Pengembangan E-Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Kearifan Lokal pada Fase D untuk Siswa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5828
Keywords:
Pengembangan, E-Modul, Bahasa Indonesia, Kearifan LokalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan kearifan pada fase d untuk siswa. Tujuan tersebut didasarkan oleh kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang sedang disampaikan karena modul pembelajaran yang ada saat ini cenderung masih terbatas pada buku pemerintah dan belum bermuatan kearifan lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model SAM yang terdiri dari tahap persiapan informasi (pengumpulan informasi), dan SAVVY Start (brainstorming, sketsa, dan prototyping), design iterative (desain berulang), dan development iterative (pengembangan berulang). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 8,5 (sangat layak). Hasil penilaian ahli Bahasa diperoleh rata-rata skor 8,2 (sangat layak). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 9,3 (sangat layak). Kesimpulan dari para ahli menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. Oleh karena itu, e-modul pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan kearifan pada fase d untuk siswa terbukti layak sebagai bahan ajar di SMP
Downloads
References
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434-442.
BNSP. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Dewi, A. B. & R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 7, 327–331.
Diana, P. Z., & Wirawati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan PengajarannYA, 10, 153–160.
Elisabeth Tri Yekti Handayani, Siti Nursetiawati, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3360401
Jung, H., Kim, Y. R., Lee, H., & Shin, Y. (2019). Advanced instructional design for successive E-learning: Based on the successive approximation model (SAM). International Journal on E-Learning: Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education, 18(2), 191–204.
Kartikasari, R. D., Sumardi, A., Cahya Kartika, P., & Tanti, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348
Mariska, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelaaran Tematik Terpadi di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.
Nurmnalina, M. I. D. &. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 7, 24–34.
Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 525–535. https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222
Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6306
Wahyudi, Widiya Avianti, Afrizal Martin, Jumali, N., Andriyani, Diah Prihatiningsih, D. M., Fahrudin, Marianus Yufrinalis, M. A., Fransiska Mbari, Arum Gati Ningsih, Aries Yulianto, M., Taufiq Noor Rokhman, Aridhotul Haqiyah, T., & Sukwika. (2023). Metode Penelitian (Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT) (pertama).
Yuliadewi, I. G. A. M. D (2021). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan, 2(1). https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.1 648
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.