Analisis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5798
Keywords:
gerakan literasi sekolah, minat baca, peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dengan partisipan penelitian ini terdiri dari guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar data dianggap absah maka di uji melalui tahap triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Maka dari itu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa gerakan literasi sekolah telah diimplementasikan cukup baik melalui 3 tahapan: tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Implementasi gerakan literasi sekolah juga didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti adanya pojok baca di kelas dan perpustakaan dengan koleksi buku pelajaran dan non pelajaran yang beragam. Di tahap pembiasaan dilakukan melalui kegiatan membaca selama 15 menit sebelum proses pembelajaran. Sedangkan di tahap pengembangan melalui kegiatan membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Dan di tahap pembelajaran dilakukan melalui pembiasaan membaca buku pelajaran. Meskipun ada tantangan dalam mengimplementasikannya yaitu: adanya keterbatasan waktu dan kurangnya minat peserta didik terhadap membaca buku pelajaran. Adanya gerakan literasi sekolah juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Maka gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo cukup berhasil menumbuhkan minat baca peserta didik kelas IV, meskipun upaya lebih lanjut masih diperlukan dalam meningkatkan minat terhadap membaca buku pelajaran.
Downloads
References
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School Fip Umj. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151
Heryati, T. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) Dalam Meningkatkan. Insan Cendekia, 1(2), 61–67.
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. 1–7. https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3374
Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–708. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813
Lailiyah, T., Setyati, M., & Erianti, N. (2023). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Confrence of Elementary Studies, 761–771. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19795/6788
Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Abstrak. 9(1). https://jurnaldidaktika.org/
Mulyo Teguh. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional.
Ningsih, T. M., Peterianus, S., & Khoiri, A. (2023). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Bahasa Indonesia Di Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1001
Nurlaela, Surya Perdana, T. (2023). Mengembangkan Kemampuan Berliterasi Siswa Menggunakan Aplikasi Let’s read pada Bimbingan Belajar Gama UI. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/20415
Oktaviani, F. P., Hilaliyah, T., & Solihat, I. (2023). Pengaruh Aplikasi Let’s Read dan Literacy Cloud terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 250–262. 10.5281/zenodo.8240217
Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Saadah, E., & Apriliya, S. (2024). Implementasi GLS melalui Program Petualangan Literasi (PELITA) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6 SE-Articles), 4045–4056. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6724
Salma, A., & Madzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/17555/10534
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Y. S. Suryandari (ed.)). Alfabeta.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Wulandani, B. A., Sudirman, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 21 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1837–1845. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.827
Yusuf Saragih, J., Esman Dabukke, B., Rosmawati Pangaribuan, Y., & Permata, Z. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD Al-Wasliyah Medan Tembung (Vol. 6, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.