Xenoglosofilia dalam Ragam Bahasa Tulis Generasi Z pada Komunitas Belajar Studygram: Analisis Interpretasi Fenomenologi

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5641

Authors

  • Rohmat Rohmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang S. Anshori Universitas Pendidikan Indonesia
  • Encep Kusumah Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

literasi bahasa, generasi Z, studygram, xenoglosofilia

Abstract

Xenoglosofilia berkaitan erat dengan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional dan bahasa asing sebagai alat komunikasi global. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, penyebab, serta implikasi xenoglosofilia dari generasi Z pada Studygram terhadap literasi bahasa. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif jenis Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) melalui analisis konten dan wawancara tertulis dengan wordcloud sebagai alat pengolahan data dan Analisis Wacana Kritis Fairclough sebagai landasan teori. Hasil analisis terhadap 300 unggahan dari 10 subjek menunjukkan xenoglosofilia dalam bentuk campur kode ke luar pada tataran kata dan frasa (nomina, verba, pronomina, adverbia, preposisi, konjungsi, adjektiva, interjeksi) serta alih kode ke luar pada klausa dan kalimat (nominal, verbal, adverbial, adjektival). Pada level tekstual, bentuk ini mencerminkan nilai eksperiental, relasional, dan ekspresif. Pada level praktik diskursif, fenomena ini dipicu oleh strategi menjangkau audiens global, efisiensi istilah, tekanan komunitas, pencitraan profesional, dan optimalisasi algoritma digital. Bahasa asing juga diposisikan sebagai simbol prestise digital yang mewakili simbol kecerdasan dan modernitas, citra profesional-akademik, strategi menarik audiens, kesan eksklusif, dan adaptasi tren global. Xenoglosofilia berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi berbahasa asing, tetapi di sisi lain mendorong pengabaian padanan kata bahasa Indonesia. Hal ini terlihat melalui dimensi situasional (diksi dipilih demi daya tarik digital), institusional (Studygram membentuk kebiasaan linguistik baru), dan sosial (globalisasi mendorong marginalisasi bahasa dan jarak antarpenutur). Penelitian ini merekomendasikan penguatan Trigatra Bangun Bahasa secara kreatif dan kolaboratif agar bahasa Indonesia tetap adaptif dan berdaya di ruang digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, W., Zahra, A., & Salsabila. (2024). Ragam Bahasa Gaul Generasi Z di Media Sosial Twitter. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(1), 132–139. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2568 DOI: https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2568

Arango-Montoya, S., & Gallardo-Echenique, E. (2022). Studygrammers: Learning Influencers as a Source of Credibility. 2021 XVI Latin American Conference on Learning Technologies (LACLO), 558–561. https://doi.org/10.1109/LACLO54177.2021.00102 DOI: https://doi.org/10.1109/LACLO54177.2021.00102

Arnas, B. (2019). Xenoglossy dan Sastra. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 5–13. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10272

Arum, S. L., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812 DOI: https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812

Boltivets, S. (2023). Xenomania in The Guise of Xenophobia: Intimidation for The Sake of Foreign Domination. 87(1), 26–35. https://doi.org/10.35774/pis2023.01 DOI: https://doi.org/10.35774/pis2023.01.026

Cahayu, N., Sumbayak, L. R., & Hadi, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Generasi-Z. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(1), 62–70. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.138 DOI: https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.138

Cahyani, M. I., Agan, S., & Lailiyah, N. (2021). Interferensi Bahasa Inggris terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Remaja di Twitter dan Instagram. Prosiding SEMDIKJAR, 4, 450–462. https://doi.org/10.29407/7xtt3h60

Chan, C. K. Y., & Lee, K. K. W. (2023). The AI Generation Gap : Are Gen Z Students More Interested in Adopting Generative AI Such As ChatGPT in Teaching and Learning than Their Gen X and Millennial Generation Teachers ? Smart Learning Environments, 1–23. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00269-3 (2023) DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-023-00269-3

Czakon, W., Mania, K., Jedynak, M., Ku’zniarska, A., Choi’nski, M., & Dabi´, M. (2024). Who are we ? Analyzing The Digital Identities of Organizations Through The Lens of Micro-Interactions on Social Media. Technological Forecasting & Social Change, 198. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123012 DOI: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123012

Desrina, I. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Gaya Bahasa Remaja: Studi Literatur tentang Bahasa Gaul dan Adaptasinya dalam Bahasa Indonesia. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1617–1623. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1418

Dewani, S. L., Presida, S. B., Saputra, A. F., & Putri, C. S. (2024). Realitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Sosial TikTok Mahasiswa. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i3.165 DOI: https://doi.org/10.47134/pssh.v1i3.165

Fadhli, Efendi, A., & Hidayat, N. S. (2024). Bahasa , Status Sosial , dan Pendidikan: Pendekatan Sosiolinguistik. AL YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 09(2), 295–305. https://doi.org/10.55102/alyasini.v9i2.6466

Fajri, L. M. I., & Sabardila, A. (2021). Humor Bahasa dalam Film Ooo Menu Jarin: Kurang Menge sebagai Kritik Terhadap Fenomena Xenoglosofilia di Ruang Publik. Cakrawala Linguista, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.26737/cling.v4i1.2444

Fasold, R. W. (1984). The Sociolinguistics of Society. B. Blackwell Publisher.

