Ekspresi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Eccedentesiast Karya Ita Kurniawati dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Manajemen Emosi

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5689

Authors

  • An’Nisya Amelia Divani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Ekspresi Emosi, Novel Eccedentesiast, dan Manajemen Emosi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis ekspresi emosi tokoh utama dalam novel Eccedentesiast karya Ita Kurniawati, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ekspresi emosi tersebut, (3) mengeksplorasi pemanfaatannya sebagai bahan ajar manajemen emosi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan emosi dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi siswa yang sering menghadapi tantangan emosional dalam kehidupan sosial dan akademis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data berupa kalimat atau paragraf yang ada dalam novel Eccedentesiast dan hasil wawancara dengan guru SMP di wilayah Mojolaban. Sumber data terdiri dari data primer yang mencakup kalimat atau paragraf yang ada dalam novel dan wawancara guru, serta data sekunder berupa jurnal nasional dan internasional terkait ekspresi emosi dan manajemen emosi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil analisis teks, wawancara, dan referensi ilmiah. Analisis data menggunakan pendekatan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ekspresi emosi tokoh utama dalam novel tidak hanya terbatas pada emosi marah, sedih, takut, bahagia, muak, jijik, dan terkejut, tetapi juga mencerminkan dinamika emosi kompleks seperti konflik batin, yang diekspresikan melalui kombinasi dialog internal, interaksi antartokoh, serta simbolisme gestur tubuh; (2) faktor yang memengaruhi ekspresi emosi meliputi lingkungan sosial yang menekan atau mendukung, pengalaman traumatis atau membahagiakan di masa lalu, stabilitas kesehatan mental, keberadaan atau ketiadaan sistem dukungan sosial, serta benturan antara harapan ideal dan realitas hidup yang dialami tokoh; dan (3) ekspresi emosi tokoh utama dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran manajemen emosi, terutama untuk meningkatkan kesadaran akan emosi diri, kemampuan mengelola stres, mengembangkan empati melalui perspektif tokoh, serta memperkuat keterampilan sosial siswa dalam memahami dan merespons emosi orang lain secara sehat dan konstruktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, M., & Henny Sanulita, W. (2019). Kecerdasan Emosi Tokoh Dalam Novel Setegar Ebony Karyaasih Karina. Research Gate, 1–8.

Allo, K. T., Sariawan, Sara, I., & Marampa, E. (2024). Mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di kelas. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 423–432.

Amalia, R. W. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspresi Emosi pada Caregiver Penderita Skizofrenia di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Prof Hb Saanin Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Anisah Khoirunnisa, D. H. (2024). Emosi Tokoh Utama dalam Novel Unspoken Words Karya Alicia Lidwina dengan Novel Please Look After Mom Karya Kyung-Sook Shin: Kajian Sastra Banding. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 39–53.

Brush, K. E., Jones, S. M., Bailey, R., Nelson, B., Raisch, N., & Meland, E. (2022). Social and Emotional Learning: From Conceptualization to Practical Application in a Global Context. Research Gate, 43–71. https://doi.org/10.1007/978-3-030-85214-6_3

Davidoff L Linda. 1999. Psikologi Umum. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Deliman, A., Robertson, M. K., & Turner, R. K. (2024). Combining Social–Emotional Learning Competencies and Contemporary Concerns Picturebooks to Foster Early Literacy Practices: An Interdisciplinary Approach. The Reading Teacher, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1002/trtr.2357

Ekman, P., (1992). An Argument for Basic Emotions. Cognition & Emotion, 6(3-4), 169-200.

Endar Septian Kusumawardhani, Sigit Haryanto, T. S. (2024). Anger Expressive Used by the Characters in the Chronicles of Narnia Series 1. Eltin Journal: Journal of English Language Teaching in Indonesia, 12(1), 111–122.

Ferdi Guhuhuku. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Novel Pijaki Langit. E-Journal UNSRAT, 1–22.

Fridayanti, F., & Fitriah, E. A. (2020). Mengapa dan Bagaimana Saya Marah? Studi Eksplorasi Mengenai Penyebab dan Pilihan Ekspresi Marah pada Remaja Islam Beretnis Sunda. Jurnal Psikologi Ulayat, 1–22. https://doi.org/10.24854/jpu193

Gimbert, B. G., Miller, D., Herman, E., Breedlove, M., & Molina, C. E. (2023). Social Emotional Learning in Schools: The Importance of Educator Competence. In Journal of Research on Leadership Education (Vol. 18). https://doi.org/10.1177/19427751211014920

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Gross, J. J. (2002). Emotion regulation: Affective, cognitive, and social consequences. Psychophysiology, 39(3), 281-291.

Inbar, Y., & Pizarro, D. A. (2022). How disgust affects social judgments. Advances in Experimental Social Psychology, 65, 109–166. https://doi.org/10.1016/bs.aesp.2021.11.002

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Melati, I. K., & Saraswati, E. (2021). Emosi Tokoh Utama Dalam Novel Bara Surat Terakhir Seorang Pengelana Kajian Behaviorisme. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4). https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30771

Murti, P. O., Antonius, T. P., & Wartiningsih, A. (2019). Emosi Tokoh dalam Novel Aku, Benci, dan Cinta Karya Wulanfadi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8, 1–11. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35921

Spielberger. (1998). Factor Structure of the State Trait Anger Expression Inventory. Florida: Departement of Psychology University of South Florida.

Yanifah, S., & Damaianti, W. (2024). Analisis Tokoh Utama dan Penokohan Dalam Novel Hello Karya Tere Liye. Asas: Jurnal Sastra, 13(1), 387–400.

Zulfika, I. (2020). Analisis Bentuk Ekspresi Emosional Tokoh dalam Novel Takhta Nirwana Karya Tasaro. Jurnal Konsepsi, 8(4), 142–149. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi

Published

2025-04-17

How to Cite

An’Nisya Amelia Divani, & Main Sufanti. (2025). Ekspresi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Eccedentesiast Karya Ita Kurniawati dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Manajemen Emosi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1932–1944. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5689

Issue

Section

Articles

Categories