Xenoglosofilia dalam Ragam Bahasa Tulis Generasi Z pada Komunitas Belajar Studygram: Analisis Interpretasi Fenomenologi
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5641
Keywords:
literasi bahasa, generasi Z, studygram, xenoglosofiliaAbstract
Xenoglosofilia berkaitan erat dengan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional dan bahasa asing sebagai alat komunikasi global. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, penyebab, serta implikasi xenoglosofilia dari generasi Z pada Studygram terhadap literasi bahasa. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif jenis Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) melalui analisis konten dan wawancara tertulis dengan wordcloud sebagai alat pengolahan data dan Analisis Wacana Kritis Fairclough sebagai landasan teori. Hasil analisis terhadap 300 unggahan dari 10 subjek menunjukkan xenoglosofilia dalam bentuk campur kode ke luar pada tataran kata dan frasa (nomina, verba, pronomina, adverbia, preposisi, konjungsi, adjektiva, interjeksi) serta alih kode ke luar pada klausa dan kalimat (nominal, verbal, adverbial, adjektival). Pada level tekstual, bentuk ini mencerminkan nilai eksperiental, relasional, dan ekspresif. Pada level praktik diskursif, fenomena ini dipicu oleh strategi menjangkau audiens global, efisiensi istilah, tekanan komunitas, pencitraan profesional, dan optimalisasi algoritma digital. Bahasa asing juga diposisikan sebagai simbol prestise digital yang mewakili simbol kecerdasan dan modernitas, citra profesional-akademik, strategi menarik audiens, kesan eksklusif, dan adaptasi tren global. Xenoglosofilia berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi berbahasa asing, tetapi di sisi lain mendorong pengabaian padanan kata bahasa Indonesia. Hal ini terlihat melalui dimensi situasional (diksi dipilih demi daya tarik digital), institusional (Studygram membentuk kebiasaan linguistik baru), dan sosial (globalisasi mendorong marginalisasi bahasa dan jarak antarpenutur). Penelitian ini merekomendasikan penguatan Trigatra Bangun Bahasa secara kreatif dan kolaboratif agar bahasa Indonesia tetap adaptif dan berdaya di ruang digital.
Downloads
References
Ahmadi, W., Zahra, A., & Salsabila. (2024). Ragam Bahasa Gaul Generasi Z di Media Sosial Twitter. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(1), 132–139. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2568 DOI: https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2568
Arango-Montoya, S., & Gallardo-Echenique, E. (2022). Studygrammers: Learning Influencers as a Source of Credibility. 2021 XVI Latin American Conference on Learning Technologies (LACLO), 558–561. https://doi.org/10.1109/LACLO54177.2021.00102 DOI: https://doi.org/10.1109/LACLO54177.2021.00102
Arnas, B. (2019). Xenoglossy dan Sastra. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 5–13. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10272
Arum, S. L., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812 DOI: https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Boltivets, S. (2023). Xenomania in The Guise of Xenophobia: Intimidation for The Sake of Foreign Domination. 87(1), 26–35. https://doi.org/10.35774/pis2023.01 DOI: https://doi.org/10.35774/pis2023.01.026
Cahayu, N., Sumbayak, L. R., & Hadi, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Generasi-Z. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(1), 62–70. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.138 DOI: https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.138
Cahyani, M. I., Agan, S., & Lailiyah, N. (2021). Interferensi Bahasa Inggris terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Remaja di Twitter dan Instagram. Prosiding SEMDIKJAR, 4, 450–462. https://doi.org/10.29407/7xtt3h60
Chan, C. K. Y., & Lee, K. K. W. (2023). The AI Generation Gap : Are Gen Z Students More Interested in Adopting Generative AI Such As ChatGPT in Teaching and Learning than Their Gen X and Millennial Generation Teachers ? Smart Learning Environments, 1–23. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00269-3 (2023) DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-023-00269-3
Czakon, W., Mania, K., Jedynak, M., Ku’zniarska, A., Choi’nski, M., & Dabi´, M. (2024). Who are we ? Analyzing The Digital Identities of Organizations Through The Lens of Micro-Interactions on Social Media. Technological Forecasting & Social Change, 198. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123012 DOI: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123012
Desrina, I. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Gaya Bahasa Remaja: Studi Literatur tentang Bahasa Gaul dan Adaptasinya dalam Bahasa Indonesia. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1617–1623. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1418
Dewani, S. L., Presida, S. B., Saputra, A. F., & Putri, C. S. (2024). Realitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Sosial TikTok Mahasiswa. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i3.165 DOI: https://doi.org/10.47134/pssh.v1i3.165
Fadhli, Efendi, A., & Hidayat, N. S. (2024). Bahasa , Status Sosial , dan Pendidikan: Pendekatan Sosiolinguistik. AL YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 09(2), 295–305. https://doi.org/10.55102/alyasini.v9i2.6466
Fajri, L. M. I., & Sabardila, A. (2021). Humor Bahasa dalam Film Ooo Menu Jarin: Kurang Menge sebagai Kritik Terhadap Fenomena Xenoglosofilia di Ruang Publik. Cakrawala Linguista, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.26737/cling.v4i1.2444
Fasold, R. W. (1984). The Sociolinguistics of Society. B. Blackwell Publisher.
