Strategi Pembelajar Pemula Bahasa Prancis di Perguruan Tinggi

https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563

Authors

  • Tania Intan Universitas Padjadjaran

Keywords:

strategi belajar, pembelajar pemula, bahasa Prancis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pembelajar pemula bahasa Prancis di tingkat perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan secara daring pada tanggal 20 Maret 2021 kepada 25 responden mahasiswa baru angkatan 2020/2021 pada Program Studi Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Responden dipilih secara acak dari populasi seluruh mahasiswa angkatan tersebut. Data selanjutnya diklasifikasi, diinterpretasi, dan dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai strategi pembelajar pemula bahasa Prancis. Landasan teoretis tentang strategi belajar terutama berasal dari Isyam dan Cyr. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden yang menjadi representasi mahasiswa pemula pembelajar bahasa Prancis menunjukkan telah menerapkan sebagian besar strategi belajar bahasa asing yang diajukan oleh Isyam. Strategi belajar yang dimaksud meliputi:menemukan strategi belajar yang paling cocok, mengatur informasi bahasa dan program belajar, belajar hidup dengan ketidakpastian, membiarkan konteks membantu, belajar menerka dengan benar, mempelajari kalimat-kalimat atau ungkapan secara keseluruhan, dan mempelajari kebiasaan yang melekat pada penutur asli. Para responden juga telah mempraktikkan strategi belajar menurut Cyr, yaitu strategi metakognitif, kognitif, dan sosio-afektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, S. (2018). Jangan Salah, ini Dia 7 Alasan Mengapa Harus Belajar Bahasa Perancis. idntimes. https://www.idntimes.com/life/education/siti-anisah-2/alasan-belajar-bahasa-perancis-c1c2/full.
Bire, A. L., Geradus, U. dan Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.
Budhianto, Y. (2018). Pembelajaran Bahasa sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. FON Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 172-182.
Cyr, P. (1996). Les Stratégies d’apprentissage. Paris: CLE International.
Fatimah dan Sari, R. D. K. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 108-113.
Gardner, R. d. L., W. (1972). Attitudes and Motivation in Secondary Language Learning. Rowley, M.A: Newbury House.
Hariadi, B. d. U., D.D.M. (2010). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Perancis Berbantuan Komputer dengan Metode Accelerated Learning. Paper presented at the SNASTI-OSIT.
Hasanah, F. d. S., N.H. (2017). Strategi Belajar Efektif bagi Pembelajar Pemula Bahasa Perancis di Madrasah Aliyah Negeri Model Babakan Ciwaringin Majalengka-Cirebon. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(3), 200-203.
Irwandy. (2015). Mengenal Diri Mahasiswa Bahasa Prancis melalui Tipe Belajarnya. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 261-279.
Isyam, A. (2011). Strategi-Strategi Belajar Bahasa Asing. Lingua Didaktika, 4(2), 86-95.
Kushartanti. (2007). Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Menyikapi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Wacana, 9(1), 107-117.
Muslich, M. d. S. (2010). Aneka Model Pembelajaran Membaca dan Menulis. Malang: A3 (Asah Asih Asuh).
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33.
Pratama, H. Y. (2014). Analisis Strategi Belajar Bahasa Perancis Siswa Kelas XI IPA di SMAN 2 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Rudianingsih, A., Mulyo, W.S., dan Nugroho, E. (2002). Pengaruh Sikap dan Kendala terhadap Keberhasilan Mahasiswa dalam Bidang Pembelajaran Bahasa Perancis. Jurnal Sosiohumaniora, 4(1), 26-38.
Santosa, R. B. (2017). Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87-102.
Satiakemala, S. (2019). Teknik Wawancara dalam Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menyimak pada Pemelajar Bahasa Perancis. Jurnal Sora, 4(1), 31-39.
Sopiawati, I. (2015). Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam Pembelajaran Comprehension Ecrite IV. Barista, 2(1), 1-19.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Tania Intan. (2021). Strategi Pembelajar Pemula Bahasa Prancis di Perguruan Tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 94–105. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563

Issue

Section

Articles