Nilai-Nilai Humanisme dalam Novel Namaku Alam Karya Leila Chudori

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5823

Authors

Keywords:

Leila Chudori, Mangunwijaya, nilai humanisme, novel Namaku Alam, sosiologi sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan sisi positif dan negatif manusia berdasarkan nilai humanisme yang dikemukakan oleh Mangunwijaya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Data pada penelitian disajikan melalui teks deskripsi yang merepresentasikan sisi positif dan negatif manusia sesuai dengan nilai humanisme yang dikemukakan oleh Mangunwijaya. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Namaku Alam karya Leila Chudori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Namaku Alam terdapat dua bentuk sisi manusia yakni sisi positif dan sisi negatif yang sesuai dengan nilai humanisme, kedua sisi tersebut terdiri dari lima sisi positif manusia dan enam sisi negatif manusia sesuai dengan teori humanisme Mangunwijaya. Sisi positif manusia muncul dalam bentuk sikap memiliki jiwa seni yang tinggi, suka tolong menolong dan bekerjasama, berhati lembut dan ramah, ikatan kekeluargaan yang kuat, dan memiliki kecerdasan yang cukup baik sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokohnya dalam menghadapi kehidupan. Sebaliknya, sisi negatif manusia tampak melalui perilaku munafik, enggan bertanggungjawab, tidak memiliki prinsip yang kuat, boros, tidak mau bekerja keras, menormalisasi kekerasan fisik dan verbal, yang muncul sebagai respons terhadap tekanan sosial maupun pengalaman. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai karya sastra, mengembangkan penelitian sastra terhadap realitas kehidupan bermasyarakat dalam perspektif sosiologi sastra dan humanisme, serta relevansinya dengan realitas sosial dan kemanusiaan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1), 69–78. DOI: https://doi.org/10.36002/jpm.v6i1.1833

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Retrieved from https://kbbi.web.id/

Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Pendidikan Humanis dalam Interaksi Edukatif dan Praktik Edukatif di MI Negeri 1 Banyumas. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 119–130.

Cuk, J. P. (2020). Buku Ajar: Kepemimpinan. Semarang: Wahid Hasyim University Press.

Darliani, S. (2024). Fakta Cerita dan Nilai Sosial dalam Novel Namaku Alam Karya Leila S. Chudori. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1), 1–16. DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i1.55962

Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Ghorbal, S., & Lestari, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Prasangka, dan Kualitas Pertemanan terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Sekolah Berbasis Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 185–198.

Istiqamah, I. (2020). Nilai Moral dan Patriotisme dalam Film Disney Moana. SeBaSa, 3(1), 56–65. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v3i1.1588

Jannah, M. Z., & Nursaid, N. (2023). Nilai-Nilai Moral dalam Novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Karya Alfialghazi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5576–5586.

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972

Mangunwijaya, Y. B. (2015). Humanisme Y.B Mangunwijaya. Jakarta: Kompas.

Manshur, A., & Munawaroh, U. N. (2023). Analisis Hermeneutika Nilai Kekeluargaan dan Pendidikan dalam Novel Rasa Karya Tere Liye. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 267–278. DOI: https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i2.2447

Maulidah, S., & Wirajaya, A. Y. (2024). Analisis Tokoh Segara Alam dalam Novel “Namaku Alam” Karya Leila S. Chudori Sebuah Pendekatan Psikologi Sastra. Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(2), 140–149.

Muliawati, A. (2024). Komnas HAM Proses 1.227 Aduan Dugaan Pelanggaran HAM di 2024. Retrieved from Detik News website: https://news.detik.com/berita/d-7546456/komnas-ham-proses-1-227-aduan-dugaan-pelanggaran-ham-di-2024

Musliah, S., Halimah, S. N., Mustika, I., Siliwangi, I., & Com, M. (2019). Sisi Humanisme Tere Liye dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu" |, 603(September), 681–690.

Nasuka, U. A. (2023). Pengembangan Potensi Siswa Melalui Pendidikan Humanis (Studi kasus di MI Pelangi Alam Ponorogo). IAIN Ponorogo.

Nursilah, M. S., Yusnizar Heniwaty, S. S. T., & Tuti Rahayu, D. (2024). Seni dan Identitas Budaya di Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=LXgyEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=Kesenian+masyarakat+Indonesia+dapat+dikenal+luas+karena+penggunaannya+dalam+kehidupan+sehari-hari+seperti+penggunaan+kain+atau+baju+batik,+iringan+musik+tradisional,+dan+maraknya+pertunjukan+kesenian+di+berbagai+daerah&ots=6TXpEf5Csp&sig=vxX_Pnu42stq59uCM9i7zo61RTs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Pamungkas, G., & Pamungkas, O. Y. (2024). Buku Motivasi Tak Apa-Apa Tak Jadi Apa-Apa Karya Mulasih Tary : Studi tentang Kelas Sosial. 2(01), 17–33.

Prameswari, I., & Pamungkas, O. Y. (2024). Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori: Sebuah Studi Psikoanalisis. Suara Bahasa: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(01), 1–16.

Ratna, I. N. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reynata, A. V. E., Fantino, R. A., & Santoso, M. T. (2022). Perubahan Gaya Hidup Hedonisme pada Kalangan Mahasiswa Rantau Di Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 185–193.

Suseno, S., Neina, Q. A., & Zuliyanti, Z. (2023). Humanisme dalam Ekranisasi Dilan 1990. Journal of Literature and Education, 1(2), 65–74. DOI: https://doi.org/10.69815/jle.v1i2.16

Thea D.A, A. (2023). Situasi HAM di Indonesia Periode Semester 1 Tahun 2023. Retrieved from https://www.hukumonline.com/berita/a/komnas-ham-menerima-3190-pengaduan-sepanjang-2022-lt643635fe49756

Yana, R., Zulfitriyani, Z., & Rusli, S. M. (2024). Konflik Sosial dalam Novel Namaku Alam Karya Leila S. Chudori: Kajian Sosiologi Sastra. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2844–2851. DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v4i3.68031

Published

2025-05-12

How to Cite

Prameswari, I. G., & Fauzan, A. (2025). Nilai-Nilai Humanisme dalam Novel Namaku Alam Karya Leila Chudori. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2341–2356. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5823

Issue

Section

Articles

Categories