Nilai-Nilai Humanisme dalam Novel Namaku Alam Karya Leila Chudori
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5823
Keywords:
Leila Chudori, Mangunwijaya, nilai humanisme, novel Namaku Alam, sosiologi sastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan sisi positif dan negatif manusia berdasarkan nilai humanisme yang dikemukakan oleh Mangunwijaya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Data pada penelitian disajikan melalui teks deskripsi yang merepresentasikan sisi positif dan negatif manusia sesuai dengan nilai humanisme yang dikemukakan oleh Mangunwijaya. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Namaku Alam karya Leila Chudori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Namaku Alam terdapat dua bentuk sisi manusia yakni sisi positif dan sisi negatif yang sesuai dengan nilai humanisme, kedua sisi tersebut terdiri dari lima sisi positif manusia dan enam sisi negatif manusia sesuai dengan teori humanisme Mangunwijaya. Sisi positif manusia muncul dalam bentuk sikap memiliki jiwa seni yang tinggi, suka tolong menolong dan bekerjasama, berhati lembut dan ramah, ikatan kekeluargaan yang kuat, dan memiliki kecerdasan yang cukup baik sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokohnya dalam menghadapi kehidupan. Sebaliknya, sisi negatif manusia tampak melalui perilaku munafik, enggan bertanggungjawab, tidak memiliki prinsip yang kuat, boros, tidak mau bekerja keras, menormalisasi kekerasan fisik dan verbal, yang muncul sebagai respons terhadap tekanan sosial maupun pengalaman. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai karya sastra, mengembangkan penelitian sastra terhadap realitas kehidupan bermasyarakat dalam perspektif sosiologi sastra dan humanisme, serta relevansinya dengan realitas sosial dan kemanusiaan.
Downloads
References
Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1), 69–78. DOI: https://doi.org/10.36002/jpm.v6i1.1833
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Retrieved from https://kbbi.web.id/
Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Pendidikan Humanis dalam Interaksi Edukatif dan Praktik Edukatif di MI Negeri 1 Banyumas. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 119–130.
Cuk, J. P. (2020). Buku Ajar: Kepemimpinan. Semarang: Wahid Hasyim University Press.
Darliani, S. (2024). Fakta Cerita dan Nilai Sosial dalam Novel Namaku Alam Karya Leila S. Chudori. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1), 1–16. DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i1.55962
Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
Ghorbal, S., & Lestari, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Prasangka, dan Kualitas Pertemanan terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Sekolah Berbasis Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 185–198.
Istiqamah, I. (2020). Nilai Moral dan Patriotisme dalam Film Disney Moana. SeBaSa, 3(1), 56–65. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v3i1.1588
Jannah, M. Z., & Nursaid, N. (2023). Nilai-Nilai Moral dalam Novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Karya Alfialghazi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5576–5586.
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972
Mangunwijaya, Y. B. (2015). Humanisme Y.B Mangunwijaya. Jakarta: Kompas.
Manshur, A., & Munawaroh, U. N. (2023). Analisis Hermeneutika Nilai Kekeluargaan dan Pendidikan dalam Novel Rasa Karya Tere Liye. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 267–278. DOI: https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i2.2447
Maulidah, S., & Wirajaya, A. Y. (2024). Analisis Tokoh Segara Alam dalam Novel “Namaku Alam” Karya Leila S. Chudori Sebuah Pendekatan Psikologi Sastra. Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(2), 140–149.
Muliawati, A. (2024). Komnas HAM Proses 1.227 Aduan Dugaan Pelanggaran HAM di 2024. Retrieved from Detik News website: https://news.detik.com/berita/d-7546456/komnas-ham-proses-1-227-aduan-dugaan-pelanggaran-ham-di-2024
Musliah, S., Halimah, S. N., Mustika, I., Siliwangi, I., & Com, M. (2019). Sisi Humanisme Tere Liye dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu" |, 603(September), 681–690.
Nasuka, U. A. (2023). Pengembangan Potensi Siswa Melalui Pendidikan Humanis (Studi kasus di MI Pelangi Alam Ponorogo). IAIN Ponorogo.
Nursilah, M. S., Yusnizar Heniwaty, S. S. T., & Tuti Rahayu, D. (2024). Seni dan Identitas Budaya di Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=LXgyEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=Kesenian+masyarakat+Indonesia+dapat+dikenal+luas+karena+penggunaannya+dalam+kehidupan+sehari-hari+seperti+penggunaan+kain+atau+baju+batik,+iringan+musik+tradisional,+dan+maraknya+pertunjukan+kesenian+di+berbagai+daerah&ots=6TXpEf5Csp&sig=vxX_Pnu42stq59uCM9i7zo61RTs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Pamungkas, G., & Pamungkas, O. Y. (2024). Buku Motivasi Tak Apa-Apa Tak Jadi Apa-Apa Karya Mulasih Tary : Studi tentang Kelas Sosial. 2(01), 17–33.
Prameswari, I., & Pamungkas, O. Y. (2024). Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori: Sebuah Studi Psikoanalisis. Suara Bahasa: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(01), 1–16.
Ratna, I. N. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Reynata, A. V. E., Fantino, R. A., & Santoso, M. T. (2022). Perubahan Gaya Hidup Hedonisme pada Kalangan Mahasiswa Rantau Di Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 185–193.
Suseno, S., Neina, Q. A., & Zuliyanti, Z. (2023). Humanisme dalam Ekranisasi Dilan 1990. Journal of Literature and Education, 1(2), 65–74. DOI: https://doi.org/10.69815/jle.v1i2.16
Thea D.A, A. (2023). Situasi HAM di Indonesia Periode Semester 1 Tahun 2023. Retrieved from https://www.hukumonline.com/berita/a/komnas-ham-menerima-3190-pengaduan-sepanjang-2022-lt643635fe49756
Yana, R., Zulfitriyani, Z., & Rusli, S. M. (2024). Konflik Sosial dalam Novel Namaku Alam Karya Leila S. Chudori: Kajian Sosiologi Sastra. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2844–2851. DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v4i3.68031
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.