Fitriah, L., Santoso, A., & Taufiqurrahman, F. (2023). Proses Fonologis Bahasa Gaul Generasi ‘Z’ di Sosial Media (Analisis Fonologi Generatif). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 80–88. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2126 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2126

Gultom, E. A., Sinaga, W. A., Situngkir, R. L., & Sari, Y. (2024). Analisis Kedwibahasaan terhadap Pembentukan Identitas Sosial Generasi Z. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 155–169. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.847

Hadi, D. A., Prayitno, H. J., Sumardjoko, B., Afiahah, N. A., Kartini, N. H., & Jamaluddin, N. (2024). Criticism of Xenoglossophilia in National Competition Pamphlets and Its Implementation with Presidential Decree Number 63 of 2019. Proceedings of the 3rd International Conference on Education for All (ICEDUALL 2023), 43–54. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-226-2_5 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-226-2_5

Harahap, G. R., & Alfikri, M. (2023). Fenomena Bahasa Gaul sebagai Komunikasi Generasi Z di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Perdagangan. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(2), 600–606. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.259 DOI: https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.259

Hasanah, A., Yuniawan, T., & Baehaqie, I. (2023). Wujud Satuan Ekspresi Populer pada Wacana Berita Online di Era Teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, LALONGET IV, 49–57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11737 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11737

Irawaty, S., & Prasastiningtyas, W. (2023). Peran Komunikasi Lintas Budaya dalam Fungsi Sosial dan Potensi Maslah yang Timbul (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Sangga Buana dalam Pertukaran Pelajar). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1765–1777. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1708 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1708

Ismail, D. H., Nugroho, J., & Rohayati, T. (2023). Literature Review : Soft Skill Needed by Gen Z in the Era RI 4.0 and 5.0. 20(1), 119–131. https://doi.org/10.31334/bijak.v20i1.3119 DOI: https://doi.org/10.31334/bijak.v20i1.3119

Junaidi, R., & Haryadi, D. (2021). Media dan Produksi Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(1), 48–64. https://doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.12511 DOI: https://doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.12511

Khansa, N. M. (2022). Pengaruh Globalisasi terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jibs.v9i1.6453

Khoirunnisak, A., Febriana, A. N., Mansur, Hermawati, A., & Sani, M. U. (2025). Revitalisasi Komunikasi Sosial di Era Modern. Journal of Democratia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.31331/jade.v3i1.3620

Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (Edisi Keempat). Gramedia Pustaka Utama.

Kulsum, U. (2022). Gadget pada Generasi Z: MEDIA Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Jurnal Guru Kita, 6(2), 105–116. https://doi/org10.24114/jgk.v6i2.33438 DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.33438

Lanin, I. (2018). Xenoglosofilia: Kenapa Harus Nginggris? Penerbit Buku Kompas.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lüders, A., Dinkelberg, A., & Quayle, M. (2022). Becoming “Us” in Digital Spaces: How Online Users Creatively and Strategically Exploit Social Media Affordances to Build Up Social Identity. Acta Psychologica, 228, 103643. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103643 DOI: https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103643

Lussier, C. M., Ditta, A. S., & Speer, A. C. (2023). The Potential Power of “Studygram”: Concrete Visual Representations May Increase Student Motivation, Engagement, and Enjoyment of Routine Course Assignments. Psychology in the Schools, 60(12), 4841–4856. https://doi.org/10.1002/pits.22936 DOI: https://doi.org/10.1002/pits.22936

Martarini, N. M. L., Yulianti, K. A. R., & Sastaparamitha, N. N. A. J. (2021). Media Sosial dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 375–382. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227

Mileh, I. N. (2020). Campur Kode Pemakaian Bahasa Indonesia pada Wacana Iklan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1560 DOI: https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1560

Nababan, P. W. J. (1984). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. PT Gramedia Pustaka Utama.

Napoleoncat. (2025). Social Media Users in Indonesia. Napoleoncat.Com. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2025/02/

Nizza, I. E., Farr, J., & Smith, J. A. (2021). Achieving Excellence in Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): Four Markers of High Quality. Quality in Qualitative Approaches:Celebrating Heterogeneity Submit an Article Journal Homepage, 18(3), 369–386. https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1854404 DOI: https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1854404

Nopiyadi, D., & Guntur, M. (2024). Analisis Campur Kode pada Pidato General Manager Bentani Hotel dalam Rapat Kerja Tahunan. Journal of Social Science Research Volume, 4(2), 9487–9496. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.15505

Novitasari, A. D., Darojatin, M. Z., Zahra, S. A., Azizah, U. N., Kharisma, W. A., & Arum, D. P. (2024). Normalizing Non-Formal Language: The Role Of Influencers In Shifting The Boundaries Of Language Policy In Digital Spaces. JUSKOP-Jurnal Studi Komunikasi dan Politik, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.3342/juskop.v1i1.361 1.

