M. (2023). Alleged case of blasphemy on podcast: Forensic linguistic analysis. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 51(2), 225-239. https://doi.org/10.17977/um015v51i22023p225 DOI: https://doi.org/10.17977/um015v51i22023p225

Tibo, P., Tobing, O. S. L., & Brutu, Y. T. (2022). Peran Guru Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(3), 151–157. https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903 DOI: https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903

Warami, H. (2022). Kejahatan Bahasa di Wilayah Hukum Papua Barat: Kajian Linguistik Forensik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(1), 76-93. https://doi.org/10.26499/rnh.v11i1.2699 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v11i1.2699

Widiyarti, H., Akhyaruddin, A., & Purba, A. (2022). Analisis tindak tutur direktif antara guru dan siswa kelas vii smp negeri 1 muaro jambi. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 177-185. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3053 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3053

Published

2025-03-12

How to Cite

Mujianto, G., Iswatiningsih, D., & Setiawan, A. (2025). Analisis Linguistik Forensik terhadap Penggunaan Bahasa dalam Kelas Bahasa Indonesia: Dampak Kekuasaan dan Hierarki pada Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1450–1462. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5541

Issue

Section

Articles

Categories