Strategi Pembelajar Pemula Bahasa Prancis di Perguruan Tinggi
https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563
Keywords:
strategi belajar, pembelajar pemula, bahasa PrancisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pembelajar pemula bahasa Prancis di tingkat perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan secara daring pada tanggal 20 Maret 2021 kepada 25 responden mahasiswa baru angkatan 2020/2021 pada Program Studi Sastra Prancis Universitas Padjadjaran. Responden dipilih secara acak dari populasi seluruh mahasiswa angkatan tersebut. Data selanjutnya diklasifikasi, diinterpretasi, dan dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai strategi pembelajar pemula bahasa Prancis. Landasan teoretis tentang strategi belajar terutama berasal dari Isyam dan Cyr. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden yang menjadi representasi mahasiswa pemula pembelajar bahasa Prancis menunjukkan telah menerapkan sebagian besar strategi belajar bahasa asing yang diajukan oleh Isyam. Strategi belajar yang dimaksud meliputi:menemukan strategi belajar yang paling cocok, mengatur informasi bahasa dan program belajar, belajar hidup dengan ketidakpastian, membiarkan konteks membantu, belajar menerka dengan benar, mempelajari kalimat-kalimat atau ungkapan secara keseluruhan, dan mempelajari kebiasaan yang melekat pada penutur asli. Para responden juga telah mempraktikkan strategi belajar menurut Cyr, yaitu strategi metakognitif, kognitif, dan sosio-afektif.
Downloads
References
Bire, A. L., Geradus, U. dan Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.
Budhianto, Y. (2018). Pembelajaran Bahasa sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. FON Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 172-182.
Cyr, P. (1996). Les Stratégies d’apprentissage. Paris: CLE International.
Fatimah dan Sari, R. D. K. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 108-113.
Gardner, R. d. L., W. (1972). Attitudes and Motivation in Secondary Language Learning. Rowley, M.A: Newbury House.
Hariadi, B. d. U., D.D.M. (2010). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Perancis Berbantuan Komputer dengan Metode Accelerated Learning. Paper presented at the SNASTI-OSIT.
Hasanah, F. d. S., N.H. (2017). Strategi Belajar Efektif bagi Pembelajar Pemula Bahasa Perancis di Madrasah Aliyah Negeri Model Babakan Ciwaringin Majalengka-Cirebon. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(3), 200-203.
Irwandy. (2015). Mengenal Diri Mahasiswa Bahasa Prancis melalui Tipe Belajarnya. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 261-279.
Isyam, A. (2011). Strategi-Strategi Belajar Bahasa Asing. Lingua Didaktika, 4(2), 86-95.
Kushartanti. (2007). Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Menyikapi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Wacana, 9(1), 107-117.
Muslich, M. d. S. (2010). Aneka Model Pembelajaran Membaca dan Menulis. Malang: A3 (Asah Asih Asuh).
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33.
Pratama, H. Y. (2014). Analisis Strategi Belajar Bahasa Perancis Siswa Kelas XI IPA di SMAN 2 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Rudianingsih, A., Mulyo, W.S., dan Nugroho, E. (2002). Pengaruh Sikap dan Kendala terhadap Keberhasilan Mahasiswa dalam Bidang Pembelajaran Bahasa Perancis. Jurnal Sosiohumaniora, 4(1), 26-38.
Santosa, R. B. (2017). Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87-102.
Satiakemala, S. (2019). Teknik Wawancara dalam Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menyimak pada Pemelajar Bahasa Perancis. Jurnal Sora, 4(1), 31-39.
Sopiawati, I. (2015). Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam Pembelajaran Comprehension Ecrite IV. Barista, 2(1), 1-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.