Ekspresi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Eccedentesiast Karya Ita Kurniawati dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Manajemen Emosi
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5689
Keywords:
Ekspresi Emosi, Novel Eccedentesiast, dan Manajemen Emosi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis ekspresi emosi tokoh utama dalam novel Eccedentesiast karya Ita Kurniawati, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ekspresi emosi tersebut, (3) mengeksplorasi pemanfaatannya sebagai bahan ajar manajemen emosi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan emosi dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi siswa yang sering menghadapi tantangan emosional dalam kehidupan sosial dan akademis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data berupa kalimat atau paragraf yang ada dalam novel Eccedentesiast dan hasil wawancara dengan guru SMP di wilayah Mojolaban. Sumber data terdiri dari data primer yang mencakup kalimat atau paragraf yang ada dalam novel dan wawancara guru, serta data sekunder berupa jurnal nasional dan internasional terkait ekspresi emosi dan manajemen emosi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil analisis teks, wawancara, dan referensi ilmiah. Analisis data menggunakan pendekatan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ekspresi emosi tokoh utama dalam novel tidak hanya terbatas pada emosi marah, sedih, takut, bahagia, muak, jijik, dan terkejut, tetapi juga mencerminkan dinamika emosi kompleks seperti konflik batin, yang diekspresikan melalui kombinasi dialog internal, interaksi antartokoh, serta simbolisme gestur tubuh; (2) faktor yang memengaruhi ekspresi emosi meliputi lingkungan sosial yang menekan atau mendukung, pengalaman traumatis atau membahagiakan di masa lalu, stabilitas kesehatan mental, keberadaan atau ketiadaan sistem dukungan sosial, serta benturan antara harapan ideal dan realitas hidup yang dialami tokoh; dan (3) ekspresi emosi tokoh utama dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran manajemen emosi, terutama untuk meningkatkan kesadaran akan emosi diri, kemampuan mengelola stres, mengembangkan empati melalui perspektif tokoh, serta memperkuat keterampilan sosial siswa dalam memahami dan merespons emosi orang lain secara sehat dan konstruktif
Downloads
References
Agus, M., & Henny Sanulita, W. (2019). Kecerdasan Emosi Tokoh Dalam Novel Setegar Ebony Karyaasih Karina. Research Gate, 1–8.
Allo, K. T., Sariawan, Sara, I., & Marampa, E. (2024). Mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di kelas. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 423–432.
Amalia, R. W. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspresi Emosi pada Caregiver Penderita Skizofrenia di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Prof Hb Saanin Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Anisah Khoirunnisa, D. H. (2024). Emosi Tokoh Utama dalam Novel Unspoken Words Karya Alicia Lidwina dengan Novel Please Look After Mom Karya Kyung-Sook Shin: Kajian Sastra Banding. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 39–53.
Brush, K. E., Jones, S. M., Bailey, R., Nelson, B., Raisch, N., & Meland, E. (2022). Social and Emotional Learning: From Conceptualization to Practical Application in a Global Context. Research Gate, 43–71. https://doi.org/10.1007/978-3-030-85214-6_3
Davidoff L Linda. 1999. Psikologi Umum. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Deliman, A., Robertson, M. K., & Turner, R. K. (2024). Combining Social–Emotional Learning Competencies and Contemporary Concerns Picturebooks to Foster Early Literacy Practices: An Interdisciplinary Approach. The Reading Teacher, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1002/trtr.2357
Ekman, P., (1992). An Argument for Basic Emotions. Cognition & Emotion, 6(3-4), 169-200.
Endar Septian Kusumawardhani, Sigit Haryanto, T. S. (2024). Anger Expressive Used by the Characters in the Chronicles of Narnia Series 1. Eltin Journal: Journal of English Language Teaching in Indonesia, 12(1), 111–122.
Ferdi Guhuhuku. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Novel Pijaki Langit. E-Journal UNSRAT, 1–22.
Fridayanti, F., & Fitriah, E. A. (2020). Mengapa dan Bagaimana Saya Marah? Studi Eksplorasi Mengenai Penyebab dan Pilihan Ekspresi Marah pada Remaja Islam Beretnis Sunda. Jurnal Psikologi Ulayat, 1–22. https://doi.org/10.24854/jpu193
Gimbert, B. G., Miller, D., Herman, E., Breedlove, M., & Molina, C. E. (2023). Social Emotional Learning in Schools: The Importance of Educator Competence. In Journal of Research on Leadership Education (Vol. 18). https://doi.org/10.1177/19427751211014920
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.
Gross, J. J. (2002). Emotion regulation: Affective, cognitive, and social consequences. Psychophysiology, 39(3), 281-291.
Inbar, Y., & Pizarro, D. A. (2022). How disgust affects social judgments. Advances in Experimental Social Psychology, 65, 109–166. https://doi.org/10.1016/bs.aesp.2021.11.002
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Melati, I. K., & Saraswati, E. (2021). Emosi Tokoh Utama Dalam Novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana Kajian Behaviorisme. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4). https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30771
Murti, P. O., Antonius, T. P., & Wartiningsih, A. (2019). Emosi Tokoh dalam Novel Aku, Benci, dan Cinta Karya Wulanfadi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8, 1–11. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35921
Spielberger. (1998). Factor Structure of the State Trait Anger Expression Inventory. Florida: Departement of Psychology University of South Florida.
Yanifah, S., & Damaianti, W. (2024). Analisis Tokoh Utama dan Penokohan Dalam Novel Hello Karya Tere Liye. Asas: Jurnal Sastra, 13(1), 387–400.
Zulfika, I. (2020). Analisis Bentuk Ekspresi Emosional Tokoh dalam Novel Takhta Nirwana Karya Tasaro. Jurnal Konsepsi, 8(4), 142–149. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.