Analisis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5798

Authors

  • Nadia Prasetya Retno Putri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ermawati Zulikhatin Nuroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

gerakan literasi sekolah, minat baca, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dengan partisipan penelitian ini terdiri dari guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar data dianggap absah maka di uji melalui tahap triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Maka dari itu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa gerakan literasi sekolah telah diimplementasikan cukup baik melalui 3 tahapan: tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Implementasi gerakan literasi sekolah juga didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti adanya pojok baca di kelas dan perpustakaan dengan koleksi buku pelajaran dan non pelajaran yang beragam. Di tahap pembiasaan dilakukan melalui kegiatan membaca selama 15 menit sebelum proses pembelajaran. Sedangkan di tahap pengembangan melalui kegiatan membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Dan di tahap pembelajaran dilakukan melalui pembiasaan membaca buku pelajaran. Meskipun ada tantangan dalam mengimplementasikannya yaitu: adanya keterbatasan waktu dan kurangnya minat peserta didik terhadap membaca buku pelajaran. Adanya gerakan literasi sekolah juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Maka gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo cukup berhasil menumbuhkan minat baca peserta didik kelas IV, meskipun upaya lebih lanjut masih diperlukan dalam meningkatkan minat terhadap membaca buku pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nadia Prasetya Retno Putri , Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School Fip Umj. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Heryati, T. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) Dalam Meningkatkan. Insan Cendekia, 1(2), 61–67.

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. 1–7. https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3374

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–708. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813

Lailiyah, T., Setyati, M., & Erianti, N. (2023). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Confrence of Elementary Studies, 761–771. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19795/6788

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Abstrak. 9(1). https://jurnaldidaktika.org/

Mulyo Teguh. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional.

Ningsih, T. M., Peterianus, S., & Khoiri, A. (2023). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Bahasa Indonesia Di Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1001

Nurlaela, Surya Perdana, T. (2023). Mengembangkan Kemampuan Berliterasi Siswa Menggunakan Aplikasi Let’s read pada Bimbingan Belajar Gama UI. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/20415

Oktaviani, F. P., Hilaliyah, T., & Solihat, I. (2023). Pengaruh Aplikasi Let’s Read dan Literacy Cloud terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 250–262. 10.5281/zenodo.8240217

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Saadah, E., & Apriliya, S. (2024). Implementasi GLS melalui Program Petualangan Literasi (PELITA) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6 SE-Articles), 4045–4056. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6724

Salma, A., & Madzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/17555/10534

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Y. S. Suryandari (ed.)). Alfabeta.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663

Wulandani, B. A., Sudirman, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 21 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1837–1845. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.827

Yusuf Saragih, J., Esman Dabukke, B., Rosmawati Pangaribuan, Y., & Permata, Z. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD Al-Wasliyah Medan Tembung (Vol. 6, Issue 2).

Published

2025-05-12

How to Cite

Putri , N. P. R., & Nuroh, E. Z. (2025). Analisis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2328–2340. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5798

Issue

Section

Articles

Categories