Fitriah, L., Santoso, A., & Taufiqurrahman, F. (2023). Proses Fonologis Bahasa Gaul Generasi ‘Z’ di Sosial Media (Analisis Fonologi Generatif). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 80–88. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2126 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2126
Gultom, E. A., Sinaga, W. A., Situngkir, R. L., & Sari, Y. (2024). Analisis Kedwibahasaan terhadap Pembentukan Identitas Sosial Generasi Z. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 155–169. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.847
Hadi, D. A., Prayitno, H. J., Sumardjoko, B., Afiahah, N. A., Kartini, N. H., & Jamaluddin, N. (2024). Criticism of Xenoglossophilia in National Competition Pamphlets and Its Implementation with Presidential Decree Number 63 of 2019. Proceedings of the 3rd International Conference on Education for All (ICEDUALL 2023), 43–54. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-226-2_5 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-226-2_5
Harahap, G. R., & Alfikri, M. (2023). Fenomena Bahasa Gaul sebagai Komunikasi Generasi Z di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Perdagangan. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(2), 600–606. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.259 DOI: https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.259
Hasanah, A., Yuniawan, T., & Baehaqie, I. (2023). Wujud Satuan Ekspresi Populer pada Wacana Berita Online di Era Teknologi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, LALONGET IV, 49–57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11737 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11737
Irawaty, S., & Prasastiningtyas, W. (2023). Peran Komunikasi Lintas Budaya dalam Fungsi Sosial dan Potensi Maslah yang Timbul (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Sangga Buana dalam Pertukaran Pelajar). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1765–1777. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1708 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1708
Ismail, D. H., Nugroho, J., & Rohayati, T. (2023). Literature Review : Soft Skill Needed by Gen Z in the Era RI 4.0 and 5.0. 20(1), 119–131. https://doi.org/10.31334/bijak.v20i1.3119 DOI: https://doi.org/10.31334/bijak.v20i1.3119
Junaidi, R., & Haryadi, D. (2021). Media dan Produksi Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(1), 48–64. https://doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.12511 DOI: https://doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.12511
Khansa, N. M. (2022). Pengaruh Globalisasi terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jibs.v9i1.6453
Khoirunnisak, A., Febriana, A. N., Mansur, Hermawati, A., & Sani, M. U. (2025). Revitalisasi Komunikasi Sosial di Era Modern. Journal of Democratia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.31331/jade.v3i1.3620
Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (Edisi Keempat). Gramedia Pustaka Utama.
Kulsum, U. (2022). Gadget pada Generasi Z: MEDIA Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Jurnal Guru Kita, 6(2), 105–116. https://doi/org10.24114/jgk.v6i2.33438 DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.33438
Lanin, I. (2018). Xenoglosofilia: Kenapa Harus Nginggris? Penerbit Buku Kompas.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Lüders, A., Dinkelberg, A., & Quayle, M. (2022). Becoming “Us” in Digital Spaces: How Online Users Creatively and Strategically Exploit Social Media Affordances to Build Up Social Identity. Acta Psychologica, 228, 103643. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103643 DOI: https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103643
Lussier, C. M., Ditta, A. S., & Speer, A. C. (2023). The Potential Power of “Studygram”: Concrete Visual Representations May Increase Student Motivation, Engagement, and Enjoyment of Routine Course Assignments. Psychology in the Schools, 60(12), 4841–4856. https://doi.org/10.1002/pits.22936 DOI: https://doi.org/10.1002/pits.22936
Martarini, N. M. L., Yulianti, K. A. R., & Sastaparamitha, N. N. A. J. (2021). Media Sosial dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 375–382. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227
Mileh, I. N. (2020). Campur Kode Pemakaian Bahasa Indonesia pada Wacana Iklan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1560 DOI: https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1560
Nababan, P. W. J. (1984). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. PT Gramedia Pustaka Utama.
Napoleoncat. (2025). Social Media Users in Indonesia. Napoleoncat.Com. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2025/02/
Nizza, I. E., Farr, J., & Smith, J. A. (2021). Achieving Excellence in Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): Four Markers of High Quality. Quality in Qualitative Approaches:Celebrating Heterogeneity Submit an Article Journal Homepage, 18(3), 369–386. https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1854404 DOI: https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1854404
Nopiyadi, D., & Guntur, M. (2024). Analisis Campur Kode pada Pidato General Manager Bentani Hotel dalam Rapat Kerja Tahunan. Journal of Social Science Research Volume, 4(2), 9487–9496. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.15505
Novitasari, A. D., Darojatin, M. Z., Zahra, S. A., Azizah, U. N., Kharisma, W. A., & Arum, D. P. (2024). Normalizing Non-Formal Language: The Role Of Influencers In Shifting The Boundaries Of Language Policy In Digital Spaces. JUSKOP-Jurnal Studi Komunikasi dan Politik, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.3342/juskop.v1i1.361 1.