Nugraeni, A. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda. Jurnal Inovasi dan Tren, 2(1), 142–147. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247 ? DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247

Nyimbili, F., & Nyimbili, L. (2024). Types of Purposive Sampling Techniques with Their Examples and Application in Qualitative Research Studies. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 5(1), 90–99. https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0419 DOI: https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0419

Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810–815. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083

Putri, I. T., & Sofyaningrum, R. (2024). Pemaknaan dan Penggunaan Bahasa Gaul oleh Gen Alpha dalam Komunikasi Online di Era Society 5.0. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(4), 871–886. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.1180 DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.1180

Rahayu, W. (2023). Penggunaan dan Pemaknaan Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 158–162. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.117 DOI: https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.117

Rahmawati, K. D., Hardini, T. I., Sunendar, D., & Fasya, M. (2022). Xenoglosofilia : Ancaman Terhadap Pergeseran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.48110 DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.48110

Rufaida, B. S. (2023). Pengaruh Gaya Bahasa Generasi Z dalam Berbahasa Indonesia di Era Globalisasi terhadap Keutuhan Bahasa Indonesia Bilqis. Translation and Linguistics (Transling), 3(3), 169–181. https://doi.org/10.20961/transling.v3i3.82707 DOI: https://doi.org/10.20961/transling.v3i3.82707

Safira, R. (2023). Dampak Kemajuan Teknologi pada Pendidikan Bahasa Indonesia. Student Scientific Creativity Journal, 1(3), 54–62. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1329 DOI: https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1329

Safitri, K. H., Nandya, S., Koriatin, & Wilsa, J. (2024). Xenoglosofilia Tata Ruang Publik pada Nama Tempat Usaha di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 11430–11435. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32615

Salsabila, F. L., Widiyanarti, T., Ashari, S. D., Zahra, T., & Fadhilah, S. A. (2024). Pengaruh Globalisasi terhadap Perubahan Komunikasi antar Budaya pada Generasi Z. Indonesian Culture and Religion, 1(4), 1–13. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i4.110 DOI: https://doi.org/10.47134/diksima.v1i4.110

Sari, D. N. I., A, J., & Bariyadin. (2020). Campur Kode Bahasa Alay di Kalangan Remaja SMP Taruna Surabaya Timur. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3101 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3101

Sari, L. K. (2023). Xenoglosofilia pada Akun Instagram Indonesian Event; Potret Terkini Retorika Tulisan Indonesia dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal On Teacher Education, 4(3), 28–41. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11218

Setiadarma, A., Abdullah, A. Z., Sadjijo, P., & Firmansyah, D. (2024). Tinjauan Literatur Transformasi Sosial dalam Era Virtual. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 232–244. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2930 DOI: https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2930

Siregar, H., Tampubolon, Q. A., Ribreka, D., Pratama, O. J., & Tansliova, L. (2024). Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Gen Z. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(3), 40–53. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.707 DOI: https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.707

Smith, J. A., Larkin, M., & Flowers, P. (2021). Interpretative Phenomenological Analysis : Theory, Method and Research. Sage Publications 100 p. http://digital.casalini.it/9781529780796

Smith, J. A., & Nizza, I. E. (2022). Essentials of Interpretative Phenomenological Analysis. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0000259-000 DOI: https://doi.org/10.1037/0000259-001

Spolsky, B. (1998). Sociolinguistics. Oxford University Press.

Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra), 3, 153–158. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971 DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971

Sundani, M. F. F. R., Budiman, M. R. A., Mardliyyah, S., Sari, N. W., & Salsabila, S. P. (2024). Xenoglosofilia: Gambaran Self-Esteem pada Generasi Z yang Gemar Mencampurkan Bahasa. PSIKODINAMIKA: Jurnal Literasi Psikologi, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i2.4346 DOI: https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i2.4346

Talukder, S., & Barner-rasmussen, W. (2024). Exploring The Language Choice Dilemma of International Small Firms : A social Exchange Perspective on English-Only Versus Multilingualism. International Business Review, 33. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2024.102257 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2024.102257

Triafida, F., Prameswari, C., Rustianik, N., Ila, F. S., Ghozali, T., & Nurhayati, E. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Gaul pada Media Sosial X yang Mempengaruhi Gaya Bahasa Gen-Z. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6036-. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12017

Vygotski, L. S. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4 DOI: https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4

Wiryajaya, G., Rosadi, S. S., Sarumaha, Y., Saragih, A. Z., Santoso, E., & Rosmaini. (2025). Pergeseran Kaidah Bahasa Indonesia di Kalangan Gen Z dan Milenial Akibat Dampak Teknologi dan Budaya Pop. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 01–10. https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3271 DOI: https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3271

Yohana, F. M. (2023). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Percakapan Grup Whatsapp Halan-Halan Syantix. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 46–59. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6297 DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6297

Published

2025-04-11

How to Cite

Rohmat, R., Dadang S. Anshori, & Encep Kusumah. (2025). Xenoglosofilia dalam Ragam Bahasa Tulis Generasi Z pada Komunitas Belajar Studygram: Analisis Interpretasi Fenomenologi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1869–1887. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5641

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)