Pengembangan E-Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Kearifan Lokal pada Fase D untuk Siswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828

Authors

  • Arum Gati Ningsih Universitas jambi
  • Novi Istiqomah Universitas Jambi
  • Rustam Rustam Universitas Jambi

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Bahasa Indonesia, Kearifan Lokal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan kearifan pada fase d untuk siswa. Tujuan tersebut didasarkan oleh kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang sedang disampaikan karena modul pembelajaran yang ada saat ini cenderung masih terbatas pada buku pemerintah dan belum bermuatan kearifan lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model SAM yang terdiri dari tahap persiapan informasi (pengumpulan informasi), dan SAVVY Start (brainstorming, sketsa, dan prototyping), design iterative (desain berulang), dan development iterative (pengembangan berulang). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 8,5 (sangat layak). Hasil penilaian ahli Bahasa diperoleh rata-rata skor 8,2 (sangat layak). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 9,3 (sangat layak). Kesimpulan dari para ahli menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. Oleh karena itu, e-modul pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan kearifan pada fase d untuk siswa terbukti layak sebagai bahan ajar di SMP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434-442.

BNSP. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Dewi, A. B. & R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 7, 327–331.

Diana, P. Z., & Wirawati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan PengajarannYA, 10, 153–160.

Elisabeth Tri Yekti Handayani, Siti Nursetiawati, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3360401

Jung, H., Kim, Y. R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced instructional design for successive E-learning: Based on the successive approximation model (SAM). International Journal on E-Learning: Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education, 18(2), 191–204.

Kartikasari, R. D., Sumardi, A., Cahya Kartika, P., & Tanti, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Mariska, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelaaran Tematik Terpadi di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.

Nurmnalina, M. I. D. &. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 7, 24–34.

Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6306

Wahyudi, Widiya Avianti, Afrizal Martin, Jumali, N., Andriyani, Diah Prihatiningsih, D. M., Fahrudin, Marianus Yufrinalis, M. A., Fransiska Mbari, Arum Gati Ningsih, Aries Yulianto, M., Taufiq Noor Rokhman, Aridhotul Haqiyah, T., & Sukwika. (2023). Metode Penelitian (Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT) (pertama).

Yuliadewi, I. G. A. M. D (2021). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan, 2(1). https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.1 648

Published

2025-05-10

How to Cite

Arum Gati Ningsih, Novi Istiqomah, & Rustam, R. (2025). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Kearifan Lokal pada Fase D untuk Siswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2268–2281. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828

Issue

Section

Articles

Categories