Nugraeni, A. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda. Jurnal Inovasi dan Tren, 2(1), 142–147. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247 ? DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247
Nyimbili, F., & Nyimbili, L. (2024). Types of Purposive Sampling Techniques with Their Examples and Application in Qualitative Research Studies. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 5(1), 90–99. https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0419 DOI: https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0419
Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810–815. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083
Putri, I. T., & Sofyaningrum, R. (2024). Pemaknaan dan Penggunaan Bahasa Gaul oleh Gen Alpha dalam Komunikasi Online di Era Society 5.0. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(4), 871–886. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.1180 DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i4.1180
Rahayu, W. (2023). Penggunaan dan Pemaknaan Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 158–162. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.117 DOI: https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.117
Rahmawati, K. D., Hardini, T. I., Sunendar, D., & Fasya, M. (2022). Xenoglosofilia : Ancaman Terhadap Pergeseran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.48110 DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.48110
Rufaida, B. S. (2023). Pengaruh Gaya Bahasa Generasi Z dalam Berbahasa Indonesia di Era Globalisasi terhadap Keutuhan Bahasa Indonesia Bilqis. Translation and Linguistics (Transling), 3(3), 169–181. https://doi.org/10.20961/transling.v3i3.82707 DOI: https://doi.org/10.20961/transling.v3i3.82707
Safira, R. (2023). Dampak Kemajuan Teknologi pada Pendidikan Bahasa Indonesia. Student Scientific Creativity Journal, 1(3), 54–62. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1329 DOI: https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1329
Safitri, K. H., Nandya, S., Koriatin, & Wilsa, J. (2024). Xenoglosofilia Tata Ruang Publik pada Nama Tempat Usaha di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 11430–11435. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32615
Salsabila, F. L., Widiyanarti, T., Ashari, S. D., Zahra, T., & Fadhilah, S. A. (2024). Pengaruh Globalisasi terhadap Perubahan Komunikasi antar Budaya pada Generasi Z. Indonesian Culture and Religion, 1(4), 1–13. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i4.110 DOI: https://doi.org/10.47134/diksima.v1i4.110
Sari, D. N. I., A, J., & Bariyadin. (2020). Campur Kode Bahasa Alay di Kalangan Remaja SMP Taruna Surabaya Timur. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3101 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3101
Sari, L. K. (2023). Xenoglosofilia pada Akun Instagram Indonesian Event; Potret Terkini Retorika Tulisan Indonesia dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal On Teacher Education, 4(3), 28–41. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11218
Setiadarma, A., Abdullah, A. Z., Sadjijo, P., & Firmansyah, D. (2024). Tinjauan Literatur Transformasi Sosial dalam Era Virtual. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 232–244. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2930 DOI: https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2930
Siregar, H., Tampubolon, Q. A., Ribreka, D., Pratama, O. J., & Tansliova, L. (2024). Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Gen Z. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(3), 40–53. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.707 DOI: https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.707
Smith, J. A., Larkin, M., & Flowers, P. (2021). Interpretative Phenomenological Analysis : Theory, Method and Research. Sage Publications 100 p. http://digital.casalini.it/9781529780796
Smith, J. A., & Nizza, I. E. (2022). Essentials of Interpretative Phenomenological Analysis. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0000259-000 DOI: https://doi.org/10.1037/0000259-001
Spolsky, B. (1998). Sociolinguistics. Oxford University Press.
Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra), 3, 153–158. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971 DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971
Sundani, M. F. F. R., Budiman, M. R. A., Mardliyyah, S., Sari, N. W., & Salsabila, S. P. (2024). Xenoglosofilia: Gambaran Self-Esteem pada Generasi Z yang Gemar Mencampurkan Bahasa. PSIKODINAMIKA: Jurnal Literasi Psikologi, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i2.4346 DOI: https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i2.4346
Talukder, S., & Barner-rasmussen, W. (2024). Exploring The Language Choice Dilemma of International Small Firms : A social Exchange Perspective on English-Only Versus Multilingualism. International Business Review, 33. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2024.102257 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2024.102257
Triafida, F., Prameswari, C., Rustianik, N., Ila, F. S., Ghozali, T., & Nurhayati, E. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Gaul pada Media Sosial X yang Mempengaruhi Gaya Bahasa Gen-Z. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6036-. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12017
Vygotski, L. S. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4 DOI: https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4
Wiryajaya, G., Rosadi, S. S., Sarumaha, Y., Saragih, A. Z., Santoso, E., & Rosmaini. (2025). Pergeseran Kaidah Bahasa Indonesia di Kalangan Gen Z dan Milenial Akibat Dampak Teknologi dan Budaya Pop. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 01–10. https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3271 DOI: https://doi.org/10.30640/trending.v3i1.3271
Yohana, F. M. (2023). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Percakapan Grup Whatsapp Halan-Halan Syantix. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 46–59. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6297 DOI: https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6297
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.