Pengembangan Digital Storytelling pada Pembelajaran Cerpen Peserta Didik Fase D SMA di Muaro Jambi

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5548

Authors

  • Ummi Maymunah Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Yusra D Universitas Jambi

Keywords:

ADDIE, cerpen, digital storytelling, pengembangan

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan digital storytelling yang diterapkan pada peserta didik kelas XI dalam pembelajaran cerpen. Deskripsi tersebut mencakup validasi, kepraktisan, serta keberhasilan penggunaan digital storytelling dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman peserta didik pada materi cerpen lewat digital storytelling.  Penelitian ini merupakan jenis R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation), yang telah dimodifikasi oleh Robert Maribe Branch (2009). Produk yang dihasilkan adalah video digital storytelling dan modul ajar pendukung yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil validasi ahli materi sebesar 96%, validasi ahli media 81,6% dan validasi ahli kurikulum 95% dengan tingkat validitasnya yaitu sangat valid. Hasil kepraktisan oleh ahli praktisi sebesar 80% dengan tingkat validitas yaitu valid dan tingkat kepraktisan dari peserta didik sebesar 92% yang artinya sangat valid. Digital storytelling dinyatakan berhasil dikembangkan dengan baik setelah evaluasi submasif terlaksana. Hasil evaluasi submasif tersebut berupa penugasan peserta didik. Hasil perolehan nilai akhir penugasan peserta didik tersebut memuaskan dengan nilai A dan B.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Alifa, N. & Setyaningsih, N.H. (2019). Pengaruh Keterampilan Menyimak dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 98-103.

Andreanty, V., Harjono, H.S., & Priyanto, P. (2024). Pengembangan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(3), 2810-2823. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016

Asnidar, A. & Junaid, J. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Semantik Berbasis Multimedia dengan Google Sites.

Ayumi, A.Y., Haryadi, & Pristiwati, R. (2021). Kajian dan Rekonstruksi Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Menulis Teks Narasi. ASAS: Jurnal Sastra, 10(2), 161-170. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(3), 3467-3473. DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26317

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dewi, Y. & Mikaresti, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pikir Bareng dan Berbagi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 116-128. DOI: https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6914

Fajrideani, W., Sumiyadi, S., & Nugroho, R.A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(3), 3170-3187. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4075

Harjono, H.S. (2019). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706

Jaliusril, Asyhar, R., & Harjono, H.S. (2014). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek untuk Peserta didik SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-21. DOI: https://doi.org/10.22437/teknopedagogi.v2i1.1395

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Hasil PISA 2018: Indonesia https://www.kemendikbud.go.id/main/files/download/9d18462daed4a78

Marwati, H., & Waskitaningtyas, K. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI.. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Nabilah, E. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika dan Digital Storytelling Terhadap Math Literacy pada Peserta didik Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas Virtual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2152-2163. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.769

Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A.R. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development (R&D) (Konsep, Teori-Teori, dan Desain Penelitian). Malang: CV Literasi Nusantara Abadi

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2025-05-12

How to Cite

Maymunah, U., Harjono, H. S. ., & Yusra D. (2025). Pengembangan Digital Storytelling pada Pembelajaran Cerpen Peserta Didik Fase D SMA di Muaro Jambi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2357–2370. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5548

Issue

Section

Articles

